The Role Of Sustainability Report In Increasing Firm Value
Abstract
Firm value is important for companies because it can attract investors to invest. Increasing company value is not easy because management needs to do various ways, one of which is to do a sustainability report. The purpose of this study was to determine the effect of profitability and company size on firm value with sustainability report as a moderating variable. The sample of this study used 140 manufacturing companies in the food and beverage sub-sector with data collection techniques using purposive sampling. The analysis technique uses multiple linear regression with SPSS tools. The results of this study indicate that profitability and company size have a positive effect on firm value. Sustainability report is able to moderate the effect of profitability and company size on firm value.
References
Astuti, A. D., & Juwenah, J. (2017). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tergabung Dalam LQ 45 Tahun 2012-2013. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 2(01), 301–313. https://doi.org/10.35706/acc.v2i01.733
Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. (2014). Dasar-dasar Manjemen Keuangan buku 1. (Alih Bahasa : Ali Akbar Yulianto). Jakarta : Salemba Empat.
Butar, B. B. B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan BUMN Bidang Konstruksi yang Terdaftar di BEI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2), 1–15.
Dete, Y., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Dengan Dividen Sebagai Mediasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 85.
Dewi & Wirajaya (2013). Pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan. ISSN:2302-8556 E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 (2013): 358-372.
Dewi, A. S. M. & Wirajaya, A. (2013), Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, pp: 358-372, ISSN: 2302-8556 4.2.
Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 2(1), 1–26.
Djashan, I. A. (2019). The Effect of Firm Size and Profitability on Firm. Journal of International Business, Economics and Entrepreneurship, 4(2), 257–271.
Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Capstone: Oxford.
Erawati, T., & Cahyaningrum, D. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 151–170. https://doi.org/10.28932/jafta.v2i2.3296
Febriana, E. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan,Kepemilikan Saham Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Pada 2011-2013).
Gill, Amarjit. And Obradovich, John D. 2012 The Impact of Corporate Governance and Financial Leverage on the Value of American Firms. International Research Journal of Finance and Economics. 91.
Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta :PT. Grasindo.
Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return on Equity dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Fakultas Ekonomi, 21(1), 67–75.
Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 10 (2), Oktober 2017 P-ISSN: 1979-858X; E-ISSN: 2461-1190 Page 333 – 348.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.
Natsir, K., & Yusbardini, Y. (2019). The Effect of Asset Structure and Firm Size on Firm Value with Capital Structure as Intervening Variable. Advances in Economics, Business and Management Research, 145(4), 218–224.
Neceur, Samy Ben. & Goaied, Mohamed. 2002. The Relationship Between Dividend Policy, Financial Structure, Profitability, and Firm Value. Applied Financial Economics.12: 843-849.
Novari, P. M. & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 5 No. 9 2016
Nurwulandari, A. (2021). Effect of Liquidity, Profitability, Firm Size on Firm Value with Capital Structure as Intervening Variable. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 257–271.
Pratama, I, Gusti, Bagus, Angga. & Wiksuana, I, Gusti, Bagus. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 5 No. 2.
Pratiwi, R. D. (2020). Do Capital Structure, Profitability, and Firm Size Affect Firm Value? Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 194–202.
Putra, AA, Ngurah, Dharma. & Lestari, Putu, Vivi. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, dan ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud. No. 7 Vol. 5.
Reschiwati, R., Syahdina, A., & Handayani, S. (2020). Effect of liquidity, profitability, and size of companies on firm value. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(6), 325–332.
Rudangga, I. G. N. G. & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.
Sari, D., Putri, W. A., Neldi, M., & Candra, Y. (2021). Pengaruh Intellectual Capital, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(2), 235–244.
Sekaran, Uma., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th Ed). United Kingdom: Wiley.
Setiabudhi, H. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 5(1), 1–11.
Sidiq, Paramita dan Ariesta, 2018. Pengaruh Profitabilitas dan UKuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (SCR) Sebagai Variabel Moderating.
Sihombing, L., Astuty, W., & Irfan, I. (2022). The Effect of Profitability on Firm Value with Intellectual Capital as an Intervening Variable in Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Journal of International Conference Proceedings, 5(2), 574–582.
Suwardika, I. N. A & Mustanda. I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti
Suwardika, I. N. A & Mustanda. I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti.
Wijaya, Bayu, Irfandi. & Sedana I.B, Panji. 2015. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Invetasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 12. 4477-4500.
Wiranata, Adi Susilo Arif (2017) Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tetap di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Wulandari, N. M. I. dan Wisukma, I G. B. 2017. Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud Volume 6 No.3.
Wulandari, N., & Wiksuana, I. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1278–1311.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.