https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/issue/feed Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 2025-08-15T02:29:27+07:00 Kaharuddin jesya@stiealwashliyahsibolga.ac.id Open Journal Systems <p>Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) adalah kumpulan karya ilmiah tentang ekonomi dengan ruang lingkup antara lain : 1. Ekonomi Syariah 2. Ekonomi Makro 3. Ekonomi Pembangunan 4. Perbankan 5. keuangan dan Pasar Modal 6. Ekonomi International 7. Perdagangan dan Ekonomi International 8. Ekonomi Keuangan Berbasis Syariah. 9 dan lain lain</p> <p>Jurnal Jesya dikelola Oleh LPPM&nbsp; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga&nbsp;</p> <p><strong>Prosedur Submit Paper<br></strong>Para Periset / Penulis yang akan submit di jurnal Jesya diwajibkan untuk mengikuti ketentuan berikut:<br>1. Naskah sudah disesuaikan dengan <a href="https://drive.google.com/file/d/1oTAKDS5x7d22HiNQNUuTCU-RZX2fsNuu/view">template<br></a>2. Mengirimkan hasil plagiarism check yang dapat diunggah di <strong>form discussion pada OJS</strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1oTAKDS5x7d22HiNQNUuTCU-RZX2fsNuu/view"><br></a>3. Mengikuti durasi peer review paling lama 30 hari setelah submit<br>4. Tidak melakukan double submission di jurnal yang lain sebelum ada keputusan dari editor<br>5. Mencantumkan alamat email saat mengisi form author dengan baik dan benar. hal ini perlu untuk menghindari komunikasi yang komprehensif</p> <p>&nbsp;<strong>Untuk Menghindari informasi yang tidak sesuai dan personal yang tidak bertanggung jawab, mohon hanya menghubungi <a href="https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/about/contact">Kontak Person </a>yang hanya terdaftar pada website kami</strong></p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -6px; top: -12px;">&nbsp;</div> https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2081 Peran kepuasan Kerja dalam Memediasi Pengaruh Keterikatan dan Kemampuan kerja terhadap Kinerja Karyawan 2025-06-30T01:26:18+07:00 Muhammad Taufik Lesmana muhammadtaufiklesmana@umsu.ac.id Lisa Handayani lisahndyni2018@gmail.com <p>Organisasi dituntut untuk mampu mengelola sumber daya manusianya secara efektif guna mencapai kinerja optimal. Dua faktor penting yang diyakini berkontribusi langsung terhadap peningkatan kinerja karyawan adalah keterikatan kerja dan kemampuan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterikatan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif <em>eksplanatory research</em>. Populasi meliputi semua pegawai tetap PT. Pegadaian Kanwil 1 Medan yang berjumlah 67 orang dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan alat analisis statistik Smart-PLS dengan tahapan uji analisis outer model, inner model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung baik keterikatan kerja, kemampuan kerja, dan kepuasan kerja masing-masing berpengaruh signfikan terhadap kinerja pegawai. Kepuasan kerja memediasi pengaruh keterikatan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai pada PT Pegadaian Kanwil 1 Medan. Temuan ini memberikan implikasi bahwa pentingnya menciptakan strategi yang mampu meningkatkan kepuasan kerja sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan kinerja pegawai melalui pengaruh keterikatan dan kemampuan kerja.</p> 2025-06-30T01:25:59+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1990 Pengaruh Keputusan Generasi Z terhadap Pinjaman Online: Peran Kemudahan Penggunaan sebagai Moderasi 2025-06-30T17:59:16+07:00 Fakhmi Zakaria fakhmi@dsn.dinus.ac.id Roymon Panjaitan roymon@dsn.dinus.ac.id Mahmud Mahmud mahmud@udinus.ac.id <p>Data statistik Fintech Lending OJK 2023 menunjukkan bahwa jumlah pinjaman masyarakat Indonesia ke pinjaman online mencapai lebih dari Rp. 47 triliun pada Juni 2023. Mayoritas pengguna pinjaman online dari umur 19 hingga 34 tahun, yang dikenal sebagai Gen Z. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keputusan Gen Z terhadap pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan secara pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software Smart-PLS versi 3.0. Data penelitian diperoleh menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner pada aplikasi google forms. Jumlah kuesioner yang dilakukan analisis data sebanyak 870 kuesioner. Literasi keuangan berpengaruh terhadap pinjaman online diterima. Perubahan gaya hidup berpengaruh terhadap pinjaman online diterima. Sifat konsumtif berpengaruh terhadap pinjaman online diterima. Kepercayaan berpengaruh terhadap pinjaman online diterima. Literasi keuangan berpengaruh terhadap pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi ditolak. Perubahan gaya hidup berpengaruh terhadap pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi ditolak. Sifat konsumtif berpengaruh terhadap pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi diterima. Kepercayaan berpengaruh terhadap pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi ditolak. Untuk penelitian selanjutnya, kami melihat pada penelitian ini peran variabel kemudahan penggunaan perlu diidentifikasi lebih lanjut dalam memoderasi literasi keuangan, perubahan gaya hidup dan kepercayaan terhadap pinjaman online khususnya untuk para Gen Z.</p> 2025-06-30T17:59:16+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2006 Pemahaman Akuntansi dan Kemampuan Pelaku UMKM Terhadap Penyajian Laporan Keuangan 2025-07-02T08:47:40+07:00 R. Ait Novatiani ait.novatiani@widyatama.ac.id Veronica Christina ait.novatiani@widyatama.ac.id Bachtiar Bachtiar ait.novatiani@widyatama.ac.id Robertus Ary Novianto ait.novatiani@widyatama.ac.id Tetty Lasniroha Sarumpet ait.novatiani@widyatama.ac.id Aida Wijaya ait.novatiani@widyatama.ac.id <p><em>Many MSME actors in carrying out their business activities do not carry out accounting books, especially in their operational activities, which have an impact on not presenting financial reports, this is due to inadequate understanding of accounting and MSME actors do not have the ability to present quality financial reports. The purpose of the research is to partially analyse the understanding of accounting and the ability of MSME actors to present financial statements. The sample is 65 MSME players in the industrial sector in Mekarmanik Village, Cimenyan District, Bandung Regency. The findings prove that partially accounting understanding and the ability of MSME actors affect the presentation of financial statements.</em></p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2015 Implementasi Green Accounting dan Kinerja Lingkungan terhadap Sustainable Development 2025-07-02T13:55:52+07:00 Fani Artamevia Pamudya 212202104525@mhs.dinus.ac.id Anna Sumaryati anna.sumaryati@dsn.dinus.ac.id <p>Riset ini memiliki tujuan yakni untuk mengidentifikasi pengaruh <em>green accounting</em> serta kinerja lingkungan terhadap <em>sustainable development</em> di perusahaan kelapa sawit yang terpublikasi dalam Bursa Efek Indonesia antara tahun 2015 hingga 2023. Sampel yang peneliti gunakan terdiri dari 8 perusahaan dengan total 43 data. Analisis dilakukan menggunakan SPSS 25, yang meliputi beberapa langkah, yaitu uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, serta autokorelasi), uji koefisien determinasi, uji simultan (uji F), serta uji hipotesis (uji T). Temuan dari penelitian ini yakni <em>green accounting</em> serta kinerja lingkungan mampu memberi pengaruh yang signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan</p> 2025-07-02T13:55:52+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1994 Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi dan Persepsi Risiko terhadap Minat Investasi Cryptocurrency pada Mahasiswa Manajemen Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2025-07-03T01:04:55+07:00 Angling Sadewo Aji Pamungkas anglingsap1305@gmail.com Maria Safitri mariasafitri@dsn.dinus.ac.id Rudi Kurniawan rudi.udinus@gmail.com Vicky Oktavia vicky.oktavia@dsn.dinus.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan cryptocurrency sebagai instrumen investasi berbasis teknologi blockchain yang telah mengubah cara dunia bertransaksi dan berinvestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan investasi, motivasi investasi, dan persepsi risiko terhadap minat investasi cryptocurrency. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 100 responden mahasiswa manajemen angkatan 2021-2022 di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form dan dianalisis dengan SPSS versi 30.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi dan motivasi investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi cryptocurrency, sedangkan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi. Temuan ini menunjukkan bahwa minat siswa lebih dipengaruhi oleh pemahaman dan motivasi internal dibandingkan dengan kekhawatiran terhadap risiko. Penelitian selanjutnya, disarankan untuk mempertimbangkan penambahan variabel yang dapat mempengaruhi minat investasi dalam cryptocurrency, seperti faktor ekonomi, pengaruh volatilitas pasar, tren sosial di kalangan pelajar, serta tingkat adopsi teknologi blockchain.</p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1998 Menelisik Peran Brand Image, Hedonic Lifestyle, dan Emotional Value terhadap Repurchase Decision (Studi Kasus Brand Nike) 2025-07-03T01:14:31+07:00 Embun Oktavia Sari 211202107315@mhs.dinus.ac.id Roymon Panjaitan roymon@dsn.dinus.ac.id Linda Ayu Oktoriza lindaayu.okt@dsn.dinus.ac.id Fakhmi Zakaria fakhmi@dsn.dinus.ac.id <p>Seiring tren fashion berkembang, bisnis berubah cepat karena konsumen menuntut produk sesuai selera, kebutuhan, dan daya beli. Studi bertujuan untuk mengeksplor peran dari <em>brand image, hedonic lifestyle, </em>dan <em>emotional value </em>terhadap keputusan pembelian pada konteks sepatu brand Nike. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data yang dikumpulkan sejumlah 100 responden yang dijadikan sampel dengan menyebarkan kuesioner melalui Google form kepada pengguna produk sepatu brand Nike. Teknik analisis data menggunakan software Smart PLS versi 4 dengan analisis outer model dan inner model. Hasil studi menyatakan bahwa peran <em>brand image, hedonic lifestyle, </em>dan <em>emotional value </em>berpengaruh langsung secara positif dan signifikan mendorong <em>repurchase decision</em>. Studi ini berkontribusi praktis untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat mendorong <em>repurchase decision</em>. Selain itu, dengan semakin unik rancangan yang diberikan mendorong konsumen untuk lebih memilih produk Nike.</p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2002 Peran Product Innovation, Brand Awareness dan Price Discount Terhadap Purchase Desicion (Studi Kasus Brand Fashion Colorbox Semarang). 