PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. ALFA SCORPII SIBOLGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Murah Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang ada pada UD. Murah Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah dengan penyebaran kuesioner berjumlah 72 (Tujuh puluh dua) responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data kuantitatif dan sumber data penelitian ini adalah menggunakan sumber data primer.
Dari uji validitas diketahui seluruh butir pernyataan brand image, harga dan keputusan pembelian dinyatakan valid dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini, dari hasil uji reliabilitas diketahui seluruh item butir pernyataan kuesioner dinyatakan reliabilitas sangat baik. Selanjutnya dari uji normalitas diketahui variabel terdistribusi secara normal, yang ditunjukkan distribusi data yang tidak menceng ke kiri atau ke kanan dan Asymp, Sig sebesar 0,065 > probabilitas 0,05 dan nilai Z Kolmogorov Smirnov sebesar 0,101 < dari nilai Z untuk Sig 5% yaitu 1,97. Dari Uji Heteroskedastisitas bahwa titik-titik menyebar secara acak serta tersebar baik di atas maupun di bawah angka nol pada sumbu Y, maka disimpulkan tidak terjadi masalah Hetoroskedastisitas. Dari Uji multikolinieritas diketahui tidak terjadi gejala multikolinieritas dalam model regresi. Dari persamaan regresi Y = 7,683 + 0,441X1 + 0,364X2, menunjukkan terjadi pengaruh pada Keputusan Pembelian ditentukan Brand Image dan harga. Sedangkan dari uji t diketahui nilai t hitung Brand Image sebesar 4,672, lebih besar dari t tabel sebesar 1,99495, maka Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Murah Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya dari uji t diketahui nilai t hitung Harga sebesar 3,378 lebih besar dari t tabel sebesar 1,99495, maka Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Murah Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah. Dari uji F diketahui Nilai F hitung sebesar 40,823 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,13 maka Brand Image dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Murah Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah, berarti Ha diterima dan Ho ditolak.