Pengaruh Event Promotion Dan Brand Image Dimediasi Oleh Daya Tarik Iklan Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Tix Id

  • Harkel Porleansyah Universitas bengkulu
  • Muhartini Salim Universitas Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh event promotion dan brand image dimediasi oleh daya tarik iklan terhadap impulse buying pada aplikasi TixId. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna aplikasi Tix Id di Kota Bengkulu berjumlah 100 orang yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert, dan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path anaylsis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh even promotion terhadap impulse buyingpada aplikasi Tix Id. Ada pengaruh brand image terhadap impulse buying pada aplikasi Tix Id. Ada pengaruh daya tarik iklan terhadap impulse buying pada aplikasi Tix Id. Ada pengaruh even promotion terhadap daya tarik iklan pada aplikasi Tix Id. Ada pengaruh brand image terhadap daya tarik iklan pada aplikasi Tix Id. Ada pengaruh even promotion yang dimediasi daya tarik iklan terhadap impulse buying pada aplikasi Tix Id. Ada pengaruh brand image yang dimediasi daya tarik iklan terhadap impulse buying pada aplikasi Tix Id.

Keywords: Event Promotion, Brand Image, Daya Tarik Iklan, Impulse Buying

References

Anggraeni, N.A., dan Wajdi, M.F. (2024). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Image dan Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. SEIKO: Journal of Management & Business. 7(1). 104-120.

Apriya, M. (2023). Pengaruh Discount, Viral Marketing dan Brand Ambassador Terhadap Impulse Buying Dalam Perspektif Bisnis Islam. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Aziz, A.R.A., Priyono, A.A., dan Millaningtyas, R. (2024). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Islam Malang Angkatan 2020. E-jurnal Riset Manajemen. 13(1), 266-273.

Denia, R., Yohana, C., dan Rahmi. (2023). Pengaruh Sales Promotion Dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Behavior Melalui Positive Emotion Pada Pengguna E-Commerce Di Jabodetabek. Digital Business Journal. 2(1). 99-111.

Erwin, Judijanto, L., Kaligis, J.N., Islami, V., et. al. (2024). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.

Handayani, P., Wirakusumah, T.K., dan Risanti, Y.D. (2023). Efektivitas Event Marketing Netisane pada Perubahan Sikap Peserta Terhadap Produk Cascara. Comdent: Communication Student Journal. 1(1), 119-133.

Ika, N.D.A., Utomo, B., Anam, K., Purwanti, S., et. al. (2024). Manajemen Ritel Modern. Surabaya: Uwais Inspirasi Indonesia

Jackson, Tawas, H.N., dan Arie,F.V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Potongan Harga Terhadap Minat Beli dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee. Jurnal EMBA. 9(3). 1402-1412.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Word of Mouth, Kualitas Layanan dan Citra Merek). Serang: Bintang Sembilan Visitama.

Nursaimatussaddiya, Cen, C.C. (2022). Keputusan Pemilihan Jasa Berbasis Citra Merek dan Promosi. Padang: PT. Inovasi Pratama Internasional.

Prabandari, A.W., Santika, I.W., dan Giantari, I.G.A.T. (2024). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen. 13(3). 494-515.

Putri, N.M.E., dan Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount Dan Daya Tarik Iklan Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z. Diponegoro Journal of Management. 11(2). 1-13.

Rahmawati, I., Sa’adah, L., dan Amalia, N. (2020). Faktor Diskon, Bonus Pack dan In Store Display serta Pengaruhnya Terhadap Pembelian Impulsif. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Riyanto, D.W.U. dan Permana, G.I. (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Malang: Pustaka Peradaban.

Salam, A., Azzahra, A., Kamal, A.H., dan Wibowo, F.W. (2022). Pengaruh Promosi, Brand Image Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying di Shopee. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. 12(2). 116-122.

Saragih, L., Muhamad, L. F., Korosando, F., Nurkomariyah, S., et. al. (2024). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Sitorus, S.A., Romli, N.A., Tingga, C.P., Putri, S.E., et. al. (2022). Brand Marketing : The Art of Branding. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Wandasari, N.K.R.D., Mitariani, N.W.E., dan Imbayani, I.G.A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie Instan Merek Sedaap di Kota Denpasar. Jurnal Values. 1(3), 73-85.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-08-02
How to Cite
Porleansyah, H., & Salim, M. (2024). Pengaruh Event Promotion Dan Brand Image Dimediasi Oleh Daya Tarik Iklan Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Tix Id. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 2014-2025. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1735

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.