Persepsi Kemudahan dan Keamanan Data dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi E-Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami persepsi mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia terhadap kemudahan dan keamanan data dalam menggunakan aplikasi Shopee untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi e-commerce semakin menjadi pilihan alternatif di era digital ini. Persepsi yang positif terhadap kemudahan dan keamanan data diharapkan dapat mempengaruhi adopsi teknologi ini di kalangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 66 responden mahasiswa. Penarikan sampel dilakukan dengan memanfaatkan rumus Slovin untuk memastikan representasi yang tepat dari populasi yang lebih besar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan perangkat lunak SPSS 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kemudahan secara signifikan mempengaruhi pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh mahasiswa akuntansi angkatan 2021. Selain itu, keamanan data juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh mahasiswa tersebut.
References
Anuar, S. (2024). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Melalui Konsep Perceived Usefulness Pada Pemasaran Briguna Digital (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Ashoer, M., Syahnur, M. H., Tjan, J. S., Junaid, A., Pramukti, A., & Halim, A. (2022). The Future of Mobile Commerce Application in a Post Pandemic Period; An Integrative Model of UTAUT2. In E3S Web of Conferences (Vol. 359, p. 05005). EDP Sciences.
Bahari, A. F., Basalamah, J., Ashoer, M., & Syahnur, M. H. (2021). Internet Business: How Perception of Benefits, Risks, and Ease in Decision Making. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2), 176-186.
Bapenda. (2021). E-Samsat dan Triple Untung Plus Dongkrak Penerimaan Pajak Kendaraan Provinsi Jawa Barat. Pendapatan Daerah. https://bapenda.jabarprov.go.id/2021/10/18/e-samsat-dan-triple-untung-plus-
Digdowiseiso. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Diedit oleh Suharyono. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).
Dihni V. (2022). “10 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022.” Databoks.Katadata.
Fajri dan Utama, S. P. (2024). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee Pada Kecamatan Periuk Kota Tangerang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 412-418.
Farisi dan Siregar. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol. 3, No. 1, e-ISSN: 2623-2634.
Flavia’n, C., & Guinali’u, M. (2006). Consumer trust, perceived security and privacy policy : Three basic elements of loyalty to a web site. Industrial Management & Data, 601–620.
Hanum dan Wiwoho, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online: Studi pada Pengguna Shopee di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 5(4), 465-480.
Hartati, H., Su’un, M., & Junaid, A. (2019). Analisis Potensi, Kontribusi, Dan Efektivitas Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. COMPETITIVENESS, 8(2), 240-249.
Haryadi (2024). Pengaruh Program Pemutihan PKB, Sistem E-Samsat, Sosialisasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi di Kabupaten Sidoarjo. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 3(2), 12-12.
Idrus. (2022). Examining the Factors Affecting Accounting Prudence. ATESTASI : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(1), 62–76
Jimenez, N., San-Martin, S., & Azuela, J.I. (2016). Trust and Satisfaction: The Keys to Client Loyalty in Mobile Commerce. Academia Revista Latinoamericana de Administración, 29.
Juniansyah, D., Putra, A. H. P. K., Syahnur, H., Hasan, S., & Nujum, S. (2022). Symmetrical and Asymmetrical of TAM: Consumer Emotional Value and Service Innovation on Consumer Purchase Decisions. Golden Ratio of Mapping Idea and Literature Format, 2(1), 08-35.
Khairunnisa, Z. N. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Bank Digital Jenius Menggunakan Extended Technology Acceptance Model Tam (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Kotler,P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing 13th Edition. Pretince Hall, New Jersey
La'ode, H., Mus, A. R., & Lannai, D. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Dan Kepuasaan Wajib Pajak Pada Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan. Journal of Accounting and Finance (JAF), 2(2), 90-106.
Masitoh, U. (2023). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Persepsi Kemudahan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Menggunakan Marketplace (Tokopedia, Shopee, Blibli) Di Kota Surabaya (Skripsi, Universitas Narotama).
Murdifin, I., Nasir, M., Ashoer, M., & Syahnur, M. H. (2021). Determination of internet banking customer satisfaction-Study at SOE bank in Indonesia. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(1), 127-140.
Muslimah dan Shar, A. (2024). Pengaruh Harga, Trust, Kemudahan dan Keamanan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Shopee Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 563-570.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan Nasution, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu. Jurnal Ecobisma, 44
Novtrison, W. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Jual Beli Online Tokopedia (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Nurjannah, N., Erwina, E., Basalamah, J., & Syahnur, M. H. (2022). The impact of E-CRM and customer experience on E-commerce consumer loyalty through satisfaction in Indonesia. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 56-69.
Putri dan Munawar, Z. (2020). Pentingnya keamanan data dalam intelijen bisnis. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 2(02), 41-48.
Rahman. (2010). Panduan Pelaksanaan Adminitrasi Pajak:Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis Dan Perusahaan. Bandung:
Ramadhani, S. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan & Kerahasaan terhadap Penggunaan Fasilitas e-Filing dengan Pelayanan Account Representative sebagai Variabel Intervening (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).
Rosanti, (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375
Schiffman dan Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Septant dan Rahman, F. (2023). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Casing Import di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa aktif S-1 Universitas Islam Malang TA 2019/2020). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01).
Setiawati, R., & Baining, M. E. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Serta Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Penggunaan E-Filling Pada Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 2(3), 134-153.
Setyowati D. 2023. “Daftar Produk Terlaris Di Shopee, Tokopedia, Blibli Hingga Lazada.” Katadata.Co.Id. Retrieved.
Siboro dan Eddy, E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Keamanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. In Proceeding National Conference Business, Management, and Accounting (NCBMA) (Vol. 5, pp. 130-145).
Sudirjo dan Hussaen, S. (2024). Pengaruh Kemudahan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Secara Online dengan Diskon sebagai Moderasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sujarweni. (2016). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka
Sunyoto, (2011). Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta. Caps.
Tjiptono. (2012), Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Wibisono dan Toly, A. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib pajak dalam Penggunaan e-filing di Surabaya. Tax & Accounting Review, Vol.4 No.1.
Yunus, A. T., & Ibrahim, F. N. (2023). Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Hotel Dalam Upaya Menaikkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pangkep. Center of Economic Students Journal, 6(4), 386-397

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.