2025-07-03T01:22:58+07:00 Kinanti Nabila Putri 211202107071@mhs.dinus.ac.id Roymon Panjaitan roymon@dsn.dinus.ac.id Amron Amron amron@dsn.dinus.ac.id Elia Resha Fatmawati elia@dsn.dinus.ac.id <p>Riset ini bertujuan guna mengeksplorasi hubungan antara <em>Product Innovation</em>, <em>Brand Awareness</em> serta <em>Price Discount </em>pada <em>Purchase Desicion</em>. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitiian yang diperoleh sebanyak 103 responden yang merupakan pelanggan Colorbox atau pengguna aktif Colorbox. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan memakai <em>purposive sampling</em> guna pengambilan sampel dan <em>SmartPLS 4.0</em> sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian mengetahui bahwa <em>Product Innovation</em> serta <em>Brand Awareness</em> berpengaruh positif signifikan pada <em>Purchase Desicion</em> tetapi <em>Price Discount </em>tidak berpengaruh positif serta tidak signifikan pada <em>Purchase Desicion.</em> Berdasarkan temuan ini, pengelola disarankan untuk lebih memfokuskan pada <em>Product Innovation </em>serta meningkatkan <em>Brand Awareness</em> dari pada semata-mata mengandalkan strategi diskon harga.</p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2007 Pengaruh Komunikasi Visual dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masuk Mahasiswa Di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang 2025-07-03T01:28:17+07:00 Bhaktiar Ghisa Suwarso bgsgisha@gmail.com Gita Sugiyarti gita-sugiyarti@untagsmg.ac.id Joko Riyanto joko-riyanto@untagsmg.ac.id Frans Sudirjo frans-sudirjo@untagsmg.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Media sosial menjadi salah satu platform utama dalam penyebaran informasi dan pemasaran digital. Perguruan tinggi termasuk Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang, perlu beradaptasi dengan tren digital guna meningkatkan daya tarik dan minat calon mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi visual dan kualitas pelayanan terhadap minat masuk mahasiswa di UNTAG Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 92 mahasiswa semester satu tahun akademik 2024/2025, yang ditentukan menggunakan rumus slovin dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi visual instagram dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masuk mahasiswa. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi UNTAG Semarang untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital melalui media sosial serta memperbaiki kualitas pelayanan guna menarik lebih banyak calon mahasiswa.</p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2151 MODIFIED UTAUT2 APPROACH TO PREDICT IN-GAME PURCHASE BEHAVIOR: EVIDENCE FROM MOBILE LEGENDS PLAYERS 2025-07-09T17:39:41+07:00 Melyanto Melyanto melyanto@itbss.ac.id Yuricha Yuricha yuricha@stbbss.ac.id Vinsen Tandra vinsen.tandra@itbss.ac.id <p>This study aims to examine the factors influencing in-game purchasing behavior among Mobile Legends players by utilizing a modified UTAUT2 framework. Specifically, it explores the roles of hedonic motivation, price value, habit, and behavioral intention. A quantitative approach was employed, using purposive sampling to collect data from 96 respondents aged 16–25 in West Kalimantan. The data were analyzed through regression analysis and hypothesis testing. The findings indicate that behavioral intention is the strongest predictor of actual use behavior. Moreover, hedonic motivation and habit significantly affect behavioral intention, while price value and habit exhibit partial mediation through intention. Gender was also found to moderate several of these relationships. These results contribute to a deeper understanding of digital consumer behavior among Gen Z gamers, emphasizing the importance of emotional satisfaction and habitual engagement. The study offers practical insights for developing gender-sensitive marketing strategies within virtual gaming environments.</p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2038 Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting, Laverage, dan Sales Growth terhadap penghindaran pajak 2025-07-03T01:42:39+07:00 Nabila Ahdania Azahra nabilaahdania1210@gmail.com Nabila Ahdania Azahra Madnasir Suhendar nabilaahdania1210@gmail.com <table width="574"> <tbody> <tr> <td width="472"> <p>Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh <em>pengungkapan Islamic Social Reporting, laverage</em> dan <em>Sales Growth</em> Terhadap <em>penghindaran pajak</em> tahun 2020-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder model data panel dari tahun 2020-2023 yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 41 perusahaan, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel berjumlah 10 perusahaan atau 40 sampel data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan diolah dengan dua alat bantu yaitu MS.Excel dan SPSS 29. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa <em>Islamic social reporting</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>penghindaran pajak, laverage</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>penghindaran pajak,</em> dan <em>sales growth</em> berpengaruh positif tidak signifikan terhadap <em>penghindaran pajak</em>. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa <em>pengungkapan Islamic social reporting,laverage</em>, dan <em>sales growth</em> berpengaruh signifikan positif terhadap <em>penghindaran pajak.</em></p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-07-03T01:42:39+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2016 Pengaruh Liquidity, Growth Opportunity, Firm Size dan Financial Distress terhadap Hedging Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Di BEI Periode 2020 – 2023 2025-07-03T14:55:15+07:00 Nurul Wahyuningsih nurulwahyu245@gmail.com Erny Luxy D. Purba ernyluxy@unimed.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah terdapat perusahaan industri yang melakukan perdagangan internasional yang menghadapi permasalahan yang lebih kompleks, karena perusahaan tersebut melibatkan banyak negara dan menggunakan mata uang asing. Perusahaan mengalami risiko fluktuasi yang dapat mengurangi margin keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, growth opportunity, firm size dan financial distress terhadap hedging. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020 – 2023 yang berjumlah 66 perusahaan. Total sampel sebanyak 16 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sumpling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang dipublikasikan di situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji multikolinearitas, analisis regresi logistik, analisis koefisien determinasi, uji kelayakan model regresi, uji f simultan dan uji t parsial dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas, growth opportunity, firm size dan financial distress berpengaruh terhadap hedging. Selanjutnya, likuiditas dan ukuran perusahaan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap lindung nilai. Sementara itu, peluang pertumbuhan dan kesulitan keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap lindung nilai.</span></span></p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2027 Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, Sales Growth, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak 2025-07-03T18:06:33+07:00 Reza Dwi Amanda Putri rezadwi0601@gmail.com Rina Yuliastuty Asmara rina.yuliastuty@mercubuana.ac.id <p>Riset ini bermaksud menelaah dampak profitabilitas, <em>capital intensity</em>, <em>sales growth</em>, dan ukuran perusahaan pada penghindaran pajak. Riset ini berfokus pada perseroan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terhimpun di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2022. Sumber data yang dianalisis adalah data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan perseroan dalam subsektor tersebut selama periode penelitian. Sampel penelitian dipilih berdasarkan metode <em>purposive sampling</em>, dengan jumlah 27 perseroan yang memenuhi kriteria. Pengolahan data diimplementasikan melalui uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji kesesuaian model, serta uji hipotesis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan riset mengungkapkan bahwa <em>capital intensity</em> berdampak negatif signifikan kepada penghindaran pajak. Di sisi lain, profitabilitas, <em>sales growth</em>, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh pada praktik penghindaran pajak.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2144 Analisis Fasilitas, Harga Tiket, Daya Tarik dan Souvenir Shopping Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Obyek Wisata Telaga Sarangan Magetan 2025-07-04T21:17:09+07:00 Hari Purwanto hari.purwanto@unipma.ac.id Wiwin Juliyanti wiwin@unipma.ac.id Heny Sidanti heny.sidanti@unipma.ac.id Tasnim Nikmatullah Realita tasnimrealita@wisnuwardhana.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fasilitas, Harga Tiket, Daya Tarik, Souvenir Shopping terhadap Minat Berkunjung Kembali pada obyek wisata Telaga Sarangan Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan assosiatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung obyek wisata telaga Sarangan. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 385 responden berdasarkan rumus Lemeshow dikarenakan populasinya tidak diketahui pasti jumlahnya. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pendekatan kuantitatif Regresi Linier Beranda dengan alat analisis statistic SPSS-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh fasilitas terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 2) Terdapat pengaruh harga tiket terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 3) Terdapat pengaruh daya tarik terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata pada pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 4) Terdapat pengaruh Souvenir Shopping terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 5) Secara simultan terdapat pengaruh fasilitas, harga tiket, daya tarik dan Souvenir Shopping terhadap minat berkunjung kembali pada pada objek wisata telaga Sarangan Magetan.</p> 2025-07-04T21:17:09+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2058 PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN 2025-07-04T21:47:05+07:00 Pingky Riska Nurdiana pingkrsk@gmail.com Rachyu Purbowati rachyupurbowati@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana masing-masing faktor mempengaruhi perusahaan dalam menentukan kebijakan dividen, yang dapat berdampak pada nilai perusahaan dan keputusan investasi pemegang saham. penelitian ini menggunakan kuantitatif dan regresi linier berganda dengan populasi perusahaan sector perusahaan sektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 35 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan terhadap kebijakan dividen perusahaan sektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan kepemilikan institusional dan current ratio berpengaruh positif terhadap kebijakan terhadap kebijakan dividen perusahaan sektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Efek Indonesia.