Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee: Analisis Harga dan Kualitas Produk dimoderasi Kepercayaan Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel moderating. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan yang merupakan pengguna aplikasi Shopee. Sampel di dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah melakukan keputusan pembelian online melalui Shopee di ITB-AD Lamongan yang berjumlah 117 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan software SPSS 26. Hasil penelitian dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan hasil Uji MRA menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen tidak mampu memoderasi pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.
References
Allender, W. J., Liaukonyte, J., Nasser, S., & Richards, T. J. (2021). Price fairness and strategic obfuscation. Marketing Science, 40(1). https://doi.org/10.1287/mksc.2020.1244
Alshaketheep, K. M. K. I., Salah, A. A., Alomari, K. M., Khaled, A. S. D., & Jray, A. A. A. (2020). Digital marketing during COVID 19: Consumer’s perspective. WSEAS Transactions on Business and Economics, 17. https://doi.org/10.37394/23207.2020.17.81
Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. Komunike, Volume XII.
Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13). https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228
Andhini. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen pada E-commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7).
Anggraini, C. A., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). cyberbranding sebagai upaya membangun brand awareness shopee indonesia. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2). https://doi.org/10.33884/commed.v2i2.471
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2019). Survei APJII: 49% Pengguna Internet Pernah Dirisak di Medsos. Apjii, April.
Ayudhitama, A. P., & Pujianto, U. (2020). analisa kualitas dan usability berdasarkan persepsi pada website shopee. Jurnal Informatika Polinema, 6(1). https://doi.org/10.33795/jip.v6i1.275
Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2019. Diakses pada 05 oktober 2021, dari https://www.bps.go.id/publication.html?Publikasi%5BtahunJudul%5D=&P ublikasi%5BkataKunci%5D=statistik+telekomunikasi+indonesia+2019&P ublikasi%5BcekJudul%5D=0&yt0=Tampilkan
Bimantoro. (2018). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Mobile Shopee. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. http://repository.unika.ac.id/19320/
Bodroastuti, T., & Setiawan, T. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Jurnal Bingkai Manajemen.
Chaerudin, S. M., & Syafarudin, A. (2021). The Effect Of Product Quality, Service Quality, Price On Product Purchasing Decisions On Consumer Satisfaction. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 2(1). https://doi.org/10.52728/ijtc.v2i1.202
Das Guru, R. R., & Paulssen, M. (2020). Customers’ experienced product quality: scale development and validation. European Journal of Marketing, 54(4). https://doi.org/10.1108/EJM-03-2018-0156
Dominique-Ferreira, S., & Antunes, C. (2020). Estimating the price range and the effect of price bundling strategies: An application to the hotel sector. European Journal of Management and Business Economics, 29(2). https://doi.org/10.1108/EJMBE-04-2019-0066
Eshra, N., & Beshir, N. (2019). Effect of Consumer Attitude towards SMS Advertising and Demographic Features on Egyptian Consumers Buying Decision. Journal of Marketing Management, 7(2).
Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1).
Ghozali, I. (2011). teknik analisis regresi berganda. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang.
Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Volume 1, Nomor (1), Hal 31 – 48. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v6i2.189.
Habibie, & Hadi. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Aplikasi Bisnis, 5(E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741).
Hari, H. (2020). Customer Engagement Influences On Buying Decision in an Online Context – A Review. Think India Journal, 22(December 2019).
Harun, A., & Ayu Salmah, N. N. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(2). https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i2.4318
Hillen, J., & Fedoseeva, S. (2021). E-commerce and the end of price rigidity? Journal of Business Research, 125. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.052
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
iPrice, (11, 2020). Peta E-Commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Ismail, D. H., & Damiyana, D. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Motivasi Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Milenial: Dalam Belanja On Line di Eccomerce. Seminar Nasional Manajemen ….
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.
Kotler, & Amstrong. (2011). Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. In Jurnal.
Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen (Vol. 000, Issue November 2016).
Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.
