IMPLIKASI POTENSI WISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM

  • Nelly Azwarni Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah
  • Mhd. Shafwan Koto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah
  • Alfansuri Tanjung STIE Al-Washliyah Sibolga
  • Nova Zulfani Panggabean Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah
  • Riwayani Riwayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi letak strategis Desa Mela-II Tapian Nauli secara topografis yang sangat indah karena berada dikaki bukit dan ditepi pantai teluk tapian nauli. Keindahan ini didukung oleh kuliner asli daerah pesisir sehingga sangat potensil menjadi salah satu kawasan wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mempromosikan potensi wisata Desa Mela-II Tapian Nauli sehingga berdampak pada peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  di desa tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pengembangan pariwisata mampu memberikan dampak bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari sektor pendapatan maupun pertumbuhan usaha. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil deskriptif dan analisis, maka diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pariwisata di kawasan wisata Desa-II Tapian Nauli mampu mengembangkan usaha ekonomi kreatif dan meningkatkan pendapatan UMKM di sekitar kawasan wisata. Potensi wisata Desa-II Tapian Nauli diyakini mampu menciptakan peluang bagi masyarakat untuk membuat usaha baru. Hal ini didasari pemikiran bahwa semakin berkembangnya pariwisata akan mendatangkan banyak wisatawan dan semakin banyak uang yang dibelanjakan di tempat wisata tersebut. Saran yang dapat diberikan adalah disamping partisipasi, motivasi dan inovasi masyakat diperlukan campur tangan Pemerintah dalam memperbaiki sarana prasarana pendukung pariwisata dan infrastuktur dikawasan wisata. Selain itu perlu diberikan edukasi kepada pelaku usaha dalam mengembangkan produk dan memasarkan produk mereka secara luas serta edukasi kepada masyarakat untuk menjaga keindahan kawasan wisata yang berbasis pelestarian lingkungan hidup.

Keywords: Potensi Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Perkembangan UMKM

References

Endar, Metode Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan, 2000, Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, 2007, Bandung: Penerbit PT Remaja.

Mudrajad, Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global, Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008.

Rosdakarya Purdi E. Chandra, Trik Sukses Menuju Sukses, 2000, Yogyakarta: Grafika Indah.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, 2014, Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, 2008, Bandung: Alfabeta.

Soeharto Prawirokusumo, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Edisi Pertama. 2010, Yogyakarta: BPFE UGM.

Suwantoro, Gamal, Dasar-Dasar Pariwisata, 2004,Yogyakarta: ANDI.

Yoesti, Oka A, Ekonomi pariwisata: introduksi, informasi, dan aplikasi, 2008, Jakarta : Kompas.

Yoesti, Oka.A, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, 2008, Jakarta : Pradnya Paramita.

Jurnal

Elmia Shofi A, Rosyidie Arief, Kajian Dampak Pariwisata Terhadap Tingkat Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Pendukung Kegiatan Wisata di Desa Alamendah. Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, 2015.

Mohammad Jafar Hafsah, Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Infokop Nomor 25 Tahun XX, 2004.

Prasetyo, Bagus dan Suryoko, Sri, Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perkembangan UMKM Pada Kawasan Wisata Dieng. Journal Of Social And Politic Tahun 2018, hlm. 1-11 2018. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Rachmana, Arief, Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Artikel Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 20 Juni 2009

Restiana Nurlaili, Kurniasih Denok, Faozanudin Muslih, Implementasi Strategi pada Pengembangan Wisata Dieng Kabupaten Banjarnegara, Jurnal Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Jenderal Soedirman, 2017.

Sobari Moch P, Yulianto G, Nurita D, Analisis Permintaan Rekreasi Dan Strategi Pengembangan Wisata Bahari Pantai Kalianda Resort Kabupaten Lampung Selatan. IPB Journal 6:26-39. 2006.

Soleh, Mohammad, Analisis strategi Inovasi dan Dampaknya terhadap Kinerja Perusahaan, 2008, Semarang: UNDIP

Titi Raharjana D, Membangun Pariwisata Bersama Rakyat: Kajian Partisipasi Lokal dalam Membangun Desa Wisata di Dieng Pleteau. Jurnal Studi Pariwisata, 2012, Universitas Gadjah Mada, Yogjakarta.
Undang-Undang
Undang-undang No. 20 Tahun 2008, tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Undang
Undang No. 10 Tahun 2009, tentang Kepariwisataa
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-01
How to Cite
Sinaga, N., Koto, M., Tanjung, A., Panggabean, N., & Riwayani, R. (2024). IMPLIKASI POTENSI WISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1475-1481. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1641

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.