Pengaruh Ratio Keuangan dan Good Corporate Governance terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Pertambangan

  • Lukman Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Bambang Supeno Universitas Lancang Kuning

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan dan corporate governance terhadap peringkat obligasi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2014 yang berjumlah 11 perusahaan. Teknik analisis penelitian yang digunakan adalah menggunakan persamaan regresi logistik Berdasarkan hasil penelitian dengan uji regresi logistik secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Return On Assets terhadap peringkat obligasi pada perusahaan Pertambangan. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,522. Hal ini menunjukkan bahwa Return On Assets, Total Assets Turn Over dan Kepemilikan Institutional secara simultan memberikan pengaruh sebesar 52,2% terhadap Peringkat Obligasi

Keywords: Return On Assets, Total Assets Turn Over and Institutional Ownership, Bond Rating

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Hamdi. 2012. Manajemen Keuangan (Revisi). UIR press. Pekanbaru

Arifman, Yessy. 2013. “Pengaruh likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Peringkat Obligasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”, Jurnal Akuntansi Vol.1 No.3 2013. Padang: Universitas Negeri Padang.

Christina, Riris dan Kardinal. 2014. “Pengaruh Rasio Keuangan untuk Memprediksi Peringkat Obligasi yang dikeluarkan oleh Pefindo”. Eprints STMIK GI MDP & MDP Business School.

Dewi, Vieka dan Spica. Luciana. 2007. “Faktor-faktor yang mempengaruhi prediksi peringkat Obligasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia”. Procceding Seminar Nasional Manajemen SMART.

Fahmi, Irham. 2013. Rahasia Saham dan Obligasi. Jakarta: Alfabeta.

Gujarati. Damodar. 2006. Dasra-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga.

Lukas. 2008. Teori & Praktik Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Made, NI Estiyanti dan Wirawan, Gerianta. 2010. “Pengaruh Faktor keuangan dan non Keuangan pada Peringkat Obligasi di bursa Efek Indonesia”.

Mulyono, Sri. 2006. Statistika untuk Ekonomi & Bisnis. Jakarta: LP-FEUI.

Octavia, Rahmi. 2014. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Saldo Laba, dan Aliran Kas Operasi Terhadap Peringkat Obligasi”.

Pakarti, Adia dan Meirianto, Wahyu. 2012. “Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kualitas Auditor, Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Go Publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.

Rasyid, Rosmita dan Joice, Ervina. 2013. “Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi”.

Setia, Lukas. 2008. Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Pekanbaru: Pustaka Baru.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-05-31
How to Cite
Hakim, L., & Supeno, B. (2020). Pengaruh Ratio Keuangan dan Good Corporate Governance terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Pertambangan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 9-22. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.173