Pengklasifikasian Karakteristik Iklan UMKM Menggunakan Analisis Cluster
Abstract
Tantangan yang dihadapi UMKM saat ini adalah meningkatkan produktifitas dan daya saing agar dapat meningkarkan pangsa pasarnya, serta mendiversifikasi dan mendiferensiasikan produknya di pasar dalam negeri maupun luar negeri. Permasalahan umum yang dihadapi UMKM, antara lain adanya keterbatasan kepemilikan dan akses permodalan, keterbatasan pemasaran dan promosi, serta kemitraan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat strategi iklan yang dilakukan oleh UMKM. Dimana sebelum membuat strategi, iklan diklasifikasikan sesuai dengan karakteristiknya dengan menggunakan analisis cluster. Dengan hasil analisis dan strategi ini setidaknya membantu para UMKM untuk membuat strategi dalam mempromosikan produknya sehingga akan lebih dikenal lagi oleh konsumen lebih luas dan daampaknya akan meningkatkan penjualan dan keuntungan. Urgensi penelitian sangat penting sekali, mengingat UMKM sangat lemah sekali dalam hal promosi. Strategi promosi yang dilakukan kadang tidak tepat, karena pelaku usaha kurang mengenal karakteristik setiap iklan yang dibuat. Penelitian ini belum pernah ada yang melakukan, jadi ini merupakan penelitian yang pertama yang hasilnya diharapkan bsa membantu para UMKM dalam membuat strategi iklan yang lebih menarik.
References
Arfianto, Wahyu. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan pada Media Televisi (Studi pada Iklan Produk Sepeda Motor Honda). Retreived March 7, 2015, from http://eprints.undip.ac.id/22677/1/PDF_SKRIPSI.pdf
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.
Boyd, et. al. 2006. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Erlangga. Jakarta
Dharmmesta, Basu Swastha 2009,Loyalitas Pelanggan : Sebuah KajianKonseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti,”Jurnal Ekonomi danBisnis Indonesia, Vol.14, No 3
Kotler, P . & Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 15e. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Limited
Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Komunikasi Pemasaran. Penerbit PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.
Novian Yuga Pamujo, 2011, Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise, Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro
Rina, Sri Nova. 2014. Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Intensi Pembelian Happy Call Lejel Home Shopping. Jurnal Kompetitif Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang.
Ritonga, Zuriani. 2018. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan (Survei pada Masyarakat Tanjung Selamat). Jurnal Ecobisma. Vol 5 No. 1
Shimp, A. Terence. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen Ed. 7. Jakarta: Prentice Hall
Sihombing, Indra Jaya. 2010a. Mengemas Bahasa Iklan. Suara Merdeka, 3 April 2010, h.1
Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Widyatama, Rendra,2011. Teknik Menulis Naskah Iklan, Yogyakarta, Cakrawala
Wells, W., Burnett, J., & Moriarity, S. 2009. Advertising: Principles and Practice (7th ed). New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs
Wibowo, Setyo Ferry. 2012. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux )Survei pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol 3 No 1

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
							

