Analisis Strategi Marketing Produk Pembiayaan BSI Griya, BSI Mitraguna dan BSI OTO di BSI Yogyakarta dengan Metode Matriks Boston Consulting Group (BCG)
Abstract
Untuk mencapai pembiayaan dengan profit yang tinggi diperlukan strategi pemasaran yang baik bagi keberhasilan perusahaan. Matriks Boston Consulting Group (BCG) adalah alat analisis yang bertujuan untuk meningkatkan usaha dengan pemetaan antar divisi berdasarkan tingkat pertumbuhan dan pangsa pasar relatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah produk pembiayaan BSI Griya, BSI Mitraguna dan BSI OTO. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni observasi, wawancara terstruktur dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan BSI KCP Yogyakarta HOS Cokroaminoto adalah intensifikasi data nasabah, pick up service dan referral dimana dalam penentuan strategi dipengaruhi oleh faktor produk, harga, tempat dan promosi. Produk BSI Griya berada pada posisi bintang berdasarkan tingkat pertumbuhan pasar sebesar 12,5% dan pangsa pasar relatif sebesar 1,125 strategi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan kualitas produk, meningkatkan kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran. Produk BSI Mitraguna berada pada posisi sapi perah dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar -19,04% dan pangsa pasar relatif sebesar 1,36 strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah meningkatkan kegiatan promosi, menerapkan BSI Mitraguna online dan meningkatkan ragam produk. Sedangkan produk BSI OTO berada pada posisi tanda tanya dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar 9,09% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,48 strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah inovasi produk, inovasi margin serta menyediakan fasilitas online real time.
References
BSI. (2021). Sejarah Perseroan. BSI.
BSI. (2022). Terdepan dalam Keuangan Syariah, BSI Raih Dua Penghargaan di Islamic Finance Award 2022. BSI.
Damayanti, E., Suartini, S., & Mubarokah, I. (2021). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 250.
Dinda Kartika, & Oktafia, R. (2021). Implementasi Strategi Dalam Penanganan Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada Kspps Al-Mubarok Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), 127–138.
Guswenti, M., Fatonah, S., Sari, L. M., & Purnomo, E. (2021). Ayat-ayat Al-Quran tentang Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Islam. Al-Bahtsu, 7(2), 226–232.
Indrawati, A., & Dambe, D. N. (2021). Analysis of the Company’s Financial Performance at PT. Papua Regional Development Bank Based on Financial Ratio Analysis. Ulet, 5(April), 1–18.
Laksana, T. N., & Waluyo, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Metode Swot Dan Bcg Di Pt. Xyz. Juminten, 2(2), 96–107.
Maristia, K., Fitri, A. A., Yulistiara, E., Setianingrum, K. Y., & Sanjaya, V. F. (2020). Analisis Matriks Bcg (Boston Consulting Group) Dalam Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar Pada Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Pt. Samsung Elektronik Indonesia Tahun 2019). Jurnal Ekonomika, 11(2), 28–45.
Mustafa Kamal Rokan, I. R. P. (2022). Analisis Penggunaaan Akad Dan Mekanisme Pembiayaan Produk BSI OTO Di BSI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Medan Padang Bulan. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(2), 51–59.
Naif, G. A., Nubatonis, A., Pramita, D. A., & Putra, B. (2022). Analisis Tingkat Pertumbuhan Pasar dan Pangsa Pasar Relatif Usahatani Buah Naga di Kecamatan Insana. 102–117.
Ningsih, A. R., Putri, A. R., Anita, Utari, A., & Sanjaya, V. F. (2021). Analisis Perencanaan Strategi Bersaing Menggunakan Metode Matriks BCG Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia Volume 11, Nomor 1, 2021 | Hal: 37-44, 11(1), 37–44.
Novitawati, R. A., Henceni, P. A., & Susanto, R. Y. (2021). Faktor bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen 1. 9(1), 57–62.
OJK. (2017). Bank Syariah. OJK.
Pamungkas, A. R. (2015). Analisis Matriks Boston Consulting Grup ( Bcg ) Sepeda Motor Merek Honda ( Matrix Analysis of Boston Consulting Group ( BCG ) Brand Honda Motorcycle ) Anton Respati Pamungkas Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “ Adi Unggul Bhirawa ” Surakar. 139–152.
Permata, E. G., Rizki, M., Papilo, P., Silvia, S., & Zain, A. M. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 17(2), 92.
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.
Sa’diyah, K., Hasbiyah, W., & Suhatman, Z. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Syariah di Bank SDI KC Ciputat. Madani Syariah, 5(2), 121–131.
Sari, H., & Sultan, M. A. (2019). Strategi Pengembangan Model Bisnis Online Shop Zavair Scraves dengan menggunakan pendekatan BCG Matrix. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 213–222.
Sulasih, S. (2020). Metode Boston Consulting Group (BCG) Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran pada UD. Putra Bangun Furniture Production. Muslim Heritage, 5(1), 133–154.
Wahyuandari, W. (2013). Analisis Matrik Boston Consulting Group (Bcg) Terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal bonorowo, 1(1), 88–104.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.