Analisis Tingkat Literasi Keuangan, Experienced Regret, dan Risk Tolerance pada Keputusan Investasi di Batam

  • Hikmah Hikmah Universitas Putera Batam
  • Mauli Siagian Universitas Putera Batam
  • Parlindungan Siregar Universitas Putera Batam

Abstract

Perkembangan perekonomian saat ini semakin berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan industri 4.0. Berada dalam revolusi industri saat ini sangat berkaitan dengan literasi keuangan yang ada di Indonesia terutama berkaitan dengan investasi dikota Batam. Sebagaian masyarakat berpikir untuk memperoleh pendapatan dari luar gaji selain dari tempat mereka bekerja. Salah satu jalan untuk memperoleh yakni dengan melakukan investasi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan, experienced regret, dan risk tolerance pada keputusan investasi di Kota Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 kecamatan yang ada di Kota Batam yaitu Kecamatan Batu aji, kecamatan Sagulung. Metode pengumpulan data mengunakan kuesioner. Dengan mengunakan rumus Jacob cohen maka sampel dalam penelitian ini 204 respoenden. Reseponden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan investasi. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun metode analisis yang digunakan mengunakan SEM dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan investasi di kota Batam, experienced regret berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan investasi di kota Batam, risk tolerance berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap investasi di kota Batam.

 

Keywords: Tingkat literasi keuangan; experienced regret; risk tolerance; keputusan investasi

References

Arsanti, C. (2018). Analisis pengaruh Literasi keuangan terhadap perilaku keuangan Mahasiswa. Perbanas Jurnal, 3(2), 110–122.
Lofian. (2016). Identifikasi Faktor Eksternal Dan Faktor Internal Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja UKM Mebel dan Rotan di Jepara. Disprotek, 5(2), 8–15.
Munizu, M. (1990). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil ( UMK ) di Sulawesi Selatan.
Otoritas Jasa Keuangan. (2016).
Pujiyanto, N., & Mahastanti, L. A. (2017). Regret Aversion dan Risk Tolerance dalam Keputusan Investasi. Journal Busnis Dan Manajemen, 2.
Putra, I. P. S., Ananingtiyas, H., Sari, D. R., Dewi, A. S., & Silvy, M. (2016). Pengaruh tingkat literasi dan risk tolerance pada pemilihan jenis investasi. Journal of Business and Banking, 5(2). https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.548
Wulandari, D. A. (2016a). Studi experienced Regret, Risk Tolerance, Overconfidance dan risk perception pada pengambilan leputusan investasi Dosen ekonomi. Journal of Business and Banking, 4(1), 55–66.
Wulandari, D. A. (2016b). Studi Experienced Regret , Risk Tolerance , Overconfidance, 4(1), 55–66.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-01-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.