Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan, Dan Harga Terhadap Minat Menggunakan Panel Surya Atap

  • Dita Fadhila Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Maftukhatusolikhah Maftukhatusolikhah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Peny Cahaya Azwari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kesadaran lingkungan, iklan ramah lingkungan dan harga terhadap minat masyarakat menggunakan panel surya atap di Kota Palembang, dan melihat apakah kepercayaan konsumen dapat memediasi kesadaran lingkungan, iklan ramah lingkungan dan harga terhadap minat masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan path analysis. Alat analisis menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah tangga PT. PLN ULP Wilayah Rayon Rivai di Kota Palembang. Sampel berjumlah 128 responden yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa :  Kesadaran Lingkungan dan harga  tidak berpengaruh terhadap Minat Masyarakat  namun Iklan Ramah Lingkungan  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat. Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan  dan harga  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen. Di sisi lain Kepercayaan Konsumen  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat. Selain itu Kepercayaan Konsumen  mampu memediasi Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan dan Harga terhadap Minat Masyarakat yang ditunjukkan perhitungan Indirect Effect.

Keywords: Kesadaran Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan, Harga, Minat Masyarakat, Kepercayaan Konsumen, Energi Terbarukan

References

Akhmad Adi Kusnanto. “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Kesadaran Lingkungan Dengan Mediasi Kepercayaan Terhadap Niat Beli Plts Atap (Studi Kasus Adyasolar).” Tesis, 2023, 1. Https://Repository.Mercubuana.Ac.Id/Id/Eprint/81000.

Amallia, Bunga Alfausta, Mohamad Irhas Effendi, And Abdul Ghofar. “Pengaruh Green Advertising, Green Brand Trust, Dan Sikap Pada Green Product Terhadap Green Purchase Intention.” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-Bisma) 3, No. 2 (2022): 68–84. Https://Doi.Org/10.37631/Ebisma.V3i2.113.

Ananda Sabil Hussein. “Penelitian Bisnis Dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (Pls) Dengan Smartpls 3.0,” 2015, 4.

Andreas B Eisingerich And Gaia Rubera. “Drivers Of Brand Commitment: A Cross National Investigation‟, Journal Of International Marketing,” 18, No. 2 (2010): 27.

Anggraeni, Rila, And Tegar Nuril Islamy. “Does Green Advertising Matter To Purchase Intention?” Proceedings Of The Brawijaya International Conference On Economics, Business And Finance 2021 (Bicebf 2021) 206, No. Bicebf 2021 (2022): 244–51. Https://Doi.Org/10.2991/Aebmr.K.220128.032.

Anika Amalo, Patrichia, Simon Sia Niha, Henny A. Manafe, And Anggraeny Paridy. “Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Brand Image, Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Ms Glow Kupang Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 4, No. 6 (2023): 944–57. Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V4i6.1617.

Ansu-Mensah, Peter. “Green Product Awareness Effect On Green Purchase Intentions Of University Students’: An Emerging Market’s Perspective.” Future Business Journal 7, No. 1 (2021): 1–13. Https://Doi.Org/10.1186/S43093-021-00094-5.

Apriyani, Nuri, And Suharti Suharti. “Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi.” Manajemen Dewantara 1, No. 1 (2017): 21–34. Https://Doi.Org/10.26460/Md.V1i1.45.

Aptaguna, Angga, And Endang Pitaloka. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek.” Widyakala Journal 3, No. 2012 (2016): 49. Https://Doi.Org/10.36262/Widyakala.V3i0.24.

Armel, Nurul Huda Dan Yollanda. “Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Brand Equity Terhadap Minat Beli Konsumen Pakaian Bekas Di Kios Jelita Desa Pambang Baru ….” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi 1, No. 1 (2021): 44. Https://Repository.Kampusmelayu.Ac.Id/Publications/332248/Pengaruh-Harga-
Kualitas-Produk-Dan-Brand-Equity-Terhadap-Minat-Beli-Konsumen-Pak.
Arsad, Burhanuddin, Hartoyo. “Pengaruh Harga Terhadap Minat Masyarakat Memproduksi Kain Tenun.” Jurnal Penkomi:Kajian Pendidikan & Ekonomi 4, No. 2 (2021): 62–74.

Askaria, Alda Oktitania, And Mohammad Arief. “Peran Green Marketing Terhadap Minat Beli Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Produk Love Beauty And Planet).” Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (Jkim) 1, No. 4 (2022): 479–88. Https://Doi.Org/10.21107/Jkim.V1i4.13508.

