Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan

  • Muhammad Hasan Asy’ary Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Pembiayaan dengan perhatian khusus berpotensi turun menjadi pembiayaan di bawah standar. Oleh karena itu, bank harus bertindak cepat agar pembiayaan tersebut tidak menjadi non-performing. Untuk mengetahui bagaimana PT Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan memasarkan produknya guna meningkatkan profitabilitas pembiayaan kepemilikan menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini membahas mengenai strategi penyelesaian permasalahan pembiayaan. Untuk itu, teori-teori tentang apa yang dimaksud dengan pembiayaan, jenis pembiayaan apa yang bermasalah, bagaimana mengklasifikasikan profitabilitas, apa penyebab pembiayaan bermasalah, cara mengatasi pembiayaan bermasalah, manfaat, dan ciri-cirinya dijadikan sebagai titik tolak. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dan bersifat kualitatif. Topik penelitian ini adalah Bank KCP Syariah Sumut Kota Baru Marelan. Sumber data primer dan sekunder digunakan. Tiga pendekatan digunakan untuk memperoleh data: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan menggunakan penjangkauan nasabah, penagihan yang sering dan intensif, surat peringatan, restrukturisasi, dan eksekusi penjaminan sebagai bagian dari strategi pemasaran produk pembiayaan kepemilikan dalam upaya meningkatkan profitabilitas

Keywords: Deskriptif, Pembiayaan, Profitabilitas, Strategi, Pemasaran

References

A, I. (2017). Ini Lho KPR Syariah! Gramedia Pustaka Utama.
Aisah, N. (2020). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan Di Bank Syariah Mandiri Kcp Medan Aksara.
Amir, S. (2014). Punya Rumah Mewah Tanpa Modal.
AMRI, M. A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Bank Ocbc Nisp Medan Dalam Pemilihan Kpr Konvensional Dan Syariah.
Arif, K. (2011). Buku Pintar Membangun Rumah: Menghitung & Melaksanakan Pembangunan Rumah Dari Nol. Kanaya Press.
Choiriyah, F., & H, A. (2021). Islamic Marketing: Konsep, Filosofi dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.
Fathia Zuhra Nasution, & Tuti Anggraini. (2023). Pengaruh Terjadinya Pembiayaan Bermasalah terhadap KPR FLPP di Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Pembantu Karya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(4). https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21277
Freddy, R. (1997). Analisis SWOT : Teknik Membedah kasus bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama Kompas.
Hasibuan, A. R. N. (2023). Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk kredit pemilikan rumah fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan di PT Bank Sumut KC Syariah Padangsidimpuan.
M., N., E. (2014). Tinjauan Ekonomi Syariah. Graha Ilmu.
Ma’ruf, F. (2021). Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah: Studi Kasus pada Koperasi Syariah. 13(02).
Maryani & Faizatul Badriyah. (2022). Perbandingan Efektivitas Penerapan Sistem Penyaluran Kpr Syariah Subsidi Dengan Kpr Syariah Platinum Di Btn Syariah Probolinggo. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1), 69–86. https://doi.org/10.56644/adl.v3i1.41
Muhamad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Raja Grafindo Persada.
Norenza, M. F., Rahma, T. I. F., & Nasution, M. L. I. (2021). Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Masa Pandemi Covid-19 Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. el-Amwal, 4(2). https://doi.org/10.29103/el-amwal.v4i2.5324
Opera, D. Z. (2016). Pengaruh Margin Murabahah, Bunga KPR Bank Konvensional dan Ujrah Terhadap Tingkat Pertumbuhan Pembiayaan Kongsi Kepemilikan Rumah Syariah (KPRS) Di Bank Muamalat Cabang Medan. Analytica Islamica, 5(2), 394–415.
Philip, K. (1995). Manajemen Pemasaran, Analisa, Perencanaan dan Implementasi. Salemba Empat.
Rasriantina, D. (2018). Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Pada Bri Syariah Kcp Metro Lampung Dalam Meningkatkan Pendapatan Bank. 12(2).
Rudatin, C. L., Balqiah, T. E., & Assauri, S. (2019). The Role of Peripheral Conference Service in Developing Revisit Intention to Host Destination.
Tambunan, K., & Sandi, M. (2024). “Mekanisme Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk KPR Syariah Bank Sumut Syariah KCP Kota Baru Marelan.” 2(2), 111–133.
Viani, D. O., Utami, M. F., Sari, N., & Wahyuni, N. (2022). Strategi Pemasaran Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Demang pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(1), 23–38. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i1.48
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-08-15
How to Cite
Asy’ary, M., Nasution, M., & Anggraini, T. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Bank Sumut KCP Syariah Kota Baru Marelan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 2070-2080. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1773

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.