Faktor Penentu Minat Beli Mahasiswa Dalam Berbelanja Secara Online

  • Mega Supriyatno FEB Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Nurchayati Nurchayati FEB Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Frans Sudirjo FEB Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Aris Mardiyono FEB Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Abstract

Era digital yang terus berkembang menjadikan minat beli di marketplace sebagai fenomena menarik yang merambah ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk kalangan mahasiswa. Perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin mudah telah membuka pintu lebar bagi mahasiswa untuk menjelajahi berbagai platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli mahasiswa dalam berbelanja secara online. Faktor-faktor yang dipertimbangkan adalah kepercayaan pengguna, pengalaman berbelanja, dan kualitas produk.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 72 pelanggan berdasarkan pelanggan yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kepercayaan pengguna, pengalaman berbelanja, dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa. Hasil signifikansi yang diperoleh (p < 0,05) menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan pengguna, semakin baik pengalaman berbelanja, dan semakin baik kualitas produk, maka minat beli mahasiswa akan meningkat. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya memperhatikan dan meningkatkan faktor-faktor tersebut dalam upaya meningkatkan minat beli mahasiswa dalam berbelanja secara online.

Keywords: Kepercayaan Pengguna, Pengalaman Berbelanja, Kualitas Produk, Minat Beli

References

Almunadi, L., & Arifin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Scoopy ( Survei Pada Pemilik Kendaraan Sepeda Motor Honda Merek Scoopy di Kampus STIA Tabalong ). 4(2), 281–295.
Alqifari, M. (2023). Survei Kepuasan Konsumen Terhadap Minimarket Indomaret Di Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4), 461–474.
Aminah, F., & Purwantoro. (2022). Analysis of The Effect of Testimonies, and Brand Image on Buying Decision Variables in The Marketplace Shopee Through Trust as A Moderating Variable. Journals of Indonesian Multidisciplinary Research, 1(1), 1–8.
Arianti, N., Arifin, M. Z., & Safitri, S. (2023). Transaksi Jual Beli Online Melalui Sistem Shopee Paylater Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Syar’ie
Asfina, W., & Jadmiko, P. (2023). Pengeruh Experiential Marketing , Customer Experience , dan Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk MS Glow DiKota Padang ( Studi Kasus Masyarakat Kota Padang ). 3(2), 391–395.
Azizi, F., & Anggalih, N. N. (2023). Perancangan Ui/Ux Digital Innovation Sustainable Tourism Mobile Apps Desa Kemiren Banyuwangi. Junal Desgrafia, 1(1), 80–93.
Chairunnisa, S., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA
Daga, F. R. P. (2019). Pengaruh Marketing Experience Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pelanggan Pt. Daya Muda Agung Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 4(1), 122–136.
Dani, E. R., Safri, H. S., & Hendry, R. S. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Belanja Kebutuhan Di Grosir Sembako Ibu Ervina Kelurahan Aek Paing Tengah. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 6778–6791.

Dewi, C. R., Rahayu, J., & Hermawan, H. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Pelanggan Membeli di Toko Fashion Wanita@ Tuku2store Jember. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(2), 871–881.
Feny, W. R., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Skincare MS Glow Beautyhome di Demak). Journal of Management & Business, 5(1), 168–181.
Fikri, M. H., & Sahdandi, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sepatu. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(1), 7–11.
Fitri, M., & Renny, D. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3).
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9.
Hafidzi, M. K., Rizqi, F., & Jumani, A. (2022). Literature Review Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 203–214.
Hasan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Sistem Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Meubel Sebagai Produk Tersier Dalam Upaya Bersaing Dengan E-Commerce Dan Perubahan Sosio-Ekonomi Global. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 111–120.
Irawan, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 9–16.
Khabib, E. M., & Sulistijo, S. (2021). Alasan Yang Mendorong Konsumen Mengonsumsi Kopi Single Origin Di Up Date Coffee. Mabha Jurnal.
Lampengan, P., Massie, J. D. ., & Roring, F. (2019). Pengaruh Motivasi, Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Pengguna Online Shop Zalora Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Manado. Emba, 7(4), 5693–5703.
Lesmana, T. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Berbelanja Online. Jurnal EBI, 5(2), 46–56.
Lestari, R. D. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada CU Mura Kopa di Balai Karangan Kecamatan Sekayam. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 6(11), 2560-2569.
Nurfalah, M. R., Pauzy, D. M., & Wibawa, G. R. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Pengalaman Berbelanja, dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Online Pada Situs Jual Beli Shopee (Survei Pada Masyarakat Kota Tasikmalaya). Panengen: Journal of Indigenous Knowledge, (1)(2), 87–107.
Oktaviani, Putri, A. D., & Handayani, M. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Toko Online Lazada). SMART :Strategy of Management and Accounting Trough Research and Technlogy, 2(1), 37–45.
Parhusip, A. A., & Nurul, I. L. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 8(1), 89–96.
Prasetiya, A., Ihsani, R. K., & Pribadi, M. L. (2020). The Big Five Personality dengan Minat Beli Gamis pada Mahasiswi yang dimoderatori oleh Persepsi terhadap Kualitas Produk. Psyche 165 Journal, 107–113.
Putri, S. E. (2019). Analisis Sikap Konsumen: Evaluasi Dan Kepercayaan Atribut (Multiattributes Fishbein Approach). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen ISSN, 14(2), 159–177.
Putta, A. P., & Saluy, A. B. (2019). Analisis Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Jual Beli Online Lazada Di Karawang. INDIKATOR (Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis), 3(3), 15–24.
Rahayu, E., & Yuliamir, H. (2022). New Normal Bagi Pelajar (Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring) Pada Minat Beli Kuota Internet Pada Kios Pulsa Semarang Selatan. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah …, 8(2), 207–216.
Riyadi, R. (2023). Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Beauty Samarinda. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 17(1), 128–134.
Rosyihuddin, M. (2020). Kualitas Produk, Harga Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pengguna Tokopedia Di Kabupaten Gresik. Manajerial, 7(01), 19.
Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/186221
Shafitri, M., Aryani, L., & Nobelson. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, 02, 201–212.
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 2685–6972.
Sirojudin, M. T., Henny Welsa, & Nonik Kusuma Ningrum. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Yang Dirasakan Peserta Terhadap Kepuasan Peserta Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pt Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 277–297.
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal, 1(1), 41–52.
Steven, J., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 267–278.
Sudirman, A., & Rumondang, A. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. 2020, 14.
Sugiyono, P. . (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuwantitatif,kuwalitatif,R&D). Alfabbeta Pres, 277.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304–313.
Sutedjo, A. S. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Serta Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Konsumen Belanja Online Shopee. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen Tri Bisnis, 3(2), 165–178.
Triwijayanti, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Street Boba Jemursari Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(8), 1–17.
Utami, M., & Handayani, T. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding. volume. 2, 2019 Page: 170-178 Pengaruh. 170–178.
Wardhana, M. A., Maryatin, M., & Prihantono. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Nasabah Elektronik Pada Penggunaan Fitur Bca M-Banking. 16–21.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-01
How to Cite
Supriyatno, M., Nurchayati, N., Sudirjo, F., & Mardiyono, A. (2024). Faktor Penentu Minat Beli Mahasiswa Dalam Berbelanja Secara Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1582-1591. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1580

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.