Pengaruh Religiusitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel religiusitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah konsumen Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan sampai saat ini belum sesuai dengan harapan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik regresi linear berganda. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada 69 orang responden. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa secara simultan variabel religiusitas dan variabel lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan dengan kontribusi sebesar 92,3%, sedangkan sisanya 7,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Keputusan Pembelian= 16,984 + 1,481 Religiusitas + 1,291 Lokasi +e
This research aims to know the influence of religiosity and location to consumer purchasing decisions in Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. The background of this research is total daily customers are still below expectations. This is a quantitative research and use multiple linear regression technique. This research use questionnaires with 69 consumers as samples and data processing with Software SPSS. From this research researcher know that Religiosity and Location have positive and significant influence to Consumer Purchasing Decisions in Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. The contributes of Religiosity and Location to Consumer Purchasing Decisions are 92,3% and 7,7% explained by others variables. The regression equation is Consumer Purchasing Decisions = 16,984 + 1,481 Religiosity + 1,291 Location +e
References
A. Abdul Hakim & JaihMubarok (2004) , MetodologiStudi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Abuddin Nata (2010), Akhlak Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers.
Alma, Buchari (2016), Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa, Bandung: CV
Alfabeta.
Asmadi Alsa (2004), Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian
Psikologi , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asep ST Sujana (2012), Manajemen Minimarket, Depok: Penerbit RAS.
Etta Mamang Sangadji & Sopiah (2013), Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan
Jurnal Penelitian, Yogyakarta :CV. Andi Offset.
Fandy Tjiptono (2015), Strategi Pemasaran, Yogyakarta:Andi.
Faiz Mujawidin (2014), “Bank Selection Criteria: Tingkat Religuisitas dan Pengaruhnya” , Surakarta:
Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swasta Mandiri Surakarta.
Nugroho J. Setiadi (2010), Perilaku Konsumen:Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan
Keinginan Konsumen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurzaman, Kadar (2013), Manajemen Perusahaan, Bandung: Pustaka Setia.
Shihab, M. Quraish (2002), Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati.
Susatyo Herlambang (2014), Basic Marketing: Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran, Yogyakarta:
Gosyen Publishing.
Umar, Husein (2013), Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis, Edisi Kedua, Jakarta:
Rajawali Pers.
Yazid, (2008), Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi, Yogyakarta: Ekonisia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.