Pengaruh Keragaman Produk, Brand Ambassador, Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Niat Beli Ulang (Studi Pada Pembelian Produk 3Second Di Semarang)

  • Sofita Syahla Naura Universitas Stikubank Semarang
  • Endang Tjahjaningsih Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk (X1), brand ambassador (X2), dan persepsi harga (X3) terhadap kepuasan (Y1) dan dampak pada niat beli ulang (Y2) produk 3Second dikota semarang. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif. Sumber data yang menggunakan kueisoner via google form terhadap 100 responden dengan metodologi purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda menggunakan pengolahan data berbasis statistik yakni SPSS. Populasi dalam riset ini yaitu calon konsumen dan konsumen yang berkeinginan membeli produk 3Second. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keragaman produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan, brand ambassador mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kepuasan, persepsi harga mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan mempunyai efek positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Simpulan, bahwa semakin baik brand ambassador yang diberikan maka kepuasan akan semakin meningkat, semakin baik persepsi harga yang diberikan maka kepuasan akan semakin meningkat. Sama halnya dengan kepuasan, bahwa semakin tinggi  tingkat kepuasan yang didapatkan maka niat beli ulang semakin meningkat.

 

Keywords: Keragaman Produk, Brand Ambassador, Persepsi Harga, Kepuasan, Niat Beli Ulang

References

Amalia, F. R. (2022). The Effect of Location, Service Quality, Product Quality, and Product Diversity on Consumer Satisfaction. Journal of Marketing and Business Research, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.56348/mark.v2i2.51
Amalia, M. M., & Achmad, G. N. (2023). The influence of instagram marketing, brand ambassador and brand image towards customer satisfaction and customer loyalty on scarlett whitening product. Online) KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20(1), 11.
Arsyanti, N. M., & Astuti, R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Baş, Y. N., & Özdemir Güzel, S. (2020). Understanding the Relationship Between Physical Environment, Price Perception, Customer Satisfaction and Loyalty in Restaurants. Journal of Tourism and Gastronomy Studies, 8(2), 762–776. https://doi.org/10.21325/jotags.2020.577
Fadhli K, & Dwi Pratiwi N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan EmosionalTerhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.
Ftriahningsih, A. S. C. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Makassar. Thesis.
Hermawan, B., Basalamah, S., Djamereng, A., & Plyriadi, A. (2017). Effect of Service Quality and Price Perception on Corporate Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty among Mobile Telecommunication Services Provider. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 8(1), 62. https://doi.org/10.21013/jmss.v8.n1.p7
Kurniawan, B. W., & Saputra, B. M. (2022). Brand Ambassador Dan E-Word Of Mouth Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian pada Marketplace Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1967. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1967-1976.2022
Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Produk Mie Instant Sedaap. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41, 26.
Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542
Majeed, M., Asare, C., Fatawu, A., & Abubakari, A. (2022). An analysis of the effects of customer satisfaction and engagement on social media on repurchase intention in the hospitality industry. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2028331
NGUYEN, L., NGUYEN, T. H., & TAN, T. K. P. (2021). An Empirical Study of Customers’ Satisfaction and Repurchase Intention on Online Shopping in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 971–983. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.971
Nugroho, F. M., & Tjahjaningsih, E. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Shopeefood). YUME : Journal of Management, 5(1), 147–155. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.455
Pojoh, L. S. A., & Kindangen, P. (2019). the Influence of Product Diversity and Store Atmosphere on Customer Satisfaction At Miniso Manado Pengaruh Keragaman Produk Dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Miniso Manado. Arie…… 4543 Jurnal EMBA, 7(4), 4543–4551.
Rahesa Wijaya, Y., & Tjahjaningsih, E. (2022). Analisis Faktor Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Niat Beli Ulang. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 201–211. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.615
Safitri, A. N., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Lifestyle, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Toko 3Second. YUME: Journal of Management, 5(2), 450–458. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.3463
Savila, D., & Tjahjaningsih í, E. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kepercayaan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 573–587. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3734
Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p19
Sutomo, S., Wishnu, L., Farij, W., Thusy, I. M., & Saraswati, T. (2022). The Impact of The Ambassador Brand in Affecting Customer Loyalty WIfi Telkom Indihome Surabaya Through Customer Satisfaction. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 26(1), 1.
Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.14169
Yusuf, J. C., Prayogo, R., Program, F. A., Perhotelan, M., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Traveloka. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 9(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/11496
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.