Analisis Layanan Ojek Online PT. Grab Indonesia Wilayah Surabaya dalam Perspektif Bisnis Islam

  • Fahrurrozi Fahrurrozi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Sayyidi sayyidi STIE Bakti Bangsa Pamekasan
  • Idrus Ali STIE Bakti Bangsa Pamekasan

Abstract

Layanan ojek online sudah menajadi usaha bidang jasa yang popular di Indonesia, salah satu layanan ojek online adalah grab yang ada di wilayah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet pada perusahaan transportasi merupakan keniscayaan yang memang harus dillakukan agar bisa bersaing dengan perusahaan lain, dalam perspektif  bisnis  Islam,  bisnis  yang  baik  adalah bisnis yang dijalankan harus sesuai dengan kaidah-kaidah serta prinsip yang sudah ada dalam al-qur’an serta dicontohkan oleh rasululah jua dapat memberikan  kemanfaatan bagi sesama, grab surabaya sudah melaksanakan kegiatan usahanya dengan cara yang jujur, amanah, tabligh dan fathonah, serta sudah pula menjalankan usaha dengan meakukan akad melalui aplikasi grab dan juga mengedapankan customer oriented, service oriented, fairness dan transparansi. Dalam melaksanakan usahanya grab Surabaya juga ada hambatan yaitu adanya order fiktif yang diakukan oleh pelanggan, bisa juga penyelewengan diakukan oleh driver grab itu sendiri.

Keywords: grab, bisnis Islam

References

Annisa Mardatillah (2013), Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Universitas Islam Riau, Vol.6 No.1), 92-93

Badan Pusat Statistik. 2019. Tingkat Pengangguran Terbuka 2019. Jakarta, BPS

Hasil Wawancara bersama Mitra Grab Surabaya. Grab Indonesia. 2019. Surabaya..

Hanni Sofia dan Budhi Prianto (2010), Panduan Mahir Akses Internet, Jakarta: Kriya Pustaka.Pusparisa, Yudhistira. 2019. Angka Pengangguran Lulusan Universitas Meningkat. Artikel. Katadata.co.id: Diakses pada tanggal 21 Desember 2019.

Laudon, Ken, and Jane Laudon (2009): Management Information Systems: International Edition, 11/E. Pearson Higher Education, 2009.

Moleong, Lexi J. (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Reza Zakariya (2009), Ayo! Mahir Mengusai Internet, Yogyakarta: A+Plus Books.

Syafe’i, R. (2001), Fiqih Muamalah. Bandung: Cetakan Angka Terakhir 10,9,8,7, Pustaka Setia.

Suhendi, H. (2016), Fiqh Muamalah. Jakarta: Cetakan Kesepuluh, Pustaka Setia.

Shaw, Michael, et al., (2012), eds. Handbook on electronic commerce. Springer Science & Business Media.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-01-20

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.