Pengaruh Mutu Produk Pengetahuan Konsumen, Terhadap Proses Keputusan Financing Murababah Bank Islam serta Dampaknya terhadap Kepuasan Sebuah Survey di Bandung

  • Rizkha Afriani Universitas Prima Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, dan Bandung menjadi salah satu provinsi yang terdapat penduduk muslim yang terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mutu produk dan pengetahuan Islamic Bank pada akad murabahah terhadan keputusan financing serta dampaknya terhadap kepuasan masyarakat muslim yang ada di kota bandung. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 177 orang responden mengunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda dan regresi sederhana yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Pada pengujian regresi linear berganda data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan analisis bahwa faktor mutu produk, pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap proses Keputusan Pembelian. Sedangkan pada regresi sederhana menghasilkan analisis bahwa keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Keywords: Mutu Produk, Pengetahuan konsumen, proses Keputusan Pembelian, Murabahah Islamic Banking, Kepuasan

References

Ackaradejruangsr, Pajaree 2013 , The effect of product quality attributes on Thai consumers’ buying decisions Ritsumeikan Journal of Asia Pacific Studies Volume 33, 2013
Agung Purwo Atmojo (Skripsi 2010) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada BNI Syariah Cabang Semarang)

Anber Abraheem Shlash Mohammad, Shireen Yaseen Mohammad Alhamadani (2011) Service Quality Perspectives and Customer Satisfaction inCommercial Banks Working in Jordan

Anshori, Abdul Ghofur, 2009. Perbankan Syariah di Indonesia, Gajah Mada University Press, Yokyakarta.

Diawati, Prety, 2012, Pengaruh Motivasi Dan PengetahuanKonsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Survei Pada Nasabah Pt.Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Bandung)

Durmaz Yakup &Sebastian Jablonsk (2012) Integrated Approach to Factors Affecting Consumers PurchaseBehavior in Poland and an Empirical Study Global Journal of Management and Business ResearchVolume 12 Issue 15 Version 1.0 Year 2012

Durmaz, Yakup(2014)The Impact of Psychological Factors on Consumer Buying Behavior and an Empirical Application in Turkey, Asian Social Science; Vol. 10, No. 6; 2014

Ghozali Maski (2010) Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen Dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang

Joseph W. Alba and Howard The Effects of Frequency Knowledge on Consumer Decision Making Author(s): Marmorstein Source: The Journal of Consumer Research, Vol. 14, No. 1 (Jun., 1987), pp. 14-25

Karimi, Sahar,2013, A purchase decision-making process model of online consumers and its influential factor a cross sector analysis A Thesis submitted to the University of Manchester for the degree of PhD In the Faculty of Humanities

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran . Erlangga, Jakarta

______________________________2014. Principles of Marketing fifhteen edition, Pearson

Khursid Ahmad, Islamic Finance and Banking: The Challenge of the 21st Century, dalam Imtiyazuddin Ahmad (ed.) Islamic Banking and Finance: The Concept, The Practice and The Challenge (Plainfield: The Islamic Society of North America, 1999).

Rina Astini (skripsi 2011) Analisis Pengaruh Kualitas Produk Tabungan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah (Studi Kasus: Nasabah Tabungan Monas Kantor Pusat PT Bank DKI

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sula, Atik Emilia ,2010, Reformulasi Akad Pembiayaan Murabahah Dengan Sistem Musyarakah Sebagai Inovasi Produk Perbankan Syariah Universitas Trunojoyo Madura

Suliyanto, 2006. Metode Riset Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Supadiyono, Agus (Tesis 2008) Pengaruh Nilai Pelanggan (customer Value) terhadap keputusan Pembelian Produk dengan Kepuasan sebagai Variabel Moderasi
Supramono, 2005. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran, Andi, Yokyakarta.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tarmizi, Erwandi, 2012. Harta Haram Muamalat Kontemporer, Berkat Mulia Insani, Bogor.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik, Andi, Yogyakarta.

Bank Indonesia, diupload tanggal 11 November 2013, http://bi.go.id
Islamic Finance Country Index (IFCI) 2011-2013, di upload tanggal 02 Maret 2014,
     Plum Analytic Metrics

Published
2019-06-19
How to Cite
Afriani, R. (2019). Pengaruh Mutu Produk Pengetahuan Konsumen, Terhadap Proses Keputusan Financing Murababah Bank Islam serta Dampaknya terhadap Kepuasan Sebuah Survey di Bandung. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 418-425. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.121

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.