Magfira, N. (2019). Pengaruh Kualitas Barang Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. https://core.ac.uk/download/pdf/286118217.pdf.
Muspita, A Bresti. (2018). Pengaruh Adopsi Inovasi dan Harga Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Online Shop Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Lampung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4543/1/SKRIPSI%20ANI.pdf.
Omar, A. M., & Atteya, N. (2020). The Impact of Digital Marketing on Consumer Buying Decision Process in the Egyptian Market. International Journal of Business and Management, 15(7). https://doi.org/10.5539/ijbm.v15n7p120
Prasad, R. K., & Jha, M. K. (2014). Consumer buying decisions models: A descriptive study. International Journal of Innovation and Applied Studies ISSN, 6(3).
Pratama, A. P., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10127
Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Jurnal Agora, 7(1).
Ramadhan, M. A., & Hartono, A. (2020). Peran Perilaku Konsumen Komunitas Merek Online Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Loyalitas: Studi Pada Komunitas Online MiFans. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2). https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.009
Rizki, D. A. Al, Bustaman, U., & Pramana, S. (2021). Pemanfaatan Big Data Marketplace Terhadap Profil Ekonomi Digital Daerah Sektor Perdagangan Di Kalimantan Barat, Indonesia. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1). https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.474
Rizkiawan. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kalangan Masyarakat Sangatta (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee). Jurnal Eksis, 16(1).
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Schnurr, B., Brunner-Sperdin, A., & Stokburger-Sauer, N. E. (2017). The effect of context attractiveness on product attractiveness and product quality: the moderating role of product familiarity. Marketing Letters, 28(2). https://doi.org/10.1007/s11002-016-9404-3
Simangunsong, E. (2018). Generation-Z Buying Behaviour In Indonesia: Opportunities For Retail Businesses. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i2.004
Stylidis, K., Wickman, C., & Söderberg, R. (2020). Perceived quality of products: a framework and attributes ranking method. Journal of Engineering Design, 31(1). https://doi.org/10.1080/09544828.2019.1669769
Sudaryanto, Suroso, I., Pansiri, J., Umama, T. L., & Hanim, A. (2021). Impact of culture, brand image and price on buying decisions: Evidence from East Java, Indonesia. Innovative Marketing, 17(1). https://doi.org/10.21511/im.17(1).2021.11
Sugara, A., & Dewantara R. (2017). Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 52, Nomor (1), Hal 8-15. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/
Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).
Svatosova, V. (2020). The importance of online shopping behavior in the strategic management of e-commerce competitiveness. Journal of Competitiveness, 12(4). https://doi.org/10.7441/joc.2020.04.09
Svobodová, Z., & Rajchlová, J. (2020). Strategic behavior of e-commerce businesses in online industry of electronics from a customer perspective. Administrative Sciences, 10(4). https://doi.org/10.3390/admsci10040078
Tamilarasi, R., & Elamathi, N. (2020). E-Commerce- Business- Technology- Society. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 4(10). https://doi.org/10.29121/ijetmr.v4.i10.2017.103
Tolstoy, D., Nordman, E. R., Hånell, S. M., & Özbek, N. (2021). The development of international e-commerce in retail SMEs: An effectuation perspective. Journal of World Business, 56(3). https://doi.org/10.1016/j.jwb.2020.101165
Yegina, N. A., Zemskova, E. S., Anikina, N. V., & Gorin, V. A. (2020). Model of consumer behavior during the digital transformation of the economy. Industrial Engineering and Management Systems, 19(3). https://doi.org/10.7232/iems.2020.19.3.576
Yusuf, M., Nurhilalia, & Putra, A. H. P. K. (2019). The impact of product quality, price, and distribution on satisfaction and loyalty. Journal of Distribution Science, 17(10). https://doi.org/10.15722/jds.17.10.201910.17
Zaahirah, R. (2018). Pengaruh Terpaan E-comeerce Shopee Terhadap Konformitas Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Skripsi. Jakarta:Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN. http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/41693/1/RAAFA%20ZAAHIRAH-FDK.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.