Analisis Perilaku Konsumtif Pengguna Layanan Buy Now Pay Later dalam Konsep Konsumsi Menurut Muhammad Abdul Mannan

  • Triyana Triyana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asnaini Asnaini Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Miko Polindi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menilai kesesuaian perilaku konsumtif mahasiswa pengguna layanan Buy Now Pay Later dalam konsep konsumsi menurut Muhammad Abdul Mannan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilakukan sejak Juni 2023 hingga Maret 2024, yang memfokuskan pada 14 mahasiswi dan 1 mahasiswa angkatan 2020, Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu sebagai informan utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang akurat dan objektif mengenai fenomena di lapangan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan untuk menginterpretasikan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan layanan Buy Now Pay Later oleh mahasiswa memiliki dampak yang ganda. Di satu sisi, layanan Buy Now Pay Later memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam memperoleh barang atau layanan tanpa menunggu ketersediaan dana. Di sisi lain, penggunaan berlebihan layanan ini dapat menjerumuskan mahasiswa ke dalam siklus utang, terutama bagi mereka yang kurang memiliki literasi finansial. Dampak negatif ini diperparah oleh perilaku konsumtif yang didorong oleh gratifikasi instan. Selain itu, perilaku konsumsi mahasiswa tersebut nyatanya seringkali bertentangan dengan prinsip-prinsip konsumsi yang diajarkan oleh Muhammad Abdul Mannan, seperti keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati, dan moralitas, yang semuanya menekankan pentingnya keseimbangan, tanggung jawab, dan pertimbangan etis dalam konsumsi.

Keywords: Ekonomi Syariah, Muhammad Abdul Mannan, Layanan Buy Now Pay Later, Perilaku Konsumtif

References

Adiputra, R., & Moningka, C. (2017). Gambaran Perilaku Konsumtif Terhadap Sepatu pada Perempuan Dewasa Awal. Psibernetika, 5(2), 76–90.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Amaliah, N. D. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Hedonis Serta Implikasinya Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi). Universitas Siliwangi.
Amelia, P. N., Fidiansa, P. A., & Risa, C. S. (2023). Fenomena Penggunaan Paylater di Kalangan Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 176–187.
Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180.
Arianti, N., Arifin, M. Z., & Safitri. (2023). Transaksi Jual Beli Online Melalui Sistem Shopee Paylater dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6(2), 111–127.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.
Ayuningtyas, N. (2021). Viral Wanita Curhat Dapat Tagihan Paylater Capai Rp 17 Juta, Ini Fakta Sebenarnya. Liputan6. https://www.liputan6.com/hot/read/4603715/viral-wanita-curhat-dapat-tagihan-paylater-capai-rp-17-juta-ini-fakta-sebenarnya?page=4
Fachrodzi, A. Al, & Kurniawan, R. R. (2022). Pemikiran Ekonomi Muhammad Abdul Mannan. Al-Ibar: Artikel Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, 1(1), 1–20.
Fadhilah, N., & Abadi, M. T. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Business & Applied Management, 16(2), 141–156.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Fadyah, D. M., & Hasanah, S. N. (2023). Analisis Keberadaan Unsur Ribawi pada Sistem Jual Beli Shopee Paylater. Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 1, 14–24.
Furqani, H. (2018). Metodologi Ekonomi Islam: Membangun Paradigma dan Format Keilmuan (1st ed.). Naskah Aceh (NASA) & Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
Ilyas, R. (2016). Etika Konsumsi dan Kesejahteraan dalam Perspektif Ekonomi Islam. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 152–172.
Julita, E., B., I., & Yustati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2953–2957.
Liu, G.-S., & Tai, P. T. (2016). A Study of Factors Affecting the Intention to Use Mobile Payment Services in Vietnam. Economics World, 4(6), 249–273.
Mannan, M. A. (1995). Teori dan Praktek Ekonomi Islam. PT.Versia Yogya Grafika.
Mukhlis, & Suardi, D. (2020). Pengantar Ekonomi Islam. CV.Jakad Media Publishing.
Natswa, S. L. (2021). Buy-Now-Pay-Later (BNPL): Generation Z’s Dilemma on Impulsive Buying and Overconsumption Intention. BISTIC Business Innovation Sustainability and Technology International Conference (BISTIC 2021), 130–137.
NST, N. K. S. (2023). Pemakaian Sistem Pembayaran Jual Beli Online Shopee Paylater pada E-Commerce dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Purwati, R., Pristiyono, & Halim, A. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Terhadap Belanja Online Sebagai Kebutuhan Ataukah Gaya Hidup. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(2), 2152–2166.
Putri, N. V., Herawaty, N., & Yustien, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi). Universitas Jambi.
Rachmawati, E. W., Sumarjiyanto, N., & Maria, B. (2022). Analisis Pengaruh Kemudahan Pembayaran Non Tunai (E-Wallet), Gaya Hidup Serta Purchase Intention Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid–19 (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Universitas Diponegoro.
Ramadati, P. (2021). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Pembelian Kuota Internet Selama Pandemi Covid-19 (Studi Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu Angkatan 2017-2018). Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Ramadhani, M. A., Putra, A. A., Santosa, R. A. H., Abadi, M. T., & Syafi’i, M. A. (2024). Pemikiran Ekonomi Ilmuwan Muslim Kontemporer Madzhab Mainstream 1. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 437–445.
Rohayedi, E., & Maulina. (2020). Konsumerisme dalam Perspektif Islam. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 4(1), 31–48.
Roliansyah, A., Utami, A. P., Asnaini, & Afrianty, N. (2022). Analisis Transaksi Jual Beli Online di Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis Islam pada Masa Pandemi Covid 19. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(5), 443–456.
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
S., K., & Haruna, H. (2021). The Effect of Lifestyle and Self-Concept on Consumptive Behavior in Students of the Department of Economics Education STKIP Pembangunan Indonesian Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 359–368.
Sopiah, I. (2021). Pemikiran Muhammad Abdul Mannan Tentang Konsumsi dan Relevansinya Terhadap Pandemi Covid-19. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Subaidi, M., & Muchlasin. (2022). Perspektif Muhammad Abdul Mannan Tentang Kegiatan Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 109–128.
Sumardiyanto, & Ruhayati, Y. (2019). Analisis Fungsi Manajemen Organisasi Olahraga (Studi Kualitiatif pada Pengurus Daerah Ikatan Sport Sepeda Indonesia Jawa Barat). JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 3(2), 41–45.
Syarofah, H. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Shopee Paylater yang Mengalami Kredit Macet Akibat Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tahir, N. N., Ismail, S., Oroh, F. A., Zakaria, P., & Usman, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Penggunaan Multimedia Game Petualangan dalam Limas Berbasis Mobile Learning di SMP Negeri 1 Tilango. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 15–25.
Vebriyani, T. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2016). Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Wijaya, A. N., Hanik, U., Wulandari, Nabila, & Kustina, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater di Kabupaten Bekasi. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(1), 28–41.
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37–50.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-01
How to Cite
Triyana, T., Asnaini, A., & Polindi, M. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif Pengguna Layanan Buy Now Pay Later dalam Konsep Konsumsi Menurut Muhammad Abdul Mannan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1445-1456. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1605

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.