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2135 DAMPAK CAPITAL INTENSITY, UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM 2025-07-05T01:44:02+07:00 Elly Susanti penelitianelly@gmail.com Khairul Azwar khairulazwar513@gmail.com Nelly Ervina nellyervina89@gmail.com <p><em>The purpose of this research is to determine and analyze the effects of Capital Intensity, Size, Capital Structure, and Profitability on Stock Prices. The object of this research is companies in the automotive and component sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the period of 2020 - 2024. The total population consists of 13 companies, and for purposive sampling, the sample in this study is 6 companies. This research uses a quantitative method with panel data regression analysis using Eviews Version 12. The results show that simultaneously, Capital Intensity, Size, Capital Structure, and Profitability have a significant effect on Stock Prices. Meanwhile, partially, Capital Intensity, Size, and Capital Structure have a negative and insignificant effect on stock prices, while Profitability has a positive and insignificant effect on stock prices.</em></p> 2025-07-05T01:43:15+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2125 Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Carbon Emission Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur 2025-07-05T09:50:30+07:00 Ajeng Padila ajeng.pdl312@gmail.com Muslim Alkautsar malkautsar@uniga.ac.id Lina Nurlaela linanurlaela@uniga.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menilai bagaimana profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh pada pengungkapan emisi karbon. Data sekunder diperoleh dari Laporan keuangan tahunan 2020–2023 dan laporan keberlanjutan perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI. Metode yang digunakan analisis regresi linier berganda dan purposive sampling dengan alat analisis spss versi 3.0. Delapan puluh perusahaan dipilih sebagai sampel untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat pengungkapan emisi karbon. Sebaliknya, ukuran perusahaan justru memberikan pengaruh negatif terhadap pengungkapan emisi karbon, yang berarti semakin besar perusahaan, kecenderungan untuk mengungkapkan emisi karbon semakin berkurang.</p> <p>kata kunci :&nbsp;<em>Pengungkapan Emisi Carbon, Profitabilitas, Ukuran, Perusahaan dan Leverage</em></p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2087 Dampak Ukuran Perusahaan, Kompensasi Manajemen, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Tax Avoidance 2025-07-05T10:04:48+07:00 Yoana Fransiska Prsetya Mongkor yovamongkor96@gmail.com Norman Duma Sitinjak norman.duma@unmer.ac.id <p>Penelitian tentang pajak selalu menarik untuk dilakukan, karena pajak merupakan kontributor terbesar bagi penerimaan negara, sedangkan pemerintah dan wajib pajak memiliki persepsi yang berbeda terhadap pajak. Pajak bagi pemerintah adalah sumber penerimaan dan bagi wajib pajak adalah pengeluaran. Penelitian ini menguji praktik tax avoidance pada perusahaan pertambangan sektor minyak, gas dan batu bara atas pengaruh dari ukuran perusahaan, kompensasi manajemen dan kepemilikan institusional. Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Sumber data sekunder dengan sampel sebanyak 13 perusahaan untuk tiga tahun pengamatan sehingga jumlah observasi sebanyak 39. Pemilihan sampel dilakukan dengan kriteria tertentu. Temuan pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Kompensasi manajemen dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap praktik tax avoidance. Kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang lebih kuat dibanding kompensasi manajemen dalam memberikan pengaruh terhadap tax avoidance. Pada penelitian ini kepemilikan institusional menjadi aktor dalam aktivitas tax avoidance. Nilai esensial dari penelitian ini adalah pemerintah perlu memberikan perhatian pada perusahaan dengan tingkat kepemilikan institusional yang tinggi</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2020 ANALISIS RESTITUSI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN KENAIKAN TARIF PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) 12% PADA KPP PRATAMA PROV LAMPUNG 2025-07-05T11:13:00+07:00 Nabila Imanina Fahira nabilaimaninafahira@gmail.com Madnasir Madnasir madnasir@radenintan.ac.id Suhendar Suhendar suhendar@radenintan.ac.id <p>Penelitian ini menganalisis dampak kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12% terhadap restitusi pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Provinsi Lampung. PPN merupakan pajak wajib yang dikenakan atas penjualan barang dan jasa yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan negara. Kenaikan PPN dari 11% menjadi 12% diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021, yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan penerimaan pajak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, dengan memanfaatkan data primer dari hasil observasi dan wawancara langsung, serta data sekunder dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun restitusi PPN menunjukkan fluktuasi dari tahun 2021 hingga tahun 2024, kenaikan PPN diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kepatuhan pajak dan perolehan penerimaan negara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses restitusi PPN yang efektif sangat penting untuk menjaga kepercayaan wajib pajak dan memastikan kelancaran sistem perpajakan, terutama mengingat adanya kenaikan tarif PPN yang akan datang.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2043 Pengaruh Pertumbuhan Laba, Media Exposure dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Emisi Karbon Pada Perusahaan Sektor Energi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2023 2025-07-05T11:37:56+07:00 Pelania Fazrin 24022121009@fekon.uniga.ac.id Muslim Al kautsar muslimalkautsar@gmail.com Acep Abdul Basit acep.basit@uniga.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana tiga variabel independen pertumbuhan laba, media exposure, dan kinerja lingkungan mempengaruhi pengungkapan emisi karbon. Populasi terdiri dari perusahaan sektor energi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, menghasilkan 8 perusahaan yang memenuhi kriteria, menghasilkan total 40 data selama periode lima tahun. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 24. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan data yang diperoleh merupakan data sekunder dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan tahun 2019-2023 yang diperoleh dari website Perusahaan atau Bursa Efek Indonesia (BEI). Temuan penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan laba dan media exposure tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan sektor energi periode 2019-2023. Namun, kinerja lingkungan berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan sektor energi periode 2019-2023. Temuan ini menyoroti betapa pentingnya meningkatkan kinerja lingkungan sebagai respons terhadap tuntutan stakeholder akan keterbukaan data tentang pengungkapan emisi karbon dan diharapkan akan memberikan kontribusi berharga untuk perusahaan juga investor dalam mengidentifikasi pengungkapan emisi karbon</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2068 Penerapan Model Pentahelix dalam Pengembangan Agrowisata Berkelanjutan: Kajian Literatur Sistematis pada Desa Kertawangi 2025-07-05T11:49:09+07:00 Albert Kurniawan Purnomo albertsmart9@gmail.com Lies Banowati liesbano@gmail.com Endang Susilawati endangsusilawati2210@gmail.com Budi Mulyati budimulyati73@gmail.com <p>Dalam rangka mendukung Program SDGS (<em>Sustainable Development Goals</em>), pihak akademisi Universitas Nurtanio Bandung, melakukan kajian literatur agrowisata berkelanjutan di Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, dengan melalui adaptasi model Penta-helix. Agrowisata merupakan salah satu strategi efektif untuk mendukung pencapaian SDGs, khususnya dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dengan mengintegrasikan pertanian dan pariwisata, agrowisata tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat pedesaan, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan budaya lokal. Oleh karena itu, pengembangan agrowisata yang berkelanjutan sangat penting untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan secara menyeluruh. Artikel ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan konsep Agrowisata, dan penerapan konsep Helix Model yaitu Pentahelix. Penta-helix merupakan model yang didasarkan pada lima jenis pemangku kepentingan yaitu pemerintah, akademisi (Universitas) , sektor swasta, penduduk lokal dan media. Keterlibatan kelima sektor tersebut merupakan suatu kewajiban agar dampak ekonominya diikuti oleh keberlanjutan. Pendekatan metode penelitian dengan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR). Tujuan utama SLR adalah untuk mengumpulkan, menilai, dan mensintesis literatur yang ada secara sistematis sehingga dapat memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan, pengembangan ilmu, dan identifikasi kebutuhan penelitian di masa depan.Artikel ini mencoba melakukan kajian pada jurnal terakrediasi SINTA 2 – 6 sebanyak 7 artikel. Tahap berikutnya adalah melakukan pembahasan dengan menggambarkan suatu bagan Pentahelix dalam Pengembangan Agrowisata. Pemerintah membantu dalam hal kebijakan dan promosi. Akademisi berperan untuk memberikan pendidikan, edukasi, pelatihan, pengembangan ilmu. Pebisnsis membantu mengembangkan dengan pemberian modal, infrastruktur, dan promosi. Masayarakat lokal menerima manfaat, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan budaya local, serta promosi. Peran Media adalah membantu menyebarluaskan informasi, berita, melalui konten di platform dan media sosial.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2035 PERAN KEBIJAKAN PEMUTIHAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR 2025-07-05T11:58:24+07:00 Winda Nurul Q nurulwinda32@gmail.com Nayla Qurrata A Naylaqurrataayun12@gmail.com Nadila Febriyanti nadilafebriyanti.klah@gmail.com Kurnia Putri A kurniaputri599@gmail.com Djasuli Mohamad djasuli@trunojoyo.ac.id <p>Salah satu pajak yang ditarik dari subjek pajak atas penguasaan yang dimiliki adalah pajak kendaraan bermotor. Retribusi adalah pajak yang dikenakan kepada penduduk dari pemerintah tentunya akan masuk ke dalam kas negara yang diakui sebagai pendapatan. Akan tetapi, banyak masyarakat yang mempunyai kendaraan bermotor masih enggan untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Oleh karena itu, pemerintah telah membuat skema pemutihan pajak kendaraan bermotor. