Pengaruh Kualitas Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Pemandian Air Panas “Aek Milas Siabu” Kabupaten Mandailing Natal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung pemandian air panas Aek Milas Siabu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan pengunjung tentang kualitas fasilitas wisata yang ada di lokasi pemandian air panas Aek Milas Siabu yang buruk dan belum memuaskan mereka. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik regresi linear sederhana. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada 69 orang responden. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa variabel kualitas fasilitas wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung pemandian air panas Aek Milas Siabu dengan kontribusi sebesar 23,6%, sedangkan sisanya 76,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam hal ini variabel kualitas fasilitas wisata memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung pemandian air panas Aek Milas Siabu.
This research aims to know the influence of the quality of tourism facilities to visitors satisfaction in Aek Milas Siabu Hot Springs. The background of this research is too many visitors complaints about their dissatisfactions. Some of them disappointed with the quality of tourism facilities in Aek Milas Siabu Hot Springs. This is a quantitative research and use simple linear regression technique. This research use questionnaires with 69 visitors as samples and data processing with Software SPSS. From this research researcher know that the quality of tourism facilities have positive and significant influence to visitors satisfaction in Aek Milas Siabu Hot Springs. The contributes of the quality of tourism facilities to visitors satisfaction are 23,6% and 76,4% explained by others variables. The quality of tourism facilities have positive effects to visitors satisfaction in Aek Milas Siabu Hot Springs.
References
Alfabeta.
Andayani, Ni Luh Henny (2014), Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hurriyati, Ratih (2015), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: CV Alfabeta.
Priyatno, Dwi (2008), Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta: MediaKom.
Ratnasari, Ririn Tri (2011), Manajemen Pemasaran Jasa, Bogor: Ghalia Indonesia.
Umar, Husein (2013), Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis, Edisi Kedua, Jakarta:
Rajawali Pers.
Yazid, (2008), Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi, Yogyakarta: Ekonisia.
Sumber Jurnal
Putri, M. P. (2017). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Gua Pindul. Jurnal Tata Kelola Seni, 1(2), 68–81. https://doi.org/10.24821/jtks.v1i2.1642n Pengunjung Obyek Wisata Gua Pindul. Jurnal Tata Kelola Seni, 1(2), 68–81. https://doi.org/10.24821/jtks.v1i2.1642
Stevianus, S. (2014). Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 19(3), 6022.
Suchaina. (2014). Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana dan Prasarana Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. Jurnal Psikologi, 2(2), 89–109. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1072/938
Sulistiyana, R. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(2), 86214.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
							