Dalimunthe, Laila Efrida. “Pengaruh Labelisasi Halal Produk Indomie Dan Harga Terhadap Purchase Intention Masyarakat.” Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah 1, No. 2 (2021): 1–15.

Dina Febriana Anggraini. “Pengaruh Pengalaman Pembelian, Kesadaran Lingkungan Dan Sikap Ramah Lingkungan Terhadap Minat Beli Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan Innisfree.” Tesis, 2022. File:///C:/A Tesis Desember/Dina.Pdf.

Djaali. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakrta: Bumi Aksara, 2020.

Edy Syahputra. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Haura Publishing, 2020.

Firdaus, Mukhammad, Siti Aisyah, And Eka Farida. “Pengaruh Customer Review, Customer Rating, Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kepercayaan Di Online Shop Shopee.” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-Bisma) 4, No. 1 (2023): 67–83. Https://Doi.Org/10.37631/Ebisma.V4i1.874.

Frastuti, Melia, And Royda. “Faktor Ekonomi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Menggunakan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Atap Di Kota Palembang.” Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam 5, No. 02 (2020): 49–60. Https://Doi.Org/10.33752/Bisei.V5i02.1122.

Halim, Nico Rifanto, And Donant Alananto Iskandar. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmu Dan Riset … 4, No. 3 (2019): 415–24. Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jirm/Article/View/2605.

Hanifah Nur’aini, M. Rasyid Ridla. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat Profesi (Studi Di Pos Keadilan Peduli Ummat Yogyakarta).” Uin Sunan Kalijaga, 2015.

Hartawan, Erick, Delfin Liu, Marc Richardo Handoko, Geraldo Evan, And Handyanto Widjojo. “Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce.” Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 8, No. 1 (2021): 217–28. Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V8i1.33853.

Http://Repository.Umy.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/31834/6.%20bab%20ii.Pdf?Sequence=6. “No Title,” N.D.

Ibrahim, Rustam, A. Mufrod Teguh Mulyo, And Lilis Fatimah. “Konsep Ramah Lingkungan Dalam Perspektif Alquran, Hadis, Dan Kitab Kuning Di Pesantren.” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21, No. 2 (2017): 209. Https://Doi.Org/10.29300/Madania.V21i2.578.

Ilhamsyah Pohan, Rosmita Ambarita, And Nur’ainun Hasibuan. “Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Sehat Bakery Sibuluan Indah.” Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen 1, No. 3 (2023): 66–74. Https://Doi.Org/10.59024/Jise.V1i3.103.

Imam Ghozali And Hengky Latan. Partial Least Squares Konsep Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0. Semarang: Undip, 2008.

Johan, Suryadi, Ratna Juwita, And Megawati Megawati. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Iklan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee Indonesia Pada Saat Pandemi (Studi Kasus Di Kota Palembang).” Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen 2, No. 2 (2021): 174–82. Https://Doi.Org/10.35957/Prmm.V2i2.867.
Kalthom Yahya, Wan, Norhusniyati Husin, Nik Rozila Nik Mohd Masdek, Siti Rohana Daud, And Najihah Abdul Rahim. “Green Products Buying Decision Among Young Male And Female Malaysian Consumers.” International Journal Of Academic Research In Economics And Management And Sciences 11, No. 1 (2022): 240–61. Https://Doi.Org/10.6007/Ijarems/V11-I1/12032.

Komite Nasional Keuangan Syariah. “Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.” Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2018, 1–443. Https://Knks.Go.Id/Storage/Upload/1573459280-Masterplan Eksyar_Preview.Pdf.

Laksani, Alit Devi, And I Made Wardana. “Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4, No. Issn: 2302-8912 (2015): 1902–17.

Lestari, Endah Rahayu, Hanifa Kirana Putri, Cornelia Anindita, And Maria Bernadhetta Laksmiari. “The Effect Of Green Product (Enviromental Friendly Drink), Green Advertising, And Environmental Concern To Green Trust And Implications On Purchase.” Jurnal Teknologi Pertanian 21, No. 1 (2020): 1–10.

Mahmoud, Thoria. “Impact Of Green Marketing Mix On Purchase Intention.”
International Journal Of Advanced And Applied Sciences 5 (February 1, 2018): 127–35. Https://Doi.Org/10.21833/Ijaas.2018.02.020.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. “Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Yang Terhubung Pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Umum, Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021.” Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, No. 948 (2021). Www.Peraturan.Go.Id.

