Struktur Modal Memediasi Pertumbuhan Perusahaan dan ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Salah satu tujuan utama perusahaan yang harus dapat dicapai melalui pelaksanaan fungsi manajemen keuangan dengan hati-hati dan tepat mengingat setiap keputusan keuangan yang diambil akan mempengaruhi keputusan keuangan lainnya yang nantinya berdampak terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perkebunan yang go public di Bursa Efek Indonesia, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 16 perusahaan, periode pengamatan yang dilakukan pada tahun 2014-2018. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan keuangan.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan dengan menggunakan analisis jalur diketahui struktur modal mampu memediasi pengaruh dari pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan namun tidak memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
References
Atmaja, L. S. 2008. Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.
Azmi, N., Isnurhadi, dan U. Hamdan. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan. 2(2): 95-108.
Borolla. 2011. “Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Prestasi. Vol.7, No.1, Ambon.
Brigham, E. F. and J. F. Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.
Bumn.go.id. 2018. Kinerja Ekspor Perkebunan Makin Gersang pada 2018. Diakses pada 12 November 2018,07:50:35.
Dhani, I. P. Dan A. S. Utama. 2017. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Akuntansi PDD. Fakultas Ekonomi. Universitas Airlangga Banyuwangi.
Fahmi, I. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-5. Alfabeta. Bandung.
Ghozali, I. Dan L. Hengky. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Harmono, 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis). Bumi Aksara. Jakarta.
Isnawati, F. dan K. Widjajanti. 2019. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabililitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. (1): 71-84.
Khoiril, S., A. Pratnadita., dan A. Supriyanto. 2017. Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. (2) : 2-16
Parta, K., dan B. Ida. Peran Struktur Modal Dalam Memediasi Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti di BEI. E-Jurnal Manajemen. 7(5): 2680-2709.
Prasetyo, H. A. 2011. Valuasi Perusahaan. Cetakan Pertama. PPM. Jakarta.
Riyanto, B. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi ke 4. BPPE. Yogyakarta.
Safrida, E. 2008. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Manufaktur di BEJ. Disertasi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Sartono, A. 2011. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.
Suripto. 2015. Manajemen Keuangan Strategi Penciptaan Nilai Perusahaan Melalui Pendekatan Economic Value Added. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Ukhriyawati, C.F., dan R. Dewi. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Equilibria. 6(1). 1-14.
Wiyono, G. dan H. Kusuma. 2017. Manajemen Keuangan Lanjutan Berbasis Corporate Value Creation. Edisi Kesatu. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Yunita, I., L. Gede. 2019. Peran Struktur Modal Sebagai Mediator antara Pertumbuhan Perusahaan dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen. 8(12). 7013-7032.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
							

