Analisis Pengaruh Religiusitas, Motivasi Rasional dan Emosional Terhadap Keputusan Dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat KCP Stabat)

  • Upik Nurhasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yenni Samri Juliati Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Budi Harianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan pertumbuhan dan eksistensi ekonomi syariah, beberapa tahun terakhir perbankan syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat. Namun belakangan ini seluruh perbankan mengalami persaingan yang sangat ketat. pun saling bersaing dengan jasa keuanganya lainnya baik bank konvensional maupun sesama bank syariah, dari berbagi jenis jasa keuangan yang ada masih banyak nasabah/konsumen yang tetap menggunakan jasa bank syariah. Hal ini dapat terjadi karena dari pihak nasabah memiliki motivasi rasional, emosional dan religiusitas yang tinggi sehingga tetap memutuskan untuk menggunakan jasa bank syariah. Fokus masalah pada penelitian ini adalah apakah religiusitas, motivasi rasional dan emosional berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam  menggunakan jasa bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, motivasi rasional dan emosional terhadap keputusan dalam menggunakan jasa PT. Bank Muamalat Indonesia, KCP Stabat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini meliputi nasabah yang menabung di PT. Bank Muamalat KCP Stabat. Hasil penelitian membuktikan bahwa religiusitas dan motivasi rasional tidak  berpengaruh signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan jasa bank syariah ,sedangkan emosional berpengaruh signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan jasa bank  syariah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, KCP Stabat

Keywords: Religiusitas, Motivasi Rasional, Emosional, Keputusan, Bank Syariah

References

D, Khoiriyah. H, M. K. R. 2022. (2022). Mustapa Khamal Rokan. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Pembiayaan Terhadap Minat Dan Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kcp. Kotapinang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi. Sibatik, 1(6), 755–762.
Handayani, A., Azman, H. A., & Novel, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 3(1), 1. https://doi.org/10.30983/es.v3i1.934
Harianto, B. (2022). Ringkasan Etika Islam dalam Manajemen Bisnis , Bukti di Sumatera Utara. 5602, 32–39.
Harianto, B., & Dharma, B. (2022). MASLAHAH DALAM EKONOMI ISLAM KONTEMPORER STUDI FILSAFAT. 3, 193–204.
Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT DAN MINAT PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790
Ilhamy, M. Lathief, C. A. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Terhadap Peluang Bekerja Di Lembaga Keuangan Syariah Non Bank (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI UINSU). 3(2), 3109–3144.
Imtihan, I. (2022). Pengaruh Religiusitas, Transaksi Murabahah dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Dosen UNU Sumatera Barat). Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, 2(1), 91. https://doi.org/10.56174/pjieb.v2i1.29
Iqbal, Am., Hamid, A., & Mastura. (2019). Pemahaman Konsumen di Bank Syariah Di Aceh Tamiang. Vol. IV, 153–165.
Judono, B. (2016). Pengaruh Pemahaman Rasional Pembiayaan Syariah Dan Religiusitas Petani Terhadap Sikap Petani Dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v4i1.424
Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep Dan Aplikasi. UMSU Press.
Nazli, P., Samri, Y., & Nasution, J. (2022). Nazli, P., Marliyah., Nasution, Y. S. (2022). Pengaruh Nilai-Nilai Islam, Upah, Pengembangan Karir, Dan Motivasi, Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2083-2092. doi: http://dx.doi.org/. 8(02), 2083–2092.
Nurul Inayah, 2021. (2021). Nurul Inayah, 2021 Analisis Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Kota Medan. Jurnal Ekonomi Islam, Volume VII No 1. Jurnal Ekonomi Islam, VII, 1–20.
Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 177–187. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8609
Rahmayati., Mujiatun, S., Nasution, Y. S. J., Muhklis., Ismal, R. (2023), & 19, P. dan P. P. U. T. P. dan L. Q. P. S. di K. M. P. E. C. (2023). Preferensi ; Persepsi ; Pengusaha UMKM ; Perbankan Islam ; QRIS . Machine Translated by Google Rahmayati ., Mujiatun , S ., Nasution , Y . S . J ., Muhklis ., Ismal , R . ( 2023 ) Preferensi dan Persepsi Pengusaha UMKM Terhadap Produk dan Layanan QRIS Per. JPB International JoURNAL oF Profesional Business Review, 1–12.
Ramadhani, N. Ik., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, h. 81. www.fe.unisma.ac.idemail:e.jrm.feunisma@gmail.com
Resti, E., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KCP Palembang KM 6). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2), 135–144. https://doi.org/10.36908/jimpa.v1i2.31
Sabariah, S., Diana, N., & Alrasyid, H. (2022). Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Produk Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa ... El-Aswaq, 1(1), 1–12.
Studi, P., & Syariah, P. (2023). No Title.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-08-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.