PENGARUH PELAYANAN KARYAWAN DAN FASILITAS YANG DIBERIKAN HOTEL TERHADAP MINAT PENGUNJUNG PADA HOTEL MARINA PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Annisa Adabiyah Tanjung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga
  • Hj.Nelly Azwarni Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga
  • Yusi Tri Utari Panggabean Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Wasliyah Sibolga

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan Untuk Mengetahui Ada Tidaknya Pengaruh Pelayanan Karyawan dan Fasilitas Yang Diberikan Hotel Terhadap Minat Pengunjung Pada Hotel Marina Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis Penelitian dalam penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian yaitu : Keeratan korelasi Variabel X1 (Pelayanan Karyawan) dan Variabel X2 (Fasilitas Yang Diberikan Hotel) terhadap Variabel Y (Minat Pengunjung) pada Hotel Marina Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki nilai sebesar memperoleh nilai sebesar 0,689 dan 0,837 dan dikriteriakan kuat dan sangat kuat. Koefisien determinasi (adjusted R square) yang dipengaruhi secara bersama Variabel X1 (Pelayanan Karyawan) dan X2 (Fasilitas Yang Diberikan Hotel) terhadap Variabel Y (Minat Pengunjung) diperoleh sebesar 0,731 (73,10%), sedangkan sisanya sebesar 26,90 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Pelayanan Karyawan (X₁) dan Fasilitas Yang Diberikan Hotel (X2) terhadap Minat Pengunjung (Y) memiliki nilai signifikan masing-masing sebesar 2,736 dan 5,774, dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel (2,0369). Dengan demikian, jika t hitung > t tabel dapat dinyatakan bahwa variabel Pelayanan Karyawan dan Fasilitas Yang Diberikan Hotel mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Pengunjung diterima.

Keywords: Pelayanan Karyawan, Fasilitas Yang Diberikan Hotel, dan Minat Pengunjung
     Plum Analytic Metrics

Published
2025-10-24