Persepsi Nasabah KPR Sejahtera Tapak pada PT Bank NTB Syariah pada Kantor Cabang Pejanggik

  • Siti Khairunnas Pascasarjana UIN Mataram
  • Muh. Salahuddin UIN Mataram
  • Muhamad Yusup UIN Mataram
  • Fachrozi Fachrozi Universitas Islam Al-Azhar

Abstract

Bank NTB Syariah sebagaisalah satu perbankan syariahberperan penting dalam menyediakan fasilitas pembelian rumah melalui pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang disebut dengan KPR Sejahtera tapak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi nasabah tentang tingkat margin, uang muka dan biaya administrasi pembiayaan KPR Sejahtera Tapak pada Bank NTB Syariah Kantor Cabang Pejanggik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan nasabah dan pejabat pemangku kebijakan pada layanan pembiayaan tersebut. Hasil penelitian ditemukan bahwa besaran margin yang ditetapkan sebesar 5% pada produk tersebut masih dirasa berat oleh nasabah, demikian pula besaran uang muka, akan tetapi untuk uang muka ini pihak bank memberikan keringanan negosiasi selama uang muka yang diminta nasabah sesuai SOP Bank. Adapun biaya administrasi yang dibebankan oleh nasabah sudah sesuai dengan SOP produk tersebut.

Keywords: Persepsi, Nasabah, Margin, Uang Muka, Biaya Administrasi

References

Achmad, L. I., & Sulistiana, T. (2021). ANALISIS UANG MUKA DALAM AKAD MURABAHAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (Studi Pada BNI Syariah KCP JABABEKA Cikarang Bekasi). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 06(01), 55–64.

Antonio, M. S. (2007). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek (2nd ed.; D. M. . Basri & F. R. Dewi, Eds.). Jakarta: Gema Insani.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azimah. (2022). Analisis Pengaruh Margin Bank Syariah, Preferensi Konsumen Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Kpr Syariah. Jurnal Islamic Economics and Finance In Focus, 1(2), 162–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/ieff.2022.01.2.07.

Dimitha, D. V. … Ahmadsyah, I. (2021). Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Strategi Pehemasaran Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. Journal of Sharia Economics, 2(1), 42–58.

DSN-MUI. (2000). FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL NO: 13/DSN-MUI/IX/2000 Tentang UANG MUKA DALAM MURABAHAH.

Kemenkumham. (1998). Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Kemenkumham.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Mas’ud, R. … Wani, A. S. (2022). The Influence of CAR, FDR, NOM and TPF on Murabahah Financing at Sharia Banks BUKU 3 of 2020 with NPF as Moderating Variable. Ikonomika, 6(2), 275–290. https://doi.org/10.24042/febi.v6i2.11667

Nur Chalizah, F. A., & Silviana, A. (2023). Penerapan Sistem Profit Pada Pembiayaan KPR Subsidi Di BTN Syariah Kota Semarang. Notarius, 16(2), 701–713. https://doi.org/10.14710/nts.v16i2.42300

Octaviani, D., & Natalia, D. (2019). PERSEPSI NASABAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN FRONTLINER PADA BANK BRI UNIT MENTEBAH KABUPATEN. Equilibrium Manajemen, 5(2).

Olivia, H. … Sugianto. (2020). Pengaruh Margin Keuntungan dan Biaya Administrasi Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Kpr Syariah Pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Binjai. Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS), 521–529.

Rossalina, R. … Hasan, M. A. (2017). Analisis pengaruh biaya operasional, volume pembiayaan murabahah dan bagi hasil dpk terhadap margin pembiayaan murabahah studi kasus pada bank umum syariah diindonesia tahun 2010-2014. Jurnal Online MahasiswaFakultas Ekonomi, 4(1), 1–23.

Setia, D., & Indra, A. P. (2022). Analysis of Customer Assessment of the Switching and Ease of Reserving Manual Transactions to Digital at Bank Syariah Indonesia KCP Medan Tomang Elok Analisis Penilaian Nasabah terhadap Peralihan dan Kemudahan Cara Reservasi Transaksi Manual ke Digital Pa. EMBA Review, 2(1), 157–162.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Widiastuty, T. (2020). Murabahah Margin Income Based on Inflation, Loan Interest Rates, and Financing Risk At the Islamic Commercial Banks in Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 21(1), 38–42.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-02-27
How to Cite
Khairunnas, S., Salahuddin, M., Yusup, M., & Fachrozi, F. (2024). Persepsi Nasabah KPR Sejahtera Tapak pada PT Bank NTB Syariah pada Kantor Cabang Pejanggik. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1194-1202. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1570

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.