Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi

  • Sulhak Sulhak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala
  • Mohammad Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala
  • Agustin HP Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan siswa pada SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi yang berjumlah 1.178 siswa. Metode pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan purposive samping maka sample yang dipilih berjumlah 102 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tangibelity, reliabiliti, responsivenes, assurance dan empathy secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan siswa di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Secara parsial variabel tangibelity, reliabiliti, responsivenes dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Sedangkan variabel assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Selain itu hasil penelitian ini juga menyebutkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan siswa di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi adalah variabel tangible dengan nilai 0,441 atau 44,1%.

Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Siswa

References

Ainna, N., Paramono, S. E., & Subagyo. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Sekolah, dan Kepuasan Siwa Terhadap Loyalitas Siswa Islam Sudirman 2 Ambarawa. Educational Management, 5(2), 156–162.
Alfiani, A. (2016). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik di Subbag Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Berry, L. L., Zeithaml, V. A., & Parasuraman, A. (1988). Communication and Control Processes in the Delivery of Service Quality. [s.l]: [s.n].
Desthiani, U. (2020). Peran Pelayanan Prima Kasir Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Aeon Indonesia Tangerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang |, 7(1).
Fasani, R. F. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa di SMA MTA Surakarta. BISE Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(2), 41.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Habibah, Siti, K. B. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMK Swasta Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UNIKOM, 02(01), 63–71. Retrieved from file:///C:/Users/007/Downloads/207-Article Text-601-1-10-20170421 (1).pdf
Hadi, D. P. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Ekonomi-Akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 23.
Malhotra, N. K. (2010). Marketing research: an applied orientation. Boston: Pearson Education.
Malhotra, N. K., Birks, D. F., & Wills, P. (2012). Marketing research: an applied approach. Harlow: Pearson Education.
Nuryatno, Y. J. (2013). Kualitas Layanan Dan Positive Word of Mouth. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(2), 148–154. https://doi.org/10.15294/jdm.v3i2.2452
Radja, N. R., Supramono, S., & Sulasmono, B. S. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Atas Kepuasan Siswa Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Siswa Di Smk Kristen Salatiga. Satya Widya, 29(2), 83. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p83-92
Samosir, Z. Z. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 28–36.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2014). Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (April 1952), 80.
Yulianti, Y. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Gap Analysis Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 31–48.
Yulista. (2015). KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH BATANG (Tahun Ajaran 2014/2015). Economic Education Analysis Journal, 4(1).
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-05-31
How to Cite
Sulhak, S., Firdaus, M., & HP, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 23-35. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.186

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.