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah diadakannya skema pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program ini bermanfaat karena dapat memberikan penghapusan sanksi administrative atas tunggakan pajak yang wajib pajak alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti peran kebijakan yang diberikan pemerintah mengenai pemutihan pajak dalam mendorong ketaatan wajib pajak kendaraan bermotor serta mengidentifikasi komponen yang memengaruhi efektivitas program tersebut. Hasil observasi memperlihatkan bahwa peran kebijakan pemutihan&nbsp; pajak berdampak baik bagi kepatuhan wajib pajak, baik secara formal maupun material. Program ini memberikan dampak insentif bagi pemilik kendaraan untuk melunasi tunggakan pajak tanpa dikenai denda sehingga berdampak positif tehrdap penerimaan pajak daerah. Namun, efektivitasnya masih terhambat oleh faktor internal, seperti rendahnya kesadaran masyarakat dan faktor eksternalnya, seperti prosedur yang rumit serta kurangnya sosialisasi. Selain itu, layanan digital seperti E-SAMSAT dan SAMSAT keliling turut mendukunh kemudahan pembayaran pajak, meskipun belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor efektif dalam meningkatkan kepatuhan pajak. Namun, diperlukan perbaikan dalam aspek sosialisasi, penyederhanaan prosedur, dan peningkatan kualitas pelayanan untuk memasimalkan dampaknya. Implikasi kebijakan dari temuan ini menyoroti betapa pentingnya Kerjasama masyarakat dan pemerintah dalam membangun sistem perpajakan yang lebih terbuka dan efektif.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2054 ANALISIS EFISIENSI APBN ERA PRABOWO: KAJIAN EKONOMI DAN ANALISIS SENTIMEN PUBLIK 2025-07-05T12:09:59+07:00 Retta Farah Pramesti retta.farah@unpad.ac.id Asno Azzawagama Firdaus asnofirdaus@gmail.com Khairanis Yulita Khairanis.yulita@unpad.ac.id Mazraatin Thoyyibah mazraaten.thoyyibah-2022@feb.unair.ac.id <p>Studi ini mengevaluasi efisiensi anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025, khususnya penghematan Rp306,69 triliun yang dialokasikan untuk mendanai program Makanan Bergizi Gratis (MBG) di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Pendekatan metode campuran digunakan, menggabungkan analisis kuantitatif (korelasi Pearson dan K-Means Clustering pada data anggaran dan efisiensi dari 78 kementerian/lembaga) dengan analisis sentimen kualitatif-komputasional dari media sosial X (Twitter) menggunakan algoritma Naïve Bayes. Hasil menunjukkan korelasi yang sangat kuat (r = 0,957) antara ukuran anggaran dan efisiensi, tetapi hanya 7 kementerian yang masuk dalam klaster efisiensi tinggi. Analisis sentimen mengungkapkan persepsi publik yang dominan positif terhadap kebijakan MBG, meskipun bias model hadir karena ketidakseimbangan data. Studi ini merekomendasikan lima strategi utama: memperkuat penganggaran berbasis kinerja, memantau program MBG, mengoptimalkan teknologi manajemen anggaran, mendorong partisipasi publik, dan mendiversifikasi pembiayaan inovatif. Secara keseluruhan, temuan tersebut menyoroti pentingnya tata kelola fiskal yang tidak hanya efisien tetapi juga adaptif dan inklusif untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2066 Minat Pembelian Ulang Pada Gen Z : Peran Keamanan, Pengalaman, Kepuasan dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee 2025-07-05T16:36:55+07:00 Silvia Damayanti damayantisilvia925@gmail.com Piji Pakarti piji.pakarti@dsn.dinus.ac.id Vincent Didiek Wiet Aryanto vincentaryanto@dsn.dinus.ac.id Diana Aqmala diana.aqmala@dsn.dinus.ac.id <p>The rapid development of digitalization has changed people's shopping behavior, with Indonesia's e-commerce transactions reaching Rp689 trillion by 2024. With an internet penetration rate dominated by Gen Z at 87%. Shopee, as one of the most popular e-commerce platforms, needs to attract and retain the potential Gen Z market segment. However, security risks that affect trust and unsatisfactory customer experience make people hesitant in making online transactions. As competition intensifies, it becomes important for e-commerce platforms to retain customers and encourage repeat purchases. This study aims to analyze the effect of security, consumer experience, satisfaction and trust on consumer repurchase intention using the Shopee platform. Using a quantitative approach, data was collected through questionnaires from 156 respondents aged 17-27 years old in Kudus City. The research findings reveal that safety influences satisfaction and trust, while experience also influences satisfaction and trust. In addition, satisfaction and trust influence interest in repurchase intentions. These results underscore the importance of improving user safety, experience, satisfaction, and trust in maintaining consumer engagement on Shopee. Future research should explore additional variables to provide a more comprehensive understanding of the factors that influence online shopping behavior.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2126 Tax Avoidance in Mining Sector (Coal Production) Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange (2019-2023): The Effect of Transfer Pricing and Profitability 2025-07-05T16:44:47+07:00 Radi Laksono radi.laksono@widyatama.ac.id Dyah Purnamasari dyah.purnamasari@widyatama.ac.id <p><em>This research aims to analyze the influence of transfer pricing and profitability on tax avoidance in coal mining (production) companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2019-2023. The research method employed is associative with a quantitative approach. The data utilized is secondary data in the form of annual financial reports for the 2019-2023 period from 10 coal mining (production) companies. The study's findings reveal that transfer pricing has a effect leading to increased tax avoidance (evidenced by a lower Cash Effective Tax Rate), and similarly, higher profitability also significantly correlates with increased tax avoidance (lower CETR). This study recommends that companies exercise greater prudence in their transfer pricing strategies and tax compliance in line with high profitability. Furthermore, it advises tax authorities to enhance their supervision of transfer pricing practices and consider profitability in mapping tax compliance risks.</em></p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2171 Social Return On Investment (SROI) Program Academy Operator Training (AOT) PT Ganda Alam Makmur 2025-07-07T00:04:11+07:00 Alek Al Hadi alekalhadi@ft.unsri.ac.id Abdul Kholek alekalhadi@ft.unsri.ac.id Daru Kusumo Ismartono alekalhadi@ft.unsri.ac.id Richard Gabriel Sianipar alekalhadi@ft.unsri.ac.id Salsabila Fatimatuzzahra alekalhadi@ft.unsri.ac.id <p>Laporan hasil kajian <em>Social Return On Investment</em> (SROI) merupakan evaluasi terhadap Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), khususnya Program <em>Academy Operator Training</em> (AOT) yang dilaksanakan oleh PT Ganda Alam Makmur. Program ini dilaksanakan di Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan serta kontribusi nyata bagi masyarakat lokal, yang sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Program AOT bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM lokal yang relevan dengan dunia industri melalui pelatihan teknis dan penguatan karakter. Penelitian ini menggunakan metode campuran (<em>mixed methods</em>) yakni pendekatan penelitian yang mengkombinasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang mencakup wawancara, FGD, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Program <em>Academy Operator Training</em> (AOT) memiliki nilai <strong><em>Social Return on Investment</em> (SROI)</strong> sebesar <strong>4,02</strong>, yang berarti setiap investasi sebesar <strong>Rp1,00</strong> menghasilkan manfaat sosial senilai <strong>Rp4,02</strong>. Nilai ini mencerminkan bahwa program memberikan dampak positif dan signifikan bagi <em>stakeholders</em> terkait. Total investasi sebesar <strong>Rp3.243.651.000</strong>, PT Ganda Alam Makmur berhasil menghasilkan total manfaat sebesar <strong>Rp13.041.282.132</strong>, yang artinya perubahan telah dirasakan dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun oleh pemberi maupun penerima program PPM.</p> 2025-07-07T00:04:11+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2076 Peran Good Corporate Governance dalam Memoderasi Hubungan antara Green Accounting, Environmental Performance, dan Green Intellectual Capital terhadap Financial Performance 2025-07-08T11:03:52+07:00 M. Husaini Nain Hasan Muhmmdhusaini03@gmail.com Irfan Zamzam Irfan.zamzam@unkhair.ac.id Iqbal M. Aris Ali iqbalaris@unkhair.ac.id Zainuddin Zainuddin zainudin@unkhair.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>green accounting</em>, <em>environmental performance</em>, dan <em>green intellectual capital</em> terhadap <em>financial performance</em>, dengan <em>good corporate governance</em> sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2021–2023. Data sekunder dikumpulkan melalui laporan tahunan dan laporan keberlanjutan, kemudian dianalisis menggunakan metode <em>Moderated Regression Analysis</em> (MRA) dengan bantuan perangkat lunak EViews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>green accounting</em> tidak berpengaruh terhadap <em>financial performance</em>; <em>environmental performance</em> berpengaruh negatif; dan <em>green intellectual capital</em> berpengaruh positif terhadap <em>financial performance</em>. Sementara itu, <em>good corporate governance</em> tidak mampu memoderasi hubungan antara ketiga variabel independen tersebut terhadap <em>financial performance</em>. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan efektivitas implementasi praktik keberlanjutan dalam meningkatkan kinerja keuangan, serta perlunya penguatan aspek tata kelola perusahaan yang lebih menyeluruh.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2116 Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT Mayora dan PT Indofood CBP Tahun 2021–2024 2025-07-08T11:17:16+07:00 Yanuar Ramadhan yanuar.ramadhan@esaunggul.ac.id Dicky Andreas Ar Rasit Arethusa dicky18dreas@student.esaunggul.ac.id Joni Karnando jonikarnando21@student.esaunggul.ac.id Yanuar Ajie Swandana yanuar.ajie@student.esaunggul.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan PT Mayora Indah Tbk dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk selama periode 2021–2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui analisis rasio keuangan, analisis tren, analisis common size, dan analisis indeks. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indofood CBP unggul dalam profitabilitas dengan rata-rata Net Profit Margin sebesar 35 persen, sedangkan Mayora Indah menunjukkan rata-rata Net Profit Margin sebesar 8 persen, tetapi memiliki kekuatan dalam likuiditas dan struktur ekuitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa setiap perusahaan memiliki karakteristik strategi keuangan yang berbeda. