DAMPAK SELERA, KETERSEDIAAN PRODUK DAN DISKON PADA LOYALITAS PELANGGAN IRIAN SUPERMARKET DEPT. STORE TEBING TINGGI

  • Rahma Wati Purba STIE Bina Karya Tebingtinggi
  • Rizki Wulanita Batubara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Rumiris Siahaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Fitri Hanum Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Frederick Rudi S. Rajagukguk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh selera, ketersediaan produk dan diskon terhadap loyalitas pelanggan saat melakukan pembelian di Supermarket Irian DeptStore Tebing Tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampel  digunakan dalam penelitian ini 93 responden, dengan teknik Accidental. Mengunakan SPSS versi 25 sebagai alat bantu analisis data, regresi linier berganda, koefisien determinasi serta uji hipotesis . Hasil riset  yaitu rasa berdampak pada loyalitas pelanggan. Ketersediaan produk tidak berdampak pada loyalitas. Diskon berdampak pada loyalitas pelanggan. Rasa, ketersediaan produk dan diskon berdampak secara simultan pada loyalitas pelanggan.

Keywords: Selera, Ketersediaan Produk, Diskon, Loyalitas Pelanggan

Author Biographies

Rizki Wulanita Batubara, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

Manajemen

Rumiris Siahaan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

Manajemen

Fitri Hanum Lubis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

Manajemen

Frederick Rudi S. Rajagukguk, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

Manajemen

References

Bulele, E. Y. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3).

Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan bisnis online (survei pada mahasiswa fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya angkatan 2013/2014 konsumen traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 155–163.

Listyani, F. (2021). Pengaruh Selera, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Perusahaan Kecap Kd Purnama Cap 2000 Di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Nainggolan, F. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Irian Supermarket Sukaramai.

Philip Kotler & Gary Armstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114.

Suantara, I. G. P. E., Artana, M., & Suwena, K. R. (2014). Pengaruh selera dan harga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 4(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabeta, Bandung.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-01-01
How to Cite
Purba, R., Batubara, R., Siahaan, R., Lubis, F., & Rajagukguk, F. (2024). DAMPAK SELERA, KETERSEDIAAN PRODUK DAN DISKON PADA LOYALITAS PELANGGAN IRIAN SUPERMARKET DEPT. STORE TEBING TINGGI. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), 314-321. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1467

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.