Penerapan Sistem Penilaian Kinerja : Dampaknya terhadap Peningkatan Kinerja
Abstract
Dosen adalah aset bagi sebuah perguruan tinggi, bahkan dosen disebut ujung tombak dalam proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa dosen mempunyai peran yang vital dalam sebuah perguruan tinggi. Oleh sebab itu, penilaian kinerja terhadap dosen menjadi sangat penting untuk mengukur sistem tata kelola manajemen sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan, visi dan misi perguruan tinggi. Berbagai perguruan tinggi terus mengembangkan sistem penilaian kinerja terhadap kinerja dosennya. Salah satunya adalah Universitas Stikubank Semarang, sebuah universitas yang berusia 55 tahun, tepatnya pada tanggal 28 April 2023. Data berupa data sekunder yaitu hasil penilaian kinerja yang telah dikumpulkan sejak tahun 2021 dan 2022. Responden dalam penelitian ini adalah 128 dosen. Dosen mengisi penilaian kinerja periode satu sampai April 2021. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa pada awal penilaian kinerja ini ada sejumlah 38,3% atau 49 dosen yang tidak memenuhi. Hal ini bisa diduga bahwa beberapa dosen belum siap untuk dinilai kinerjanya. Dengan adanya penilaian kinerja ini, para dosen seperti dibangunkan dari tidur panjangnya, bahwa situasi dan kondisi saat ini menuntut para dosen untuk melaksanakan tugas dengan baik. Pada penilaian kinerja periode Oktober 2021 ternyata dosen yang tidak memenuhi berkurang menjadi 12,5% atau 16 dosen. Ada usaha yang baik dari 33 dosen untuk memenuhi penilaian kinerjanya. Pada periode April 2022 ada 32,8% atau 42 dosen yang tidak memenuhi penilaian kinerja. Anehnya ada dosen yang sudah memenuhi di penilaian kinerja pada periode Oktober 2021 tetapi terkena di April 2022 yaitu ada 31 dosen. Tetapi usaha yang dilakukan oleh para dosen sungguh luar biasa. Pada bulan Oktober 2022 tinggal 3,9% atau 5 dosen yang tidak memenuhi penilaian kinerja. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja telah berdampak pada peningkatan kinerja dosen di Universitas Stikubank Semarang.
References
Drajana, I.C.R., Polimengo, N., dan Riadi,A. (2021). SPK Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Multy Attribute Utility Theory. Jurnal NOE, Vol 4, No 2 Oktober 2021. P-ISSN: 2355-6684, E-ISSN: 2776-6640.
Ervan, F., Asfi, M., dan Lukita, C. (2020). Sistem Penilaian Indeks Kinerja Dosen Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal DIGIT Vol. 10, No. 1 Mei 2020, pp. 92-101. ISSN: 2088-589X.
Januari, C.I., Utami, H.N., dan Ruhana, I. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Kepuasan Kerja dan Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 24 No. 2 Juli 2015 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.
Pedoman Penilaian Kinerja Dosen, Fakultas Ilmu Pendidikan UPI, 2009
Permana, I.A. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus STT Sangkakala). Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 13 (2) (2020) 89-99. ISSN: 1979-4800 (cetak) dan 2580-8451 (online).
Pratama, I.W., dan Sukarno, G. (2021). Analisis Penilaian Kinerja, Reward, dan Punishment terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI) Volume 30 Number 02 (Desember 2021). P-ISSN: 0854-0985, e-ISSN: 2527-4783.
Rani, I.H., dan Mayasari, M. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 3, No. 2, 2015, 164-170. ISSN: 2337-7887 (print version).
Setiobudi, E. (2017). Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana. Journal of Applied Business and Economics Vol. 3 No. 3 (Mar 2017) 170-182.
Simanjuntak, S.T., dan Wahyanti, C.T. (2021). Analisis Kinerja Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia (JENIUS) Vol. 5, No. 1, September 2021, p-ISSN: 2581-2769, e-ISSN: 2598-9502.
Surat Keputusan Nomor: 043/J.01/UNISBANK/SK/X/2020 tertanggal 16 Oktober 2020 tentang Hak dan Kewajiban Dosen dalam Bidang Pengajaran, Pendidikan, Jabatan Fungsional Akademik, Penelitian, Pengabdian dan Publikasi Ilmiah.
Tangkuman, K., Tewal, B., dan Trang, I. (2015). Penilaian Kinerja, Reward, dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pertamina (Persero) Cabang Pemasaran Suluttenggo. Jurnal EMBA Vol. 3 No. 2 Juni 2015, Hal. 884-895. ISSN 2303-1174.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
UU RI No. 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi
Yusup, M., Aryani, D., dan Andriyanto, L. (2019). Model Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode SAW (Kasus STIKES YATSI Tangerang). Journal of Innovation and Future Technology (IFTECH) Vol 1 No 1 (February 2019) 31-36. P-ISSN: 2656-1719, E-ISSN: 2656-2774.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