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur mengenai perbandingan kinerja sektor makanan dan minuman, serta menjadi rujukan bagi investor dalam menyusun strategi investasi yang sesuai.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2003 Peran dari keunggulan produk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas dan lokasi Di Warkop Soemini 2025-07-27T00:23:13+07:00 Dunga Adrianno 211202107244@mhs.dinus.ac.id Roymon Panjaitan roymon@dsn.dinus.ac.id Diana Puspitasari dianapuspitasari718@dsn.dinus.ac.id Amalia Nur Chasanah amalia.nurchasanah@dsn.dinus.ac.id <p>Riset ini bertujuan guna mengeksplorasi peran keunggulan produk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang dipakai ialah purposive sampling serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dengan teknik analisi data memakai <em>Smart PLS 4.0.</em> Riset ini menganalisis dari path-analysis yang dimediasi keunggulan produk terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan multiple path analysis <em>Smart PLS 4.0. </em>Hasil riset terdapat hubungan positif kualitas pada kepuasan pelanggan, tetapi pada Lokasi tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan, kualitas serta Lokasi dapat mempengaruhi keunggulan produk. Jadi, terbukti bahwa keunggulan produk berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan di Warkop Soemini</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2067 PENGARUH PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, KESADARAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN, TERHADAP PERILAKU KEUANGAN 2025-07-27T00:28:50+07:00 Ferani Mufidah feranimufidah027@gmail.com Dwi Ermayanti Susilo dwi.stiedw@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menkaji bagaimana perilaku keuangan mahasiswa Gen-Z di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ITEBIS PGRI Dewantara Jombang dipengaruhi oleh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, kesadaran keuangan, dan pendapatan. Perilaku keuangan yang sehat sangat penting bagi mahasiswa agar mampu mengelola keuangan secara bijak sejak dini. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik purpose sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 122 responden yang merupakan mahasiswa aktif Gen-Z dari program studi akuntansi Angkatan 2021 dan Angkatan 2022. Hasil yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil study menyatakan bahwa pengetahuan pembelajaran akuntansi keuangan dan pemahaman literasi keuangan berkolerasi negatif dengan perilaku keuangan. Disisi lain, kesadaran akan keuangan serta pendapatan memberikan pengaruh positif yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun mahasiswa memperoleh pengetahuan finansial, hal itu tidak selalu akan mendukung kebiasaan finansial&nbsp;yang&nbsp;positif&nbsp;jika tidak disertai dengan&nbsp;pemahaman&nbsp;dan&nbsp;pengendalian&nbsp;diri yang&nbsp;kokoh. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran siswa dan pendapatan dapat menyebabkan mereka berperilaku lebih bertanggung jawab dengan uang mereka.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2077 Pengaruh Reputasi Seller Terhadap Keputusan Pembelian Grab Food Dalam Perspektif Brand Awareness 2025-07-27T00:33:17+07:00 Novi Avianti noviavianti6@gmail.com Rohimat Nurhasan rohimat.nurhasan@uniga.ac.id Fitrin Rawati Suganda itrinrawati@uniga.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh reputasi seller terhadap keputusan pembelian Grab Food dalam perspektif brand awareness. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penyebaran kuesioner dengan alat analisis Smart-PLS Versi 3.0. Responden pada penelitian ini dengan jumlah 100 orang responden didapat dengan menggunakan teknik <em>non-probabillity sampling</em> dengan rumus Lemeshow hal ini dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui atau tidak terhingga. Hasil menunjukan bahwa secara langsung Reputasi Seller tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di platform GrabFood, sedangkan secara tidak langsung Reputasi Seller yang dimediasi oleh <em>Brand Awareness</em> berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Seller yang menjaga reputasi cenderung lebih mudah dikenali serta dipilih oleh konsumen. Oleh karena itu, seller perlu menjaga kualitas layanan untuk meningkatkan <em>Brand Awareness</em>, sementara GrabFood sebagai platform disarankan untuk mendukung seller melalui fitur-fitur yang memperkuat eksposur reputasi mereka kepada konsumen.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2190 Faktor-Faktor Penentu Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada UMKM Kota Medan 2025-07-27T00:42:17+07:00 Devi Purnama Sari devipurnama@satyaterrabhinneka.ac.id Sri Hartati Sidauruk srihartatisdrk@satyaterrabhinneka.ac.id Muhammad Saleh Rizkian saleh@satyaterrabhinneka.ac.id M. Imam Santoso mhdimamsantoso@satyaterrabhinneka.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan teknik personal, program pelatihan dan pendidikan, keterlibatan pengguna, formalisasi pengembangan sistem, dan dukungan manajemen puncak terhadap kinerja sistem informasi akuntansi (SIA) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di bidang fashion dan perdagangan, dengan total sampel sebanyak 60 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan teknik personal, program pelatihan dan pendidikan, serta dukungan manajemen puncak berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Namun, keterlibatan pengguna dan formalisasi pengembangan sistem tidak berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-27T00:42:17+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2197 ANALISIS TAX AVOIDANCE PADA EMITEN KONSTRUKSI: STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK INDONESIA 2025-07-28T15:58:34+07:00 Santi Santi santi.unpab23@gmail.com Renny Maisyarah rennymaisyarah@dosen.pancabudi.ac.id Rahima Br Purba rahima@dosen.pancabudi.ac.id <p><em>Tax avoidance is a legal tax management strategy carried out in accordance with taxation regulations, yet it often raises a dilemma because, while permitted, such practices are generally discouraged by tax authorities due to their impact on state revenue. The phenomenon of tax avoidance in Indonesia continues to rise, particularly in the construction industry sector, which is characterized by long-term projects and complex financing structures. These unique characteristics make the sector especially vulnerable to aggressive tax planning strategies. This study aims to analyze the influence of firm size, profitability, leverage, and institutional ownership on tax avoidance practices among construction companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2019–2023 period. Utilizing a quantitative approach, this research is based on secondary data drawn from annual reports and audited financial statements. The sample consists of 17 companies selected through purposive sampling, and the data were analyzed using multiple linear regression models with SPSS version 24. The empirical results show that firm size has a positive and significant effect on tax avoidance, suggesting that larger firms possess more resources and capacity to engage in sophisticated tax planning. While, profitability, leverage, and institutional ownership did not show significant effects, implying that these factors are not decisive in determining the tax avoidance behavior of companies in this sector. These findings are important both theoretically and practically. Based on Agency Theory where managers of larger firms may exploit available mechanisms to reduce tax burdens—while also challenging the expectations of signaling theory, particularly regarding the role of profitability. From a practical perspective, the study highlights the need for tax authorities to focus enforcement and monitoring efforts on large-scale firms, as they demonstrate a higher propensity for engaging in tax avoidance. Additionally, the findings call for a reassessment of existing regulatory frameworks and supervisory mechanisms in order to improve compliance without discouraging legitimate tax planning activities.</em></p> 2025-07-28T15:58:34+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2188 PENGARUH WHISTLEBLOWING SYSTEM, KOMPETENSI AUDITOR, DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD 2025-07-29T02:23:29+07:00 Temy Setiawan setiawantemy@gmail.com Novita Nuansari novitanuansari5@gmail.com Theresia Olivia theresiaolivia36@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>whistleblowing system</em>, kompetensi auditor, dan moralitas individu terhadap pencegahan <em>fraud</em>. Pencegahan <em>fraud</em> merupakan aspek penting dalam menjaga integritas dan akuntabilitas laporan keuangan serta kepercayaan publik terhadap institusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan <em>Google Form</em>. Responden dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP), dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang auditor. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Structural Equation Modeling - Partial Least Square</em> (SEM-PLS), yang dinilai sesuai untuk menguji hubungan antar variabel dalam model penelitian dengan jumlah sampel yang terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>whistleblowing system</em> dan moralitas individu memiliki pengaruh positif terhadap pencegahan <em>fraud</em>. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pelaporan yang transparan dan budaya moral individu yang kuat dapat memperkuat upaya organisasi dalam mencegah tindakan kecurangan. Sementara itu, kompetensi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap pencegahan <em>fraud</em>, yang mengindikasikan bahwa kemampuan teknis dan profesional auditor belum tentu menjamin efektivitas dalam mengidentifikasi atau mencegah tindakan curang, terutama jika tidak diimbangi oleh keberanian moral dan sistem pengawasan yang baik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi lembaga audit dan perusahaan agar lebih fokus pada penguatan budaya etika dan pelaporan, tidak hanya peningkatan kompetensi teknis semata, dalam upaya pencegahan <em>fraud</em> yang efektif dan berkelanjutan.