PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL MARISON PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Marison Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan menarik hipotesis bahwa Ada Pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Marison Pandan Tapanuli Tengah.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian yaitu 332 konsumen dengan sampel dalam penelitian yaitu 33 konsumen. Seluruh butir pertanyaan menggunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian juga menggunakan uji analisis data. Adapun uji dilakukan adalah uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas, dan menggunakan uji koefisien korelasi, uji determinasi, regresi linier sederhana dan uji t dan pengujian serempak/Anova (uji hipotesis)
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen sebesar 0,914, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan korelasi sangat kuat, demikian variabel kelengkapan fasilitas dengan kepuasan konsumen sebesar 0,883 yang dikategorikan korelasi sangat kuat pada Hotel Marison Pandan. Persamaan regresi yang diperoleh Y = -0,186 + 0,569X1+0,467X2 yang menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, dimana t hitung 5,170 > 2,03951, yang berarti hipotesis ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diterima kebenarannya, sementara hipotesis ada pengaruh kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan konsumen terbukti juga signifikan, dimana t hitung negatif lebih besar dari t tabel 3,511 > 2,03951. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas hanya berperan sebesar 88,4 % terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Marison Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dan sisanya sebesar 11,6 % dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Pengujian Hipotesis Ada pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas secara serempak terhadap kepuasan konsumen diterima kebenarannya, dimana Fhitung lebih besar dari F tabel yaitu 113,986 > 3,32.