PENGARUