ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BEAT PADA PT. KENCANA MULIA ABADI GUNUNGSITOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Beat pada PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner kepada 105 responden pembeli sepeda motor Beat pada PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli serta data seconder yang diperoleh dari jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan, uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determminan, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor budaya dan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan sosial dan psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis memiliki pengaruh 80,9% terhadap keputusan pembelian dengan 19,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Perilaku konsumen, Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan Pembelian.
References
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.