</p> 2025-07-29T02:23:02+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2198 Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan, Citra Merek dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah BMT Dinar Kramat Insani Muamalat Pusat 2025-07-31T00:41:28+07:00 Miyasti Atika miyastiatka@gmail.com Gunistyo Gunistyo gunistiyosumaryo@gmail.com Sari Wiyanti saridysa0604@gmail.com <p>Persaingan bisnis lembaga keuangan saat ini semakin kompetitif, khususnya lembaga keuangan syariah yang harus bersaing dengan lembaga keuangan konvensional. Terjadi penurunan jumlah nasabah yang disebabkan menurunnya kepuasan nasabah BMT DRI Muamalat Pusat karena nasabah sering membandingkan kinerjanya dengan kinerja perbankan. Masalah penurunan kepuasan nasabah diidentifikasi pengaruh dari rendahnya persepsi kualitas layanan, citra merek dan kepercayaan nasabah terhadap BMT DRI Muamalat Pusat. Dan Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor mempengaruhi kepuasan nasabah BMT DRI Muamalat yaitu pengaruh dari variabel independen persepsi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah, variabel citra merek terhadap kepuasan nasabah dan variabel kepercayaan terhadap kepuasan nasabah. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah BMT DRI Muamalat dengan sampel berjumlah 100 nasabah. Teknik pengambilan sampling adalah <em>non probability sampling</em> melalui metode <em>accidental sampling. </em>Data yang digunakan adalah data primer yang akan diolah menggunakan SPSS 25. Teknik analisis data yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Hasil penelitian dari uji t : (1) Hasil uji t persepsi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel</sub> yaitu 2,510&gt;1,661 dan nilai sig. 0,014 &lt; 0,05 artinya H1 <strong>diterima</strong>. &nbsp;(2) citra merek terhadap kepuasan nasabah diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel </sub>yaitu 3,872&gt; 1,661 dan nilai sig. 0,000&lt;0,05 artinya H2 diterima.; (3) kepercayaan nasabah terhadap kepuasan nasabah diperoleh t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 2,550&gt; 1,661 dan nilai sig. 0,012 &lt; 0,05 artinya H3 diterima. Hasil uji F diperoleh F<sub>hitung</sub> &gt;F<sub>tabel</sub> yaitu 9,562&gt;2,696, dan 0,000&lt;0,05 artinya H4 diterima. Kesimpulan bahwa untuk meningkatkan kepuasan nasabah maka BMT DRI Muamalat Pusat meningkatkan pelayanannya dengan menambah perangkat komputer, inovasi sistem informasi, sistem layanan online dan pelatihan karyawan. Meningkatkan citra merek dengan membangun identitas merek dan menciptakan pengalaman positif. Dan untuk meningkatkan kepercayaan transparasi inform asi produk, layanan dan biaya serta edukasi manfaat saat menggunakan jasa</p> 2025-07-31T00:41:28+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2115 ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, PENGELUARAN PERKAPITA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI 2025-07-08T12:23:45+07:00 Muhammad Rafi'i Sanjani muhammad.rafii.sanjani@uts.ac.id Indah Fitriana Sari indah.fitriana.sari@uts.ac.id <p><em>The influence of population, investment, and per capita expenditure on economic growth in West Nusa Tenggara (Nusa Tenggara Barat) from 2019 to 2023. This study is motivated by the need to understand the dynamics of economic development in a region characterized by its unique demographic and economic conditions. This study aims to provide valuable insights for future research and serve as a reference for policymakers to develop effective economic strategies. This study uses a quantitative approach, data is collected through documentation and literature studies from reliable sources, including the Central Statistics Agency. The analysis uses panel data regression to assess the relationship between variables. The results of the study indicate that when analyzed simultaneously, population, investment, and per capita expenditure do not significantly affect economic growth in West Nusa Tenggara. Specifically, statistical tests show that the population variable has a p-value of 0.95, indicating no significant impact on economic growth. Likewise, investment shows a p-value of 0.956, and per capita expenditure has a t-count value lower than the t table, indicating a lack of influence on economic growth. These results imply that current consumption and investment patterns in West Nusa Tenggara may not be conducive to increasing local economic productivity. The conclusion of this study is that population, investment, and per capita expenditure do not have a significant effect on economic growth in West Nusa Tenggara, either simultaneously or partially.</em></p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2150 Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Lazada 2025-07-09T10:39:25+07:00 Latifah Amanda Fibrian latifahamandafibrian1717@gmail.com Alimuddin Rizal ariri@edu.unisbank.ac.id <p>Meskipun Lazada saat ini berada di peringkat kedua Top Brand Award, situs e-commerce tersebut telah mengalami penurunan setiap tahunnya. Beberapa aspek yang diperhatikan pelanggan saat menggunakan dan melakukan pembelian menjadi penyebab penurunan ini. Penelitian ini meneliti pengaruh antara kemudahan penggunaan, kepercayaan dan promosi penjualan dalam menentukan minat pembelian ulang. &nbsp;Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang konsumen lazada. Populasi penelitian ini semua pengguna Lazada. Sampel yang digunakan berjumlah 95. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Kuesioner yang disebarkan di media sosial digunakan untuk mengumpulkan data. Metode yang digunakan kuantitatif dan analisis data menggunakan SPSS versi 25, dengan analisis regresi linier berganda. Menurut temuan peneliti, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang, dan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli ulang.</p> 2025-07-07T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2019 Faktor-faktor yang Memengaruhi Audit Report Lag pada Sektor Consumer Cyclicals 2025-07-09T10:51:10+07:00 Brenda Brenda brendaaglee@gmail.com Temy Setiawan setiawantemy@gmail.com Irenius Dwinanto Bimo Irenius.dwinanto@atmajaya.ac.id <p>Studi ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi dampak dari keahlian dan frekuensi pertemuan <em>audit committee</em>, serta reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap <em>audit report lag</em>. Studi ini memanfaatkan data sekunder yang diekstraksi dari laporan keuangan tahunan perusahaan di sektor <em>consumer cyclicals</em> yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2021 hingga 2023. Metode regresi data panel dipakai untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil dari studi ini memperlihatkan keahlian komite audit yang tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap ARL. Sementara itu, frekuensi pertemuan dari komite audit menunjukkan pengaruh negatif signifikan, yang menunjukkan bahwasanya peningkatan frekuensi pertemuan komite audit berhubungan dengan percepatan dalam penerbitan laporan audit. Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) juga memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap keterlambatan laporan audit, yang menunjukkan bahwasanya perusahaan yang diaudit oleh KAP dengan reputasi yang lebih baik cenderung mengalami waktu keterlambatan laporan audit yang lebih singkat.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2026 Peran Product Innovation, Customer Experience Dan Perceived Value Dalam Repurchase Intention Pada Planet Surf Jepara 2025-07-09T10:58:46+07:00 Herta Rachma Amelia hertaamelia11@gmail.com Ali Ali ali.unisnu.ac.id@gmail.com <p>This study aims to examine the role of <em>Product Innovation</em>, <em>Customer Experience</em> and <em>Perceived Value</em> in <em>Repurchase Intention</em> at Planet Surf in Jepara. The population of this study is buyers of Planet Surf products in Jepara. This study uses Quantitative research type. The data source in this study utilizes Primary Data. In this study, the survey stage was implemented through the stage of distributing questionnaires online via Google Form. The sampling technique used in the study was purposive sampling. The number of research samples obtained was 204 respondents. The statistical analysis method in this study was through the application of Partial Least Square (PLS) in SmartPLS Version 4.0. The findings of this study indicate that <em>Product Innovation</em>, <em>Customer Experience</em> and <em>Perceived Value</em> have a positive effect on Repurchase Intention.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2119 Evaluasi Efektivitas Regulasi dalam Monopoli Transportasi Publik: Studi Persepsi Konsumen 2025-07-09T11:11:51+07:00 Andre Wahyudi wahandre1234@gmail.com Rachmawati Ayu Pitaloka wahandre1234@gmail.com Ajie Badayasa wahandre1234@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi konsumen terhadap efektivitas regulasi dalam konteks monopoli transportasi publik oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Monopoli dalam layanan kereta api berdampak pada kualitas, keadilan, dan pengalaman pengguna sebagai penerima langsung layanan publik. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologis, penelitian ini menggali makna subjektif konsumen melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, melibatkan 18 partisipan dari beragam latar belakang di Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Hasil analisis tematik mengungkap empat tema utama: (1) ketergantungan terhadap layanan tanpa alternatif layak, (2) ketimpangan kualitas antar kelas penumpang, (3) lemahnya respons sistem pengaduan, dan (4) ambivalensi emosional terhadap layanan sebagai simbol kebanggaan dan sumber frustrasi. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan regulasi monopoli tidak hanya ditentukan oleh efisiensi teknis, tetapi juga oleh persepsi keadilan, partisipasi konsumen, dan dimensi emosional dalam pelayanan publik. Studi ini memperkuat pendekatan evaluasi kebijakan berbasis pengalaman dan menekankan pentingnya keterlibatan pengguna dalam reformasi layanan monopoli. Implikasi praktis meliputi pengembangan forum konsultatif, perbaikan sistem pengaduan, serta peningkatan layanan kelas ekonomi. Penelitian ini juga membuka ruang eksplorasi lanjutan melalui studi komparatif dan etnografi digital.</p> 2025-07-03T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2036 PENGARUH UPAH MINIMUM KOTA TERHADAP KESEJAHTERAAN PEKERJA SWASTA DI KOTA PALEMBANG ANALISIS PERSPEKTIF EKONOMI MAKRO ISLAM 2025-07-09T11:29:08+07:00 Misla Nurhasanah mislanurhasanah@gmail.com Maratus Solihah msolihah196@gmail.com Maya Panorama mayapanorama_UIN@radenfatah.ac.id <p>Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan kenaikan upah minimum kota terus meningkat dalam kurun waktu lima tahun terakhir, namun pola konsumsi yang baik menjadi salah satu indikasi tolak ukur kesejahteraan pekerja swasta di Indonesia. Beberapa perusahaan tidak mengikuti kebijakan pemerintah dalam menentukan upah minimum kota menyebabkan banyak pekerja mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. Dalam perspektif ekonomi makro Islam, prinsip kesejahteraan mengedepankan keadilan sosial dan pemerataan, hal ini menjadi fokus utama bagi para perusahaan agar dapat memberikan upah pada pekerja swasta yang sesuai dengan upah minimum kota yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah minimum kota terhadap kesejahteraan dan mengevaluasi penerapan prinsip-prinsip ekonomi makro Islam dalam kebijakan upah pekerja swasta di kota Palembang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang solusi berbasis ekonomi Islam yang dapat mengurangi kesenjangan upah serta meningkatkan kualitas hidup pekerja swasta di Indonesia. Dengan menganalisis sistem upah yang ada, penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan pekerja melalui penyesuaian kebijakan yang lebih memperhatikan prinsip-prinsip keadilan ekonomi Islam.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2053 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba Perusahaan Sektor Kesehatan di BEI 2025-07-09T11:42:25+07:00 Zahra Hijra Namira zahrahijranamira1203@gmail.com Nila Tristiarini nila.tristiarini@dsn.dinus.ac.id <table width="574"> <tbody> <tr> <td width="472"> <p>&nbsp;</p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan utama dari penelitian ini yaitu mengkaji dampak likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap kualitas laba pada perusahaan sektor kesehatan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2020 hingga 2023. Latar belakang penelitian ini muncul dari pentingnya kualitas laba sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pemangku kepentingan, khususnya dalam kondisi ekonomi pasca pandemi yang mempengaruhi stabilitas laba perusahaan. Pendekatan penelitian yang diterapkan bersifat kuantitatif dengan metode purposive sampling dan menghasilkan 52 data observasi. Data diperoleh melalui dokumentasi laporan keuangan tahunan yang diakses melalui website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan pengujian asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, ketiga variabel independen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laba. Secara parsial, likuiditas dan ukuran perusahaan terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan profitabilitas tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya perusahaan dengan tingkat likuiditas tinggi dan ukuran besar umumnya memiliki kualitas laba yang relatif rendah, Hal ini memungkinkan terjadi akibat adanya praktik manajemen laba. Di sisi lain, tingkat profitabilitas yang tinggi tidak sertamerta menggambarkan laba yang berkualitas jika tidak dilaporkan dengan pelaporan yang transparan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan bagi manajemen dan investor dalam menilai kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh.</span></span></p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2004 PENGARUH SUSTAINABILITY REPORT DAN DAR TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK YANG DIMODERASI OLEH PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN 2025-07-09T11:49:38+07:00 Nursyafira Rafzanjani firasyaff22@gmail.com Rina Yuliastuty Asmara rinaasmara@ymail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh <em>Sustainability Report</em> dan DAR&nbsp;terhadap Penghindaran Pajak yang dimoderasi oleh Proporsi Komisaris Independen. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2021-2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 23 perusahaan selama kurun waktu 3 tahun, dengan total 69 sampel data yang memenuhi kriteria. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan analisis statistik dalam bentuk uji regresi moderasi dengan perangkat lunak eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan <em>Sustainability Report</em> tidak berpengaruh pada Penghindaran Pajak, dan bahwa Proporsi Komisaris Independen tidak memoderasi <em>Sustainability Report</em> terhadap Penghindaran Pajak, dan DAR memiliki pengaruh negatif pada penghindaran pajak, lalu Proporsi Komisaris Independen memperkuat dampak negatif DAR&nbsp;terhadap Penghindaran Pajak.</p> 2025-07-05T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2180 Analisis Produk Halal Dalam Ekonomi Syariah Global 2025-07-09T12:29:44+07:00 Reza Arviciena Sakti reza.arviciena@unizar.ac.id Abdul Basit abdulbasit@unizar.ac.id Yudhi Kurniawan Zahari yudhi.kurniawan@unizar.ac.id I Putu Septian Adi Prayuda adi.prayuda@unizar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika, tantangan, dan peluang produk halal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah global. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengintegrasikan empat teori utama: Teori Inovasi, Teori Ekonomi Syariah, Teori <em>Diffusion of Innovation</em>, serta Triple <em>Bottom Line</em> dan Nilai Keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk halal, penerapan prinsip halal dan <em>thayyib</em>, strategi difusi inovasi yang efektif, serta komitmen pada keberlanjutan sosial dan lingkungan, menjadi faktor kunci dalam meningkatkan daya saing produk halal di pasar internasional. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi inovasi, etika syariah, dan keberlanjutan untuk menjadikan produk halal sebagai standar kualitas global yang inklusif.</p> 2025-07-09T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2179 Pengaruh PMA, PMDN, Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap PDRB 2025-07-12T20:26:26+07:00 Riza Safitri rizasafitri1408@gmail.com Deky Aji Suseno dekyajisuseno@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara Penanaman Modal Asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Pengeluaran Pemerintah, dan Tenaga Kerja terhadap PDRB &nbsp;. Metode penelitiannya menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMDN dan Tenaga Kerja berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto , sedangkan PMA dan Pengeluaran Pemerintah tidak berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto. PMDN dan Tenaga Kerja berperan penting dalam mendorong perkembangan ekonomi karena lebih sesuai dengan kebutuhan pasar domestik dan memiliki keterkaitan erat dengan struktur ekonomi lokal. Sementara itu, meskipun secara teoritis pengeluaran pemerintah dapat menjadi pendorong Produk Domestik Regional Bruto Bruto.</p> 2025-07-12T20:26:26+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2165 Optimasi Kinerja Operasional Terminal Petikemas Berdasarkan Handling Capacity (Studi Kasus Terminal Petikemas Koja Tanjung Priok) 2025-07-13T22:18:22+07:00 Paulus Cahyandaru pauluscahyandaru@apps.ipb.ac.id Budhi Hascaryo Iskandar budhihascaryo@apps.ipb.ac.id Irman Hermadi irmanhermadi@apps.ipb.ac.id Safuan Safuan safuan@esaunggul.ac.id <p>Pelabuhan merupakan simpul penting dalam sistem logistik nasional. Namun, kinerja operasional pelabuhan di Indonesia masih belum optimal, yang berdampak pada tingginya biaya logistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja operasional Terminal Petikemas Koja di Pelabuhan Tanjung Priok dengan pendekatan handling capacity. Fokus utama penelitian adalah pelayanan kapal, khususnya kecepatan bongkar muat yang dipengaruhi oleh penggunaan alat bongkar muat seperti <em>Quay Container Crane (QCC), Rubber Tyred Gantry Crane (RTG), </em>dan<em> Head Truck(HT).</em> Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data operasional dari <em>Terminal Operation System</em> selama periode 2020–2024, dan dilakukan simulasi regresi linear berganda serta optimasi menggunakan metode linear programming untuk menentukan komposisi alat yang paling efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi optimal untuk mencapai <em>Vessel Operating Rate (VOR)</em> tertinggi adalah 5 QCC, 17 RTG, dan 42 HT. Model regresi yang dihasilkan menunjukkan bahwa peningkatan VOR berkontribusi signifikan dalam menurunkan waktu kerja dermaga (<em>Berth Working Time</em>/BWT), yang berdampak langsung pada pengurangan biaya tambat kapal. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengelolaan fasilitas terminal secara optimal demi mendukung efisiensi logistik nasional.</p> 2025-07-13T22:18:21+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2185 Strategi Usaha Rumah Makan Cahaya Minang Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Di Kabupaten Wakatobi 2025-07-19T00:36:04+07:00 Nur Mala S nurmalastaiwakatobi@gmail.com La Ode Aslan laodeaslansatiwakatobi@gmail.com Mansur Tanjung Tanjungmansur@yahoo.co.id Mhd Shafwan Koto mhd.shafwankoto@gmail.com <p>Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Strategi rumah makan cahaya minang dalam menarik minat konsumen di Kabupaten Wakatobi (2) Untuk mengetahui persaingan usaha rumah makan Cahaya Minang di kabupaten Wakatobi (3) Untuk mengetahui strategi usaha rumah makan cahaya minang dalam menghadapi persaingan usaha di kabupaten Wakatobi Menurut Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode <em>(field research)</em> yaitu penelitian yang berlangsung berhubungan dengan obyek yang diteliti. Dalam hal ini analisa data yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kulitatif, yaitu analisa yang menggambarkan keadaan amu status fenomena dengan kata-kata atau kalimat, kemudian dipssahkan menurut kategorinya untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Rumah Makan Cahaya Minang meliputi strategi (marketing mix) pelayanan, produk, harga, dan promosi. Strategi pelayanan dilakukan dengan mengutamakan keramahan, ketepatan penyajian makanan, dan kenyamanan tempat. Strategi produk difokuskan pada keaslian cita rasa Minang dan konsistensi kualitas makanan. Strategi harga disesuaikan dengan daya beli masyarakat lokal dan wisatawan tanpa mengurangi kualitas. Strategi promosi dilakukan secara sederhana, seperti promosi dari mulut ke mulut dan penggunaan media sosial. Rumah Makan Cahaya Minang menerapkan strategi pelayanan yang baik, menjaga kualitas rasa makanan, harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis untuk menarik konsumen. Dalam menghadapi persaingan, rumah makan ini tetap menjaga etika bisnis sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah, seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab dalam menjalankan usahanya.</p> 2025-07-14T09:49:16+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2146 Does E-Government Maturity Enhance Transparency and Public Accountability in Local Government Finance? (An Empirical Study on Regency Governments in Indonesia 2020–2022 2025-07-14T13:57:13+07:00 Wiwin Juliyanti wiwin@unipma.ac.id Rollis Ayu Ditasari rolisayu@unipma.