PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAK TERHADAP NIAT BELI ULANG (STUDI PADA KONSUMEN PENGGUNA IPHONE DI KOTA SALATIGA)
Abstract
Riset ini mengungkap efek signifikan kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan klien, yang bisa memengaruhi niat mereka untuk membeli ulang. Populasi di Kota Salatiga berjumlah 100 orang pengguna iPhone, dan sampel berjumlah 100 responden yang diambil dengan memanfaatkan teknik purposive sampling. Metodologi yang dimanfaatkan ialah kuantitatif, yaitu pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Data diolah dengan memanfaatkan software SPSS 25. Riset ini memakai berbagai alat uji yaitu pengujian instrumen, pengujian model, dan analisis regresi linier berganda. Temuan uji hipotesis memperlihatkan ada korelasi menguntungkan antara mutu produk dengan kepuasan konsumen. Di samping itu, ada korelasi positif antara persepsi harga dan kepuasan klien. Di samping itu, kepuasan klien mempunyai efek positif pada niat membeli berulang. Hal ini menyiratkan bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang unggul, dan gagasan tentang harga yang lebih tinggi sejalan dengan kualitasnya, sehingga berdampak pada kepuasan konsumen, serta kepuasan konsumen menjadi point penting teciptanya niat ulang pembelian.
References
Ahmad Izzuddin, & Muhsin, M. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 06(01)
Anastasia, T, I., & Suwarno, A, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Persepsi Harga, Resiko, Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online. SNISTEK,377-384.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto : CV. Pena Persada
Augusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen, Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Bahar dan Sjaharuddin (2015), Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol 3, 14-34
Dani Haris. (2019). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan LoyalitasnKonsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). AT-TASYRI’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 21– 41.
Ghezelbash dan Khodadadi (2017) dengan judul “Evaluating The Impact of Promotion Price, Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction and Repeating Purchase Incentives (Case Study: Amiran Chain Stores)”. Journal of Internet Banking and Commerce, 22(58), 1-17
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS
25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irwanto, M, R., & Subroto, W,T. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Promosi Terhadap Niat Pembelian Ulang Konsumen Shopee Saat Pandemi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 289-302.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4)
Liana, T, M, M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan OKEJEK. Majalah Ilmiah Methoda, 11(1), 53-59.
Ningrum, D, A, R., Susanto., & Maharani, B, D. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Kepuasa Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Di Shopee. Jurnal ilmiah Akuntansi Manajemen, 4(1), 1-12.
Pastikarani, D.A. dan S.R.T. Astuti. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada Pelanggan Hest’in Modiste di Jakarta. Diponegoro Journal of Management. 5(2): 1-9.
Radjab, Enny, dan Andi Jam'an. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017.
Ramli, R. A. L. P. dan Silalahi, R. Y. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Tingkat Penjualan Mobil Toyota Yaris di Wilayah Batam. Jurnal Bening, 7(1), 43-52.
Resti, Devi dan Harry Soesanto. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang padaRumah Kecantikan Sifra di Pati. Diponegoro Journal of Management. Vol.5(1).
Rivai, Agung Kresnamurti, Suneni, dan Ika Febrilia. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Transportasi Ojek Online Grab. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 10, no. 1.
Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 9, 389-400.
Saputri, dan Tjahjaningsih. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal manajemen dan bisnis, Volume 4 Issue 3 Pages 18 – 26
Sari, M, R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 30-44.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono, (2013), Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
(Bandung: ALFABETA)
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33.
Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjahjaningsih, E., Ningsih, D. H. U., & Utomo, A. P. (2020). The Effect of Service Quality and Product Diversity on Customer Loyalty: The Role of Customer 131 Satisfaction and Word of Mouth. Journal of Asian Finance, Economics and Business,7(12),481–490.
Endang Tjahjaningsih. 2015. Pengaruh Citra dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang. Media Ekonomi dan Manjemen.Vol 28 No 2, PP : 13-27.
Widanti, A., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Konsumen Hypermat. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 172-186.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.