SOCIAL CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) MODEL SEBAGAI STRATEGI BISNIS PARIWISATA DI KABUPATEN MOJOKERTO (DESA WISATA KETAPANRAME)
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini berpengaruh pada bisnis secara keseluruham khususnya pada industri pariwisata. Penggunaan komputer dan Internet of Things (IoT) dalam industri pariwisata kini memiliki peran yang sangat signifikan yang mencakup segala faktor, salah satunya adalah kontak dengan pelanggan. Jurnal ini menyelidiki Social Customer Relationship Management (SCRM) sebagai strategi yang digunakan untuk dapat menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggannya serta mengurangi kemungkinan pelanggannya berpindah ke produk lain.
Dengan menggunakan website dan media sosial Kabupaten Mojokerto, dengan fokus khusus pada Wisata Taman Ghanjaran dan Wisata Sawah Sumbergempong. Menyadari akan jangkauan media sosial lewat aplikasi Facebook dan Instagram yang luas dan antarmuka yang ramah pengguna, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Mojokerto secara aktif menggunakan platform ini untuk upaya promosi yang komprehensif. Studi ini meneliti bagaimana Facebook dan Instagram berfungsi sebagai media yang dinamis dan efisien untuk pemasaran, penyebaran informasi, dan komunikasi langsung dengan wisatawan, yang diduga efektif mempengaruhi persepsi dan keputusan mereka. Selanjutnya, penekanan pada peran Facebook dan Instagram sebagai mekanisme umpan balik terhadap penerapan teknik CRM Sosial untuk mengoptimalkan pengalaman berwisata. Kesimpulannya, Facebook dan Instagram muncul sebagai alat penting dan serbaguna yang secara signifikan mempengaruhi pengembangan pariwisata di Kabupaten Mojokerto, menunjukkan pentingnya dalam membentuk pengalaman pengunjung dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.
References
Alt, R., & Reinhold, O. (2020). Social Customer Relationship Management: Fundamentals, Applications, Technologies. https://doi.org/10.1007/978-3-030-23343-3
Greenberg, P., & Sullivan, P. (2010). Crm at the Speed of Light: Capturing and Keeping Customers in Internet Real Time.
Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). Instagram Tourism: Menciptakan Hype Pada Destinasi Wisata (Studi Pada Akun @Indoflashlight). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24, 105. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856
H. Al-Rubaiee, K. Alomar, R. Qiu, and D. Li, "Tuning of Customer Relationship Management (CRM) via Customer Experience Management (CEM) using Sentiment Analysis on Aspects Level," Int. J. Adv. Compt. Scie. e Apps., vol. 9, no. 5, pp. 300-312, 2018, doi: 10.14569/IJACSA.2018.090540
Lohanda, T., & Berto, A. R. (2021). Can Social Customer Relationship Management Activities Evoke Customer Loyalty ? Universitas Multimedia Nusantara. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 267–276. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4439
L. M. Lekhanya, “The Use of Social Media and Social Networks as the Promotional Tool for Rural Small, Medium and Micro Enterprises in KwaZulu-Natal,” Int. J. Scien. Res. Pub., vol. 3, no. 7, 2013.
M. Randika, N. A. Andestra, S. Inayah, D. M. Sari, A. R. Jannah, and A. I., "Analysis of Line Application Deployment Using Customer Relationship Management Approach to Customer Loyalty in GO-US," in Proc. Sriwijaya Int. Conf. Inf. Tech. Apps., vol. 172, 2019, pp. 674-679, doi: 10.2991/aisr.k.200424.10
M. F. Aldaihani and N. Azman, “Impact of Social Customer Relationship Management on Customer Satisfaction through Customer Empowerment: A Study of Islamic Banks in Kuwait,” International Research Journal of Finance and Economics, vol. 170, no. 170, pp. 41-53, 2018
Parvatiyar, A., & Sheth, J. N. (2001). Customer relationship management: Emerging practice, process, and discipline. Journal of Economic & Social Research, 3(2), 1–34.
P. Meyliana, A. N. Hidayanto, and E. K. Budiardjo, “Social Media Adoption for Social CRM in Higher Education: An Insight from Indonesian Universities,” International Journal of Synergy and Research, vol. 4, no. 2, pp. 7-28, 2019. doi: 10.17951/ijsr.2015.4.2.7
Prasetyaningrum, P. T., Sihombing, D. J. C., & Bata, A. J. (2015). Model Social CRM Sebagai Strategi Bisnis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara. Model Social Crm Sebagai Strategi Bisnis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, November.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.