Pengaruh CR, DER dan ROA terhadap DPR pada Perusahaan Manufaktur di BEI

  • Sri Fitri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Shareza Hafiz Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Rasio Keuangan, Dividend Payout Ratio dan Perusahaan Manufaktur

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dan Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Pada penelitian ini penulis melakukan perhitungan rasio likuiditas yaitu Current Ratio (CR), melakukan perhitungan rasio solvabilitas yaitu Debt to Equity Ratio (DER), melakukan perhitungan rasio profitabilitas yaitu Return on Asset (ROA) dan juga rasio market value yaitu Dividend Payout Ratio (DPR). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Sampel penelitian sebanyak 7 perusahaan dari 45 perusahaan.

       Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), ada pengaruh Debt to Equity Ratio (DER)terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), ada pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dan ada pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Asset (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2011-2015.

Published
2018-06-01
How to Cite
Wahyuni, S., & Hafiz, M. (2018). Pengaruh CR, DER dan ROA terhadap DPR pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2), 25-42. Retrieved from https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/18