Menurut Sutjipto. “Pengaruh Kepercayaan Dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di Laz Yayasan Insan Madani.” Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Ming Ming Lukiarti. “Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Sikap Terhadap Minat Beli Produk Hijau (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Hijau Di Kabupaten Rembang).” Buletin Bisnis & Manajemen Pengaruh 05, No. 2 (2019): 1–13.

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakrta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2004.

Mukaromah, Alviccenia Lailatul, I Gusti Ngurah Agung Eka Teja Kusuma, And Ni Putu Nita Anggraini. “The Effect Of Green Marketing, Brand Awareness And Price Perception On Purchase Decision.” International Journal Of Applied Business And International Management 4, No. 3 (2019): 75–83. Https://Doi.Org/10.32535/Ijabim.V4i3.685.

“No Title,” N.D. Https://Tafsirq.Com/7-Al-Araf?Page=6.

Olwinda Politon, Lucky Tamengkel, And Aneke Y. Pinuindoong Program. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5, No. 6 (2022): 2450–66. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i6.2338.

Republic Of Indonesia. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.79 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Energi Nasional.” Hukum Online, 2014, 1–60.

Ria Istiqomah. “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Produk Secara Online.” Skripsi, 2020.

Ritomiea Ariescy, Reiga, Egan Evanzha Y. A., And Reivica Anindita R. I. “Pengaruh
Iklan Hijau Dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Ades Di Kabupaten Jember.” Jurnal Mebis Manajemen Dan Bisnis 4, No. 2 (2019): 142–49.

Satria, Edia. “Pengaruh Persepsian Risiko, Kepuasan Dan Citra Harga Terhadap Niat Membeli Ulang Menggunakan M-Commerce Di Kalangan Masyarakat Kota Sungai Penuh, Dengan Kepercayaan Dan Sensitivitas Harga Sebagai Moderasi.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 3, No. 7 (2022): 820–28. Https://Doi.Org/10.36418/Jist.V3i7.455.

Setiawaty, Novia Anggraeny. “Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok).” Jurnal Ekonomi Bisnis 22, No. 1 (2017): 47–56.

Sholihah, Maratush. “Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Ice Cream Magnum.” Upajiwa Dewantara 2, No. 2 (2018): 112–24. Https://Doi.Org/10.26460/Mmud.V2i2.2021.

Sidharta, Iwan, And Boy Suzanto. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Transaksi Online Shopping Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce.” Jurnal Computech & Bisnis (E-Journal) 9, No. 1 (2015): 23–36. Http://Www.Jurnal.Stmik-Mi.Ac.Id/Index.Php/Jcb/Article/View/165%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Profile/Iwan-Sidharta/Publication/282021526_Pengaruh_Kepuasan_Transaksi_Online_Shopping_Dan_Kepercayaan_Konsumen_Terhadap_Sikap_Serta_Perilaku_Konsumen_Pada_E-C.

Siyoto, Sandu, Dan M.Ali Sondik. Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing, 2015.

Sudaryono. Metode Penelitian. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Sugeng Hariadi, Sari Angriani. “Pengaruh Persepsi Keyakinan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah.” Ekonomi Bisnis 23, No. 1 (2018): 1–9.

Sugiarto, Vinny, Riris Loisa, And Sudarto Sudarto. “Pengaruh Iklan Tips Lawan Covid-19 Ala Allianz Indonesia Terhadap Kepercayaan Merek.” Prologia 6, No. 1 (2022): 66. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V6i1.10288.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

———. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kombinasi (Mix Metode). Bandung: Alfabeta, 2015.

Tan, Christine Nya Ling, Adedapo Oluwaseyi Ojo, And Ramayah Thurasamy. “Determinants Of Green Product Buying Decision Among Young Consumers In Malaysia.” Young Consumers 20, No. 2 (January 1, 2019). Https://Doi.Org/10.1108/Yc-12-2018-0898.

Taufik Bagja Purnama. “Penentu Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan Dikalangan Gen Z Di Indonesia.” Thesis 01 (2022): 1–23.

Umar Bakti, Hairudin, Maria Septijantini Alie. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung Oleh.” Jurnal Ekonomi Oleh Program Pascasarjana, Universitas Borobudur 22, No. Cara Memanage Pemasaran (2020): 1.
Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Sosiohumaniora/Article/View/12249/6227.

Yayat Suharyat. “Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia.” Jurnal Region 2009, 1.3: 1-19. Hlm 8 1, No. 3 (2009): 8.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-27

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.