Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Video MYOB Terhadap Hasil Belajar MYOB
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual video MYOB versi 18 terhadap hasil belajar MYOB siswa kelas XI – Akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Medan T.P 2015/2016. Populasi penelitin berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah pra – eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Sebelum tes hasil belajar diberikan kepada sampel sesungguhnya terlebih dahulu di uji tingkat validitas, realibilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu: uji normalitas dan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian media audiovisual video MYOB versi 18 berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri I Medan T.P 2015/2016.
References
Fitrianingsih, R. dan Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4 (1), 1-6.
Lubis, E. A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publising.
Mahmudi, A. dan Charter, N. (2010). Akuntansi Manufaktur Dan UKM. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Mansoor, N. (2013). Akuntansi Dengan MYOB Untuk Pemula & Orang Awam. Jakarta: Laskar Aksara.
Mukminin, Y. A. dan Prihanto, J.B. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Bolavoli (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pademawu Barat I Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 02 (03), 595 – 598.
Nugraha, A. A., Eko, B. dan Boenasir. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pengoperasian Mesin Bubut. Journal of Mechanical Engineering Learning, 3 (1), 56-63.
Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Candrasangkala, 01 (01),1-12.
Rifain, A. dan Suyitno. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Motor Starter Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 05 (01), 5-9.
Sadiman, A. S. dkk. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sholihin, I. dan Susanto, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 05 (01), 113-116.
Ula, I. R., Sutikno, dan Masturi. Video Terjadinya Petir Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Listrik Statis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 04, Oktober, 2015. Universitas Negeri Jakarta.
Yusuf, A. M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
							

