Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Internet Banking, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Sumut Syariah KCP Stabat

  • Amalul ‘Izzi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Internet Banking dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Sumut Syariah KCP Stabat baik itu secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 100 nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah, Kualitas Layanan Internet Banking berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, dan Kualitas Produk, Kualitas Layanan Internet Banking dan Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah.

Keywords: Internet Banking, Kepercayan, Kualitas Layanan dan Produk

References

Ali Hardana, Jafar Nasution, A. D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index

Anggraeni, C., Asy-Ary, M. H., Aljuned, R. A. Z., & Harahap, M. I. (2022). Pengaruh Biaya Transaksi dan Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan Nasabah Investasi: (Studi Kasus Nasabah Investasi Pasar Modal Syariah di Galeri Investasi Syariah FEBI UINSU). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 1365–1371.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126. https://doi.org/10.20476/jbb.v17i2.632

April, D., Simangunsong, Y., Lathief, M., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Sumut Syariah KCP Lubuk Pakam). Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 153–173. https://doi.org/10.59841/jureksi.v1i4.435

Ashilah, W. F., & Nawawi, Z. M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat dengan Pengetahuan Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 7(1), 01–13.

Barnes. (2023). Secret Of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan).
Basuki, A. T., & Yuliadi, I. (2015). Electronic Data Processing (SPSS 15 dan EVIEWS 7). Danisa Media.

Budi Setiawan, M., & Ukudi, U. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Pd. Bpr Bank Pasar Kendal). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), September 2007, Hal. 215-227 Vol.14, No.2, 14(2), 215–227.

Darwin, S., & Kunto, Y. S. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulifindonesia – Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.

Faqih, F. Al. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Tabungan Marhamah Pt Bank Sumut Kcp Syariah Karya. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 22. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506

Faruq, U., & Jennah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menabung pada Produk Tabungan Mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang Camplong. Mabny: Journal of Sharia Management and Business, 3(01), 22–34. https://doi.org/10.19105/mabny.v3i01.9111

Fitri, S., & Arifin, M. (2013). PADA ASURANSI TAKAFUL KELUARGA BANDA ACEH peserta panjang umur sampai akhir perjanjian , anak sebagai penerima hibah. 2(2), 188–214.

Habibie, D. R. S., & Murtani, A. (2023). Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 122–136.

Herawati, N., Hidayat, A., & Suwarsito, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mitra Manajemen, 2(5), 522–535. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i5.157

Hidayat, R., Industri, J. T., & Madura, U. T. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.59-72

Lubis, N. P. S. (2023). Analisis Periklanan Dan Suku Bunga Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Sumut. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v4i1.143

Maharani, R., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada BSI ex BSM). Jurnal Syarikah, 7(2), 127–136. www.bankbsi.co.id

Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212

Munawaroh. (2021). Penerapan Nilai Islam Pada Bank Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Masyarakat Medan. Uin, 162.

Nursiana, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Intermediasi Kepuasan Nasabah Dan Nilai Yang Dirasakan Nasabah. ULTIMA Management, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.31937/manajemen.v3i1.172

Oktaviani, N. V, Santoso, A., & ... (2021). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kediri Trade Center. Risk: Jurnal Riset Bisnis …, 2. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/view/2176%0Ahttp://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/download/2176/1850

Permana, T., Puspitaningsih, A., Oleo, U. H., & Oleo, U. H. (2020). Determinan Pembiayaan Musyarakah Pada. 5(2), 1–15.

Program, D., Manajemen, S., Program, A., & Manajemen, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Frontliner Terhadap. 10(2).

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Rafidah. (2019). 220478-Kualitas-Pelayanan-Islami-Pada-Perbankan. Nalar Fiqh, 10(2), 113–126.
Rahmayani, & Fuadi, A. (2022). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Sumut Syariah Cabang Stabat. Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 207–115.

Rastini, N. M. (2021). NASABAH DAN LOYALITAS NASABAH BANK MANDIRI CABANG VETERAN DENPASAR BALI I Gede Yogi Pramana 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Bisnis perbankan merupakan bisnis jasa yang berdasarkan asas kepercayaan , sehingga dalam memi. 5(1), 706–733.

Rukmiati Rumadan, Noor Shodiq Askandar, dan M. A. (2019). Pengaruh Implementasi Syariah Governance Terhadap Loyalitas Nasabah. E-JRA Vol. 07 No. 01 Agustus 2018, 07(01), 32–45.

Salay, V. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Loyalitas Nasabah Pada Bank Bri Cabang Kertajaya Di Surabaya. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen.
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik Dengan SPSS 25. PT. Elex Media Komputindo.

Sembiring, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.

Silvia, T. (2022). Pengaruh Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Loyalitas Konsumen 212 Mart Kota Tebing Tinggi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(6), 1173–1180. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i6.1144

Siswoyo, E., Bank, P. T., & Pemuda, J. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada pt bank jateng pemuda semarang. 1–11.

Winanda, A., Rahma, T. aInda F., & Syahriza, R. (2021). Pengaruh Brand Equity Terhadap Loyalitas Nasabah Menabung. Jimebis, 2(2), 123–136.

Zuardi, M., Nurhayati, N., & Marpaung, M. (2023). Model Keputusan Memilih Produk Berdasarkan Atribut Produk, Promosi Dan Komitmen Religius Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Di Bank Sumut Syariah. Istinbath, 21(2), 333–350. https://doi.org/10.20414/ijhi.v21i2.571
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-07-31
How to Cite
‘Izzi, A., Harahap, M., & Nasution, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Internet Banking, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 1984-1997. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1740

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.