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh determinan teknologi terhadap akuntabilitas publik pemerintah daerah di Indonesia, dengan mempertimbangkan variabel seperti e-Government maturity, aksesibilitas situs web, visibilitas media, dan pengadaan elektronik. Menggunakan pendekatan kuantitatif, studi ini menganalisis data sekunder dari laporan keuangan pemerintah daerah pada tahun 2020–2022 dengan metode regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengembangan teknologi, aksesibilitas situs web, dan visibilitas media memiliki pengaruh signifikan terhadap akuntabilitas publik, sedangkan jaringan telekomunikasi, akses internet, e-Government, dan pengadaan elektronik tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun beberapa faktor teknologi, seperti aksesibilitas situs web dan eksposur media, berperan penting dalam memperkuat akuntabilitas publik, aspek lain seperti e-Government dan e-procurement masih memerlukan penguatan agar dapat memberikan dampak yang lebih berarti. Hal ini menekankan pentingnya strategi optimalisasi implementasi teknologi oleh pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik. Keterbatasan dalam penelitian ini terletak pada pengukuran e-Government yang hanya didasarkan pada program Smart City, tanpa mempertimbangkan dimensi lain seperti integrasi sistem, keterbukaan data, dan adopsi teknologi oleh publik. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi pemerintah daerah dengan menawarkan wawasan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas melalui optimalisasi teknologi, serta merekomendasikan penelitian selanjutnya untuk memperluas cakupan data, menambahkan variabel kesiapan teknologi, dan menggunakan metode pengukuran yang lebih komprehensif guna meningkatkan validitas temuan penelitian..</p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-14T13:57:13+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2184 INOVASI PRODUK SEBAGAI MEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM 2025-07-17T10:20:15+07:00 Sri Rahayu srirahay.ahmad80@gmail.com Darman Syafe’i darmansyafeiunbara@gmail.com Dahlia Dahlia Dahlia2dat@gmail.com Hilmi Wiranata wiranata@gmail.com Palupi Indah Sari saripalupiindah@gmail.com <p><em>The success of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in maintaining business sustainability largely depends on their ability to develop innovative strategies rooted in market orientation and entrepreneurial orientation. In South Sumatra, MSMEs are required to produce superior products with high competitiveness in order to survive in a dynamic and competitive market. This study aims to analyze the influence of market orientation and entrepreneurial orientation on product innovation; analyze the influence of market orientation, entrepreneurial orientation, and product innovation on MSME performance; and examine the mediating role of product innovation in the relationship between market orientation and entrepreneurial orientation on MSME performance in South Sumatra. This research employed a quantitative approach using a survey method. Data were collected through Google Forms from 100 MSME respondents across five cities in South Sumatra. Data were analyzed using multiple linear regression with the assistance of SPSS version 26. Hypothesis testing was conducted through t-tests, F-tests, and the measurement of the coefficient of determination (R²). The results show that market orientation and entrepreneurial orientation have a positive and significant influence on product innovation, with an F-value of 912.447 and R² of 0.950. Both market orientation and entrepreneurial orientation also significantly affect MSME performance, with an F-value of 708.659 and R² of 0.936. Furthermore, product innovation has a very significant impact on MSME performance, with an R² of 0.989. Product innovation also acts as a mediator that strengthens the influence of market orientation and entrepreneurial orientation on MSME performance. Market orientation and entrepreneurial orientation play a crucial role in driving product innovation, which in turn significantly impacts MSME performance. Product innovation is proven to be a strong mediating variable in this relationship. The practical implication of these findings is the need to strengthen strategic and innovative aspects to enhance the competitiveness and sustainability of MSMEs in South Sumatra.</em></p> 2025-07-17T10:20:15+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2147 Pengaruh Tax Avoidance dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan dengan Moderasi Good Corporate Governance pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia 2025-07-17T11:58:31+07:00 Zulia Hanum zuliahanum@umsu.ac.id Balqis Fairuz Zahra balqisfzzhr09@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Tax Avoidance dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan dengan Moderasi <em>Good Corporate Governance</em> pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan selama lima tahun dan sebanyak sepuluh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis, koefisien determinasi dan <em>Moderated Regression Analysis</em>. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial <em>Tax Avoidance</em> tidak berpengaruh terhadap <em>firm valu</em>e, <em>Invesment Opportunity Set</em> berpengaruh signifikan terhadap firm value, serta secara tidak langsung <em>Good Corporate Governance</em> tidak mampu memoderasi pengaruh <em>Tax Avoidance</em> Dan <em>Invesment Oppotunity Set</em> terhadap <em>firm value</em> pada perusahaan makanan dan minuman terdaftar di Bursa Efek Indonesia.</p> 2025-07-17T11:56:56+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2175 Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Likuiditas, dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2021-2023 2025-07-19T00:34:39+07:00 Sinta Dewi Norhaliza sintadewinorhaliza11@gmail.com Rachyu Purbowati rachyupurbowati@yahoo.co.id <p>Penelitian&nbsp;ini bertujuan&nbsp;untuk &nbsp;menjelaskan Inflasi, suku &nbsp;bunga, likuiditas dan nilai tukar berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023.&nbsp;Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 34 perusahaan dipilih melalui purposive sampling. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan melalui pengumpulan data dengan data sekunder. Analisa data dengan menggunakan metode statistik Regresi Linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inflasi tidak berpengaruh terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan.&nbsp;2) Suku bunga tidak berpengaruh terhadap return saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan. 3) Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap return saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan. 4) Nilai tukar tidak berpengaruh terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan</p> 2025-07-19T00:34:39+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2187 PENGARUH KOMITMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SIBOLGA SAMBAS KOTA SIBOLGA 2025-07-19T15:56:37+07:00 Lukman Hakim Hutagalung lukmanhakimhutagalung@gmail.com Alfansuri Tanjung alfansuritanjung85@gmail.com Heriyawan Hutagalung heriyawanhutagalung@gmail.com Nova Zulfani Panggabean novazulfani@gmail.com Heni Wardina henilazti@gmail.com Sucipto Sucipto suciptoalfaqih@yahoo.co.id <p>Penelitian ini adalah Pengaruh Komitmen Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komitmen Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 82 pegawai pada Kantor Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga. Hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan analisa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,568 hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat Kinerja Pegawai (Variabel Y) 56,8% ditentukan oleh variabel bebas Komitmen (Variabel X) dan sisanya sebesar 43,2% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Orientasi Kerja sebesar 10,257, lebih besar dari t tabel sebesar 1,664 (10,257 &gt; 1,664), maka variabel Komitmen (X) berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai (Y) pada Kantor Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga, berarti Ho ditolak, Ha diterima dan signifikansi 0.000 &lt; 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan Komitmen berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sibolga Sambas Kota Sibolga dapat diterima.</p> 2025-07-19T15:56:37+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2206 Isu-isu Terkini dan Baru dalam Keuangan dan Akuntansi 2025-08-11T10:42:09+07:00 Handayani Tri Wijayanti yanidiawan@gmail.com Diana Airawaty diana@mercubuana-yogya.ac.id <p>Ruang baris yang digunakan adalah tunggal untuk memastikan keterbacaan yang baik dan penyajian informasi yang efisien. Ditulis dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif isu-isu paling kritis dan terkini yang membentuk lanskap keuangan dan akuntansi kontemporer. Dengan mensintesis temuan dari literatur akademis dan laporan industri terkini, diskusi ini mengeksplorasi inovasi teknologi utama, perubahan signifikan dalam regulasi dan standar pelaporan, serta peran dan tantangan yang terus berkembang yang dihadapi para profesional akuntansi. Tujuannya adalah untuk menawarkan pemahaman berlapis tentang perkembangan penting ini, menyoroti saling ketergantungan dan implikasi yang lebih luas bagi lintasan profesi di masa depan. Hasil analisis komprehensif ini mengungkapkan bahwa kekuatan-kekuatan ini tidak berdiri sendiri, tetapi secara kolektif membentuk kembali fondasi dan lintasan masa depan industri ini.</p> 2025-08-11T10:42:09+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2213 The Representation of Sharia Values of BSI Tiktok Educational Videos in Maqasid Sharia Index Perspective 2025-08-15T02:29:27+07:00 Tia Mardiana Indah mardianaindahtia@gmail.com Muhammad Syahbudi bode.aries@uinsu.ac.id <p>This study examines the representation of sharia values in the educational video content of Bank Shariah Indonesia (BSI) on the TikTok platform, an increasingly influential medium for Islamic banking communication in the digital era. Using the Ash-Syatibi-based <em>Maqasid</em> Shariah Index (MSI) as an evaluation framework, 55 educational videos uploaded between January and December 2024 were analyzed through qualitative content analysis. Each video was assessed across the five MSI dimensions—<em>hifz al-din</em>, <em>hifz al-nafs</em>, <em>hifz al-aql</em>, <em>hifz al-nasl</em>, and <em>hifz al-mal</em>—using a 25-indicator rubric. The results show an overall MSI score of 2.695 (medium category), with <em>hifz al-aql</em> scoring the highest (3.30) and <em>hifz al-nasl</em> the lowest (2.44). These findings indicate that BSI has integrated sharia values fairly well into its digital communication strategy, although improvements are needed in content that supports family-related financial planning. This study contributes to the literature on Islamic banking communication by offering a systematic measurement model for evaluating sharia value representation in short-form social media content, and provides practical recommendations for enhancing sharia compliance in digital outreach.</p> 2025-08-15T02:24:41+07:00 ##submission.copyrightStatement##