Pengaruh E-WOM dan Price Terhadap Purchase Decision Melalui Consumer Trust Pada Kopi Kenangan di Cabang Medan Resort City

  • Salsabila Nur Hashifah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Asrizal Efendy Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-wom terhadap consumer trust, pengaruh e-wom terhadap purchase decision, pengaruh priceterhadap consumer trust, pengaruh price terhadap purchase decision, pengaruh consumer trust terhadap  purchase decision, pengaruh e-wom terhadap purchase decision melalui consumer trust, pengaruh price terhadap purchase decision melalui  consumer trust. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kasual dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden merupakan pelanggan Kopi Kenangan di Cabang Medan Resort City. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data dari responden. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif melalui analisis uji outer model, inner model, dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan E-WOM (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Consumer Trust (Z) dan Price (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Consumer Trust (Z). E-WOM (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (Y) dan Price (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (Y). Consumer Trust (Z) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (Y) pada Kopi Kenangan di Cabang Medan Resort City.

 

E-WOM, Price, Purchase Decision, Consumer Trust

Keywords: E-WOM, Price, Purchase Decision, Consumer Trust

References

Arda, M. (2017). Analysis Of Effect Of Promotion And Word Of Mouth On Purchase Decision: Case Of Student University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. Proceedings of The 7th Annual International Conference (AIC) Syiah Kuala University and The 6th International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR) in Conjunction with the International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELT, 334–341.
Bastian, F., & Rino, R. (2023). Pengaruh E-Wom, Brand Image dan Brand Trust yang Dimoderasi oleh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Padang Angkatan 2019-2022). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16672–16682.
Buchari, A. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian. Alfabeta.
Camelia, E. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Aksesoris Motor Kustom Pada Ak Industries Dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi. In Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 8, Issue 2, pp. 267–281).
Darmawan, A. T., & Setiawan, M. B. (2024). PENGARUH INFLUENCER MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang). Jesya, 7(1), 778–789.
Daulay, R., Handayani, S., & Ninsgih, I. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1–14.
Daya, J. S., Rosa, T., & Tamba, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 86–98.
Devira, M. H. (2023). Pengaruh Social E-WOM dan Price Terhadap Purchase. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 4(2), 1–12.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota 159. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.
Febriyanti, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 181–191.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J. & Marticotte, F. (2010). Goyette, I., Ricard, L., Bergeron,J. & Marticotte, F (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for c-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1),5-23. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. PT Prehallindo.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran (Prinsip-prinsip
manajemen pemasaran) (Edisi 12). Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing (12th Editi). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Pretice Hall, Inc.
Ladhari, R., & Michaud, M. (2015). eWOM Effects on Hotel Booking Intentions’, Attitudes, Trust, and Website Perceptions. International Journal of Hospitality Management, 46(3), 36–45.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2017). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Nasution, A. E., Putri, Pratami, L., & Lesmana, Taufik, M. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan, dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Nasution, S. M. A., & Febriansyah, M. R. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Harga, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan Financial Technology Dana Pada Mahasiswa Feb Umsu. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 3(1), 865–883.
Nasution, S. M. A., & Hendrawan, W. F. (2021). Nasution, S. M. A., & Hendrawan, W. F. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Piaggio Di Kecamatan Medan Marelan. Jurnal SALMAN: Sosial Dan Manajemen, 2(2), 83–92.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. Rural Development Service.
Pertiwi, M. I. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Coffee & Baker’s King Donuts di MX Mall Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1), 1–8.
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Jurnal Manajemen, 7(2), 1–11.
Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80.
Rahayu, C. P., & Witjaksono, B. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic word of mouth Terhadap Purchase decision Melalui Brand Awareness Pada Produk Kopi Kenangan. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 88–105.
Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2015). Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis dalam Penelitian. C.V ANDI OFFSER (PENERBIT ANDI).
Selvi, S., & Ningrum, L. (2020). Gaya Hidup Minum Kopi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Kenangan Gandaria City - Jakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(01), 23–30.
Tirtayasa, S., & Erwanto, D. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Coffee Shop Di Kota Medan). Jurnal Dosen UMSU, 1(1), 1–14.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (Edisi 1). Andi.
Wijaya, I. G. N. S., Pratamni, N. W. C., Muryatini, N. I., & Y. I. G. D. (2022). Pengaruh Eletronic Word Of Mouth (E-WOM), Peresepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan , Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 1(1), 190–209.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-01
How to Cite
Hashifah, S., & Nasution, A. (2024). Pengaruh E-WOM dan Price Terhadap Purchase Decision Melalui Consumer Trust Pada Kopi Kenangan di Cabang Medan Resort City. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1458-1474. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1660

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.