Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya <p>Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) adalah kumpulan karya ilmiah tentang ekonomi dengan ruang lingkup antara lain : 1. Ekonomi Syariah 2. Ekonomi Makro 3. Ekonomi Pembangunan 4. Perbankan 5. keuangan dan Pasar Modal 6. Ekonomi International 7. Perdagangan dan Ekonomi International 8. Ekonomi Keuangan Berbasis Syariah. 9 dan lain lain</p> <p>Jurnal Jesya dikelola Oleh LPPM&nbsp; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga&nbsp;</p> <p><strong>Prosedur Submit Paper<br></strong>Para Periset / Penulis yang akan submit di jurnal Jesya diwajibkan untuk mengikuti ketentuan berikut:<br>1. Naskah sudah disesuaikan dengan <a href="https://drive.google.com/file/d/1oTAKDS5x7d22HiNQNUuTCU-RZX2fsNuu/view">template<br></a>2. Mengirimkan hasil plagiarism check yang dapat diunggah di <strong>form discussion pada OJS</strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1oTAKDS5x7d22HiNQNUuTCU-RZX2fsNuu/view"><br></a>3. Mengikuti durasi peer review paling lama 30 hari setelah submit<br>4. Tidak melakukan double submission di jurnal yang lain sebelum ada keputusan dari editor<br>5. Mencantumkan alamat email saat mengisi form author dengan baik dan benar. hal ini perlu untuk menghindari komunikasi yang komprehensif</p> <p>&nbsp;</p> <div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: -6px; top: -12px;">&nbsp;</div> en-US jesya@stiealwashliyahsibolga.ac.id (Kaharuddin) choir.harahap@yahoo.com (Muhammad Khoiruddin Harahap) Sat, 17 Feb 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Persepsi Nasabah KPR Sejahtera Tapak pada PT Bank NTB Syariah pada Kantor Cabang Pejanggik https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1570 <p>Bank NTB Syariah sebagaisalah satu perbankan syariahberperan penting dalam menyediakan fasilitas pembelian rumah melalui pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang disebut dengan KPR Sejahtera tapak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi nasabah tentang tingkat margin, uang muka dan biaya administrasi pembiayaan KPR Sejahtera Tapak pada Bank NTB Syariah Kantor Cabang Pejanggik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan nasabah dan pejabat pemangku kebijakan pada layanan pembiayaan tersebut. Hasil penelitian ditemukan bahwa besaran margin yang ditetapkan sebesar 5% pada produk tersebut masih dirasa berat oleh nasabah, demikian pula besaran uang muka, akan tetapi untuk uang muka ini pihak bank memberikan keringanan negosiasi selama uang muka yang diminta nasabah sesuai SOP Bank. Adapun biaya administrasi yang dibebankan oleh nasabah sudah sesuai dengan SOP produk tersebut.</p> Siti Khairunnas, Muh. Salahuddin, Muhamad Yusup, Fachrozi Fachrozi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1570 Tue, 27 Feb 2024 21:57:43 +0700 Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Membeli Air Minum dalam Kemasan Merk Lam-Lam pada Masyarakat Kota Bima https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1590 <p>The aim of this research is to analyze the influence of online and offline advertising media on decision making to purchase Lam-Lam brand bottled drinking water among the people of Bima City. The research population was all buyers of Lam-Lama mineral drinking water in Bima City, and 53 consumers were used as research samples. The research instrument was a questionnaire using a Likert scale, and the data was analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The research results show that the use of online advertising media has a positive and significant influence on the decision of buyers of the Lam-Lam brand of mineral water in Bima City. The use of offline advertising media has a positive and significant effect on the decision of buyers of the Lam-Lam brand of mineral water. The use of online and offline advertising media has a simultaneous and significant influence on the decisions of buyers of Lam-Lam mineral water. The implication of this research is that companies can continuously carry out marketing activities online and offline in a balanced manner so that the product image is increasingly trusted by consumers.</p> Hadi Nurjoko, Nyoman Nugraha Ardana Putra, Benny Agus Pribadi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1590 Wed, 24 Apr 2024 17:23:42 +0700 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan QWL Terhadap OCB Studi Karyawan PT Herculon Carpet Semarang https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1468 <p>SDM adalah komponen penting tercapainya keberhasilan perusahaan. Sehingga karyawan menjadi peran penting dalam mempertahankan persaingan perusahaan satu dengan yang lain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan <em>Quality of Work Life</em> terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior </em>pada karyawan PT Herculon Carpet Semarang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang didapatkan adalah karyawan PT Herculon Carpet Semarang. Sampel penelitian yang digunakan sebesar 103 responden dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Hasil data penelitian merupakan data primer yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 23. