Analisis Penggunaan Fitur Pembayaran Online E-Commerce Dan Top Up E-Wallet Terhadap Kenyamanan Bertransaksi Menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Sumatera Utara)

  • Muthia Hafsari Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Ahmadi Bi Rahmani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nuri Aslami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan fitur pembayaran online e-commerce dan top up e-wallet terhadap kenyamanan bertransaksi menggunakan BSI mobile, dengan fokus pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera. Penggunaan teknologi digital dalam transaksi sehari- hari semakin meningkat, namun belum banyak dikaji sejauh mana efektivitas dan persepsi pengguna terhadap fitur-fitur ini. Studi ini penting untuk memahami manfaatnya dalam meningkatkan efisiensi transaksi dan mendukung pengembangan layanan yang lebih baik di platform BSI mobile. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling; simple random sampling menggunakan rumus slovin sehingga jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fitur (X1) dan Fitur (X2) secara signifikan terdapat pengaruh variabel e-commerce terhadap variabel kenyamanan bertransaksi BSI mobile (Y), sehingga secara signifikan, fitur e-commerce, top up e-wallet dan kenyamanan bertransaksi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam layanan bertransaksi menggunakan BSI mobile

Keywords: Pembayaran Online;E-Commerce;Top UP; E-Walllet; BSI Mobile

References

Armiansyah.M,F,.(2023) Pengaruh Fitur E-Commerce Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Aplikasi BSI MOBILE
Bisnis, J. M., Saing, D., & Alwendi, U. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan. 17(3).
Damyanti, D. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Pertamabangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016) (Doctoral dissertation, Sekolah T. 30–40
Firmansyah, & Dacholfany, M. I. (2018). Uang Elektronik Dalam Perspektif Islam. Iqro Penerbitan.
Iqbal. (2022)., ANALISIS PENGARUH FITUR E-COMMERCE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING BSI.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023 (diakses 28 juli 2024).
https://data.goodstats.id/statistic/96-masyarakat-indonesia-sudah-menggunakan-e-wallet-itxIc (diakses 28 juli 2024).
https://data.goodstats.id/statistic/mobile-banking-terpopuler-di-indonesia-2024-MdFQB(diakses 28 juli 2024).
Ifani, Y., Navanti, D., & Sumantyo, F. D. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan M Banking KB Star Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank KB Bukopin Tbk Cabang Bekasi. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 148–162.
Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18.
Kurniawati, A. D. (2019). Transaksi E-Commerce dalam Perspektif Islam. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 2(1), 90.
Literasi, P., Digital, K., Sosial, D. A. N., & Terhadap, E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Digital Dan Sosial Ekonomi Terhadap Pemanfaatan Digital Payment Dengan Budaya Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 8(1), 30–43.
Napitupulu, R. M. (2015). Pandangan Islam Terhadap Jual Beli Online Rodame Monitorir Napitupulu Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. At-Tijaroh, 1(2), 127.
Nasution, R. W. S., & Aslami, N. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Meningkatnya Kepuasan Pelanggan. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 111–118.
Nur Khotijah, S., Mawardi, M. C., & Hidayati, I. (2022). Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas Layanan dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Pengguna Mobile Banking. El-Aswaq: Islamic Economic and Finance Journal V0l. 3, No. 2, Tahun 2022, 3(2), 541–551.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104.
Pradiatiningtyas, D., Dewa, C. B., Safitri, L. A., & Kiswati, S. (2020). The Effect of Satisfaction and Loyalty towards Digital Payment System Users among Generation Z in Yogyakarta Special Region. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1).
Riswandi. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.
Seputri, W., Soemitra, A., & Bi Rahmani, N. A. (2022). Pengaruh Technolgy Acceptance Model terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai Cashless Society. MES Management Journal, 2(2), 116–126.
Sihotang, L., & Hudi, I. (2023). Penerapan M-Banking Dalam Meningkatkan Jasa, Layanan Perbankan Di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru Sudirman. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 4(2), 106–114.
Suci Arifah Lubis, Tuti Anggraini, & Muhammad Ikhsan Harahap. (2024). Pengaruh Social Media Advertising dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management), 2(2), 131–145.
Syahvitri, A., & Sugianto. (2022). Analysis of Murabahah Financing Marketing Strategy in Attracting Indonesian Sharia Bank ( BSI ) Customers at KC Stabat Analisis Strategi Marketing Pembiayaan Murabahah Dalam Menarik Minat Nasabah Bank Syariah Indonesia ( BSI ) KC Stabat. Jurnal Emba Review, 2(1), 93–100.
Sofiani, T. (2023). TRANSAKSI E-COMMERCE: PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Media Neliti, 7.
Wahyudi, W. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68.
Wardani, A. W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) TBK
Yani, S., Usdeldi, U., & Ridho, T. (2024). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan BSI Mobile ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). ECo-Fin, 6(2), 341–349.
Zainuddin Iba, A. W. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.
     Plum Analytic Metrics

Published
2024-08-15
How to Cite
Hasibuan, M., Rahmani, N., & Aslami, N. (2024). Analisis Penggunaan Fitur Pembayaran Online E-Commerce Dan Top Up E-Wallet Terhadap Kenyamanan Bertransaksi Menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Sumatera Utara). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(2), 2121-2133. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1772

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.