Kecenderungan Pembelian Impulsif Ditinjau dari Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Pengunjung Malioboro Mall Yogyakarta)

  • Dimas Pratomo UIN Raden Intan Lampung
  • Liya Ermawati UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Saat ini kebutuhan masyarakat semakin kompleks dan beragam. Sehingga seringkali masyarakat dalam berbelanja dilakukan secara spontan karena berbagai variasi produk yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kecenderungan masyarakat provinsi DIY sebagai pengunjung Mall Malioboro dalam melakukan pembelian secara impulsif berdasarkan tipe pembelian impulsif dan menganalisis bagaimana tipe pembelian impulsif tersebut dalam pandangan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis uji pra survey berupa : Uji validitas, uji reliabilitas dan analisis frekuensi untuk menjelaskan hasil rata-rata jawaban dari para responden. Hasil dari penelitian ini adalah pengunjung Mall Malioboro Yogyakarta cenderung melakukan pembelian impulsif dengan tipe Pure Impulse dengan presentase sebesar 44% dan terdapat setidaknya tiga tipe pembelian impulsif yang tidak bertentangan dengan prinsip konsumsi Islami, yaitu Suggestion Impulse, Reminder Impulse, Planned Impulse.

     Plum Analytic Metrics

Published
2019-05-23
How to Cite
Pratomo, D., & Ermawati, L. (2019). Kecenderungan Pembelian Impulsif Ditinjau dari Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Pengunjung Malioboro Mall Yogyakarta). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 240-252. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.103

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.