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemimpinan Transformasional tidak berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan melihat nilai Sig 0,386 &gt; 0,05. <em>Quality of Work Life </em>berpengaruh positif terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior </em>dengan nilai Sig 0,000 &lt; 0,05<em>. </em>&nbsp;&nbsp;</p> Nurul Ramadhani, Suhana Suhana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1468 Thu, 11 Jan 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAK TERHADAP NIAT BELI ULANG (STUDI PADA KONSUMEN PENGGUNA IPHONE DI KOTA SALATIGA) https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1531 <table width="574"> <tbody> <tr> <td width="472"> <p>Riset ini mengungkap efek signifikan kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan klien, yang bisa memengaruhi niat mereka untuk membeli ulang. Populasi di Kota Salatiga berjumlah 100 orang pengguna iPhone, dan sampel berjumlah 100 responden yang diambil dengan memanfaatkan teknik <em>purposive sampling</em>. Metodologi yang dimanfaatkan ialah kuantitatif, yaitu pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Data diolah dengan memanfaatkan software SPSS 25. Riset ini memakai berbagai alat uji yaitu pengujian instrumen, pengujian model, dan analisis regresi linier berganda. Temuan uji hipotesis memperlihatkan ada korelasi menguntungkan antara mutu produk dengan kepuasan konsumen. Di samping itu, ada korelasi positif antara persepsi harga dan kepuasan klien. Di samping itu, kepuasan klien mempunyai efek positif pada niat membeli berulang. Hal ini menyiratkan bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang unggul, dan gagasan tentang harga yang lebih tinggi sejalan dengan kualitasnya, sehingga berdampak pada kepuasan konsumen, serta kepuasan konsumen menjadi point penting teciptanya niat ulang pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> Shafa Firmansyah, Endang Tjahyaningsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1531 Mon, 15 Jan 2024 00:48:18 +0700 Fungsi Sosial Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Sebagai Penggerak Utama Pembangunan Ekonomi Desa https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1553 <p>Penelitian ini meneliti peran signifikan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, dalam mendukung pembangunan ekonomi lokal dan pembangunan keuangan desa. Dengan landasan filosofi Tri Hita Karana, LPD ini bukan hanya sebagai lembaga keuangan, melainkan juga sebagai entitas yang menjaga keberlanjutan budaya dan keseimbangan dalam masyarakatnya. Melalui studi kualitatif dengan wawancara terhadap krama adat dan pegawai LPD, penelitian ini mengidentifikasi produk unggulan LPD, seperti "Deposito Berjangka" dan "Tabungan Sehat," yang tidak hanya memberikan solusi keuangan inovatif, tetapi juga mendukung pelestarian kegiatan adat dan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPD Desa Adat Tista berhasil menjalankan perannya dalam konteks sosial, ekonomi, dan budaya sesuai dengan prinsip Tri Hita Karana. Disarankan untuk pengembangan ke depan, LPD perlu terus mengembangkan inovasi produk keuangan, dan penelitian lebih lanjut dapat difokuskan pada analisis dampak sosial dan ekonomi produk unggulan LPD serta penerapan nilai-nilai Tri Hita Karana dalam dinamika masyarakat lokal.</p> Made Putri Ariasih, I Nengah Suarmanayasa ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1553 Thu, 01 Feb 2024 13:28:53 +0700 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DI SHOPEE EXPRESS TEMBALANG HUB https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1551 <p>Semakin berkembangnya jasa pengiriman pada saat ini, perusahaan harus selalu melakukan banyak hal untuk mempertahankan karyawan adalah hal yang perlu diamati oleh perusahaan. Sehingga dalam menerapkan strategi untuk mempertahankan karyawan perlu diamati beberapa faktor yang mempengaruhi niat berpindah karyawan ini meningkat atau menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan kepuasan kerja terhadap <em>turnover intention</em> (niat berpindah) di Shopee Express Tembalang Hub. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan pada pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap <em>turnover intention</em>, budaya organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap <em>turnover intention</em> dan kepusan kerja tidak berpengaruh terhadap <em>turnover intention</em>.</p> Helmi Attallah, Sri Isnowati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1551 Thu, 01 Feb 2024 13:43:57 +0700 PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1532 <table width="574"> <tbody> <tr> <td width="472"> <p>Teknologi internet meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk melakukan pembelian secara online, peluang baru dalam pemasaran digital sangat dipengaruhi oleh internet dan media social. Konsumen lebih mencari produk dan layanan secara online karena mereka menjadi lebih terhubung dengan internet. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh <em>influencer marketing</em> dan <em>online customer revie</em>w terhadap <em>purchase intention</em> pada pengguna kosmetik Maybelline di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel yang diambil adalah 100 responden dengan teknik <em>purposive sampling</em> yang memiliki kriteria orang-orang yang pernah menggunakan <em>e-commerce</em>, serta pernah menggunakan produk kosmetik Maybelline. Penelitian ini diolah menggunakan SPSS, dengan metode pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa <em>influencer marketing</em> dan <em>online customer review</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>purchase intention</em> konsumen pada produk kosmetik Maybelline.</p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> Annissa Ganda Sari, Ajeng Aquinia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1532 Mon, 15 Jan 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada PT Zuper Indonesia Digital ) https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1446 <p>Sumber daya manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, dan karya ( rasio, rasa, dan karsa ). Semua potensi SDM berpengaruh terhadap upaya organisasi dalam mencapai tujuan. Berkembangnya teknologi, perkembangan informasi, tersedianya modal dan memadainya bahan, jika tanpa SDM sulit bagi organisasi itu untuk mencapai tujuannya Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan yang dilakukan di PT Zuper Indonesia. Jumlah sampel yang digunkaan dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan teknik <em>random sampling</em>. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adaalah kuesioner. Data analisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) motivasi kerja&nbsp; berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan (3) kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> <p>&nbsp;</p> Akhfa Mahardika Rovizanti, Tristiana Rijanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1446 Mon, 19 Feb 2024 04:29:14 +0700 APAKAH PELANGGAN KASAR MENDORONG PENGUNDURAN DIRI KARYAWAN? PERAN STRES KERJA SEBAGAI PEMEDIASI https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1482 <p>Studi ini menyelidiki bagaimana perilaku pelanggan kasar&nbsp; berdampak stres hingga pengunduran diri karyawan garis depan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 162 karyawan garis depan di beberapa usaha atau toko di Semarang. Penelitian ini akan menguji validitas metode Partial Least Square (PPLS). Menggunakan metode Structural Equation Modelling (SSEM). Berdasarkan hasil analisis&nbsp; disimpulkan&nbsp; bahwa&nbsp; perilaku pelanggan kasar berdampak stres hingga mengakibatkan pengunduran diri pada karyawan garis depan.</p> Ratih Ayu Puspitasari, Harmanda Berima Putra ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1482 Mon, 19 Feb 2024 04:29:26 +0700 Pengaruh Keragaman Produk, Brand Ambassador, Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Niat Beli Ulang (Studi Pada Pembelian Produk 3Second Di Semarang) https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1533 <table width="574"> <tbody> <tr> <td width="472"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk (X1), brand ambassador (X2), dan persepsi harga (X3) terhadap kepuasan (Y1) dan dampak pada niat beli ulang (Y2) produk 3Second dikota semarang. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif. Sumber data yang menggunakan kueisoner via google form terhadap 100 responden dengan metodologi purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda menggunakan pengolahan data berbasis statistik yakni SPSS. Populasi dalam riset ini yaitu calon konsumen dan konsumen yang berkeinginan membeli produk 3Second. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keragaman produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan, brand ambassador mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kepuasan, persepsi harga mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan mempunyai efek positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Simpulan, bahwa semakin baik brand ambassador yang diberikan maka kepuasan akan semakin meningkat, semakin baik persepsi harga yang diberikan maka kepuasan akan semakin meningkat. Sama halnya dengan kepuasan, bahwa semakin tinggi&nbsp; tingkat kepuasan yang didapatkan maka niat beli ulang semakin meningkat.</p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> Sofita Syahla Naura, Endang Tjahjaningsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1533 Mon, 19 Feb 2024 04:29:37 +0700 PENGARUH MOTIVASI, KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DPUPR KABUPATEN KENDAL https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1549 <table width="574"> <tbody> <tr> <td width="472"> <p>Penelitian&nbsp; ini&nbsp; bertujuan&nbsp; untuk&nbsp; menganalisis pengaruh motivasi, kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja pegawai. Penelitian&nbsp; ini dilakukan&nbsp; di&nbsp; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang&nbsp; berada&nbsp; di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Responden dalam penelitian banyaknya 80 orang&nbsp; yang merupakan pegawai kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kabupaten Kendal. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan empat variabel, yaitu motivasi, kepemimpinan, kompetensi dan kinerja pegawai. Uji&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; dalam&nbsp; penelitian ini&nbsp; meliputi uji&nbsp; validitas CFA,&nbsp; uji&nbsp; reliabilitas,&nbsp; uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), uji F dan uji hipotesis. Hasil penelitian&nbsp;&nbsp; menunjukkan&nbsp; bahwa&nbsp; motivasi berpengaruh positif dan&nbsp; signifikan&nbsp; terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dan kompetensi berpengaruh&nbsp; positif&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; signifikan&nbsp; terhadap kinerja pegawai.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Cecilia Dian Sulistyoningsih, Lie Liana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1549 Mon, 19 Feb 2024 04:29:47 +0700 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1559 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional, Motivasi Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan. Objek penelitian ini adalah PT. Sampharindo Perdana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>&nbsp;dengan jumlah responden 147 orang. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji Validitas, uji Realibilitas. Adapun hasil penelitiannya adalah : (1) Gaya Kepemimpinan Transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, (3) Komitmen organisasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan</p> Rifqi Sakti Adinata, Askar Yunianto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1559 Mon, 19 Feb 2024 04:29:57 +0700 Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1563 <p>This research is to determine the influence of the work environment, work discipline and job satisfaction on employee performance (Study at the Population and Civil Registration Service). The type of data used is primary. With a population of 124 employees, 95 respondents were obtained after applying the purposive sampling method with the Solvin formula, with an assessment using a Likert scale. The data analysis technique uses Multiple Linear Regression. From the results of hypothesis testing on employee performance, it is known that the work environment and work discipline have a positive effect on employee performance, while job satisfaction has no effect on employee performance. The coefficient of determination (R Square) is 0.758, which means that 75.8% of the variation of all independent variables (work environment, work discipline, and job satisfaction) can explain the dependent variable (employee performance), while the remaining 24.2% is explained by the variable free and not included in this study.</p> Nikmatul Choeroh, Sri Nawatmi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1563 Mon, 19 Feb 2024 04:30:08 +0700 PELUANG, TANTANGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SYARIAH BERBASIS EKONOMI KOMUNITAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN DI DESA TETEBATU KECAMATAN SIKUR LOMBOK TIMUR https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1571 <p>Pariwisata halal telah menjadi tren dalam ekonomi global untuk produk makanan, minuman, keuangan, dan gaya hidup. Salah satu pariwisata halal di NTB yaitu Tetebatu di wilayah Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Namun, potensi pariwisata syariah belum dioptimalkan sehingga kurangnya wisatawan lokal berkunjung ke Desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah Berbasis Ekonomi Komunitas Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan. Pendekatan yang digunakan yakni penelitian kualitatif yang mendeskripsikan objek, fenomena, setting sosial penelitian sesuai fakta dilapangan. Sumber data yakni data primer dan sekunder. Instrumen penelitian peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.