Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) menunjukkan bahwa perusahaan mempunyai tanggung jawab dan legal kepada pemegang saham (shareholder) tetapi juga mempunyai kewajiban ekonomis terhadap stake holders dan image atau penilaian perusahaan sangat tergantung pada CSR ini, sedangkan kinerja keuangan adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan pada tingkat penjualan, asset dan modal yang menjadi indikator bagi investor dalam menilai prospek perusahaan di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel yang didapat dari 10 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 50 perusahaan yang di ambil selama 5 tahun dari tahun 2017-2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F dan uji determinasi. Hasil analisis regresi linear berganda pada penelitian ini, yaitu Y = 0,308+ 3,402 X1 + 3,176 X2, dengan nilai Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,198. Dengan demikian besarnya pengaruh CSR dan Kinerja Keuangan yang di proksikan oleh ROA (Return on Asset) terhadap Nilai Perusahaan sebesar 0,198 (19,8%). Penelitian ini menunjukkan bahwa CSR dan ROA secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.
References
Dewa, A. (2015). Analisis Kinerja Keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-25.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan (Intergrated and Comprehensive edition). Jakarta: Grasindo.
Kusuma, & Irawati. (2018). Pengaruh Good Corporate Governence (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lastanti, H., & Salim, N. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 27-39.
Maith, H. (2013). Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT Hanjaya Mandala SempoernaTbk. Jurnal EMBA, 619-628.
Marius, Erna, M., & Indah, M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan . Konferensi Ilmiah Akuntansi.
Novianto, A. (2015). Pengaruh Keputusan Keuangan, Struktur Kepemilikan dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan Property dan Real Estate yang Go Public . Journal of Business and Banking, 65-82.
Nurhayati, M. (2013). Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis.
Pranama, I. G., & I Ketut Mustada. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Manajemen Unud, 1361-1372.
Putri, D., & Edric Kurniadi. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Non Keuangan yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi TSM, 587-598.
Sekarsari. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Profita Kajian Ilmu Akuntansi.
Sudan, I. M. (2015). Manajemen Perusahaan Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sujoko, & Soebiantoro, U. (2007). Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajement dan Kewirausahaan, 41-48.
Tunggal, W., & Fahrurrozie. (2014). Pengaruh Environt Performance, Environmental Cost dan CSR Disclosure Terhadap Keuangan Performance. Accounting Analysisi Journal.
Wijaya, R. (2019). Analisis Perkembangan Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) untuk Mengukur Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 40-51.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.