Pengaruh Promosi, Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Perkembangan aplikasi digital yang semakin canggih telah menghadirkan fenomena baru dalam pola konsumsi masyarakat, khususnya dengan hadirnya layanan seperti kredit digital. Kemudahan akses kredit digital ini telah merambah berbagai lapisan masyarakat, tidak terbatas pada golongan tertentu saja. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari upaya promosi, kemudahan proses transaksi, serta tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini mencakup seluruh elemen masyarakat. di Kecamatan Cluwak pada tahun 2023 yang menggunakan Shopee Paylater. Adapun jumlah subjek yang menjadi sampel dalam studi ini adalah sebanyak 100 orang, didasarkan pada pengguna berusia 18 tahun dan menggunakan layanan Shopee Paylater. Dalam melakukan analisis, metode regresi linear berganda yang digunakan menunjukkan bahwa promosi, kemudahan transaksi, dan tingkat kepercayaan secara terpisah memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji signifikansi (p < 0,05) mengindikasikan bahwa semakin gencar aktivitas promosi, semakin mudah transaksi yang dapat dilakukan dan semakin tinggi kepercayaan pengguna maka akan meningkatkan determinasi konsumen dalam melakukan pembelian. Implikasi dari hasil kajian ini adalah pentingnya memperhatikan dan meningkatkan aktivitas promosi, kemudahan bertransaksi, serta tingkat kepercayaan, guna mendorong determinasi pembelian konsumen, terutama melalui fasilitas Shopee Paylater.
References
Adityaa, N., & Ritonga, H. J. (2023). Strategi Komunikasi Shopee Dalam Meningkatkan Penjualan Terhadap Kaum Millenial Melalui Fitur Paylater. Jurnal Indonesia: Manajemen …. http://journal.amikindonesia.ac.id/index.php/jimik/article/view/351%0Ahttp://journal.amikindonesia.ac.id/index.php/jimik/article/download/351/255
Anggraeni, W. N., Setianingsih, W. E., & Sumowo, S. (2024). The Effectiveness Of Online Promotion Through Instagram Social Media In Increasing Sales In@ Rosalina_Shop Using The Aida Method. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 200-208.
Devi, A. H., Bambang, M., & Ratna, D. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online Pengguna Situs Shopee. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 12(2004), 6–25.
Diva, Lufiana Putri, & Inten, E. P. (2022). Benarkah Paylater Bikin Candu dan Utang Menumpuk? Begini Kata Ekonom. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/07/203000965/benarkah-paylater-bikin-candu-dan-utang-menumpuk-begini-kata-ekonom?page=all#page2
Gemilang, B., Sutedjo, B., Kunci, K., Konsumen, K., Pelanggan, N., Merek, C., & Konsumen, K. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Laptop ASUS Republic of Gamers). Jurnal Mirai Management, 8(2), 400–407.
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253–274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912
Mustaqor, A., & Winanto, S. (2022). Pengaruh Payment Gateway dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Etika Konsumsi Islam Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Produk Mukenah Dalanova, Widiping. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–7. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921
Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704
Ramadhan, S., Karim, N. K., & Nurabiah, N. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pembayaran Shopee Paylater. Ganec Swara, 18(1), 209. https://doi.org/10.35327/gara.v18i1.751
Saputra, M., Sari, N., Wahyuningsih, Y., & Lislindawati, L. (2023). Keputusan Pembelian Konsumen Gender Pria Di E-Commerce. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1527–1545. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3558
Sentosa, H. P., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace E-Commerce Shopee. Nobel Management Review, 4(1), 105–117.
Siti, S., Widya, H. L., & Ricky, F. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Online Pada E-Marketplace Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(6), 669–679.
Taqiy, R. N., Sudjanarti, D., Niaga, A., Malang, P. N., & Appeal, E. (2023). Pengembangan Desain Kemasan Produk Sebagai Media Promosi Memanfaatkan Program Coreldraw Pada. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 13–19.
Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 452–462.
www.bbc.com. (2022). Akibat “beli sekarang bayar nanti”, banyak anak muda terjerat utang paylater – ‘Saya tidak bisa kredit rumah.’ BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/articles/cml0eempvkno
Yoga, S. (2024). OJK Panggil SPaylater Buntut Aduan Nasabah. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2024/04/04/210000326/ojk-panggil-spaylater-buntut-aduan-nasabah
Zahroh, A., Septiana, A., & Arief, R. Z. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online Spaylater pada Mahasiswa di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 55–62. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.63061

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