&nbsp; Teknik analisis data redukasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data triangulasi, deduktif dan penilaian teman sejawat. Hasil penelitian, peluang pengembangan pariwisata syariah; a) Objek wisata sebagai tempat belajar, b) menciptakan kesempatan kerja, c) banyaknya wisatawan yang berkunjung,d) berkembangnya penggiat pariwisata syariah,e) berkembangnya digitalisasi wisata syariah, f) memfasilitasi kebutuhan wisatawan dan memberikan profit daerah wisata. Tantangan pengembangan pariwisata syariah; a) Persaingan daya tarik dan infrastruktur pariwisata syariah, b) minimnya pengetahuan masyarakat tenang pariwisata syariah, c) keterbatasan modal dalam pengembangan, d) wisatawan tidak mengikuti arahan di tempat wisata. Strategi pengembangan pariwisata syariah; a) Memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik, b) meningkatkan ciri khas dari daerah wisata, c) mengembangkan koneksi wisata halal, d) mengembangkan promosi dan marketing, e) melakukan pemasaran wisata berdasarkan tujuan asal, waktu, serta preferensi dari pasar travel muslim</p> Baiq Ratih Suryaningsih, Baiq Elbadriati, Baiq Ratna Mulhimmah, Muh. Azkar ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1571 Tue, 27 Feb 2024 21:52:18 +0700 KONDISI MAKROEKONOMI DAN GRANGER CAUSALITY SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT MARTINA BERTO TBK DAN PT MUSTIKA RATU TBK https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1556 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk&nbsp; mengkaji dampak kondisi makroekonomi yang diukur dengan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap profitabilitas pada perusahaan PT Martina Berto TBK (MBOT) dan PT Mustika Ratu TBK (MRAT) Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis d menggunakan regresi linier berganda menggunakan <em>generalized least square</em> (GLS), Granger Causality test, dan Compare Mean antara PT Martina Berto&nbsp; TBK (MBOT) dan PT Mustika Ratu TBK (MRAT). &nbsp;Faktor yang berpengaruh terhadap profitabilitas yang diukur dengan <em>return on asset</em> (ROA) pada PT Martina Berto Berta (MBOT) dan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) adalah solvabilitas yang diukur dengan debt to equity ratio (DER) dan pertumbuhan ekonomi yang diukur dengan produk domestik bruto (PDB) periode 2006 – 2022. Sedangkan tingkat inflasi tidak mempengaruhi profitabilitas.</p> Sunita Dasman, Fajar Ridho, Devy Mawarnie, Widiastuti Widiastuti, Tringudi Wiyatno ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1556 Wed, 28 Feb 2024 12:18:10 +0700 The Link Between Green Human Resource Management and Environmental Performance through Green Innovation Practices: A Mini Literature Review During Year 2019-2023 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1581 <p>This article emphasizes the significance of incorporating green innovation and green human resource management (GHRM) practices in organizations to achieve long-term sustainability and environmental goals. It presents a summary of twenty peer-reviewed journal articles on green environmental performance, green innovation practices, and GHRM. The findings indicate that proactive environmental strategies, such as pollution reduction and sustainable development, have a positive impact on environmental performance. Improving sustainability and environmental performance requires green innovation. Green innovation is the process and product innovation achieved via improved production techniques and product design. Organizations should prioritize environmental friendliness and sustainability because both developed and developing countries face numerous pressing problems. Both higher management and academia will be impacted by the study. The results will assist company management in developing a green innovation process and product culture.The article also highlights the need for further research on the relationship between green innovation, GHRM, and sustainable performance in different contexts and industries.</p> Theresia Marditama, Mohd Yusoff Yusliza, Albert Kurniawan Purnomo ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1581 Wed, 24 Apr 2024 17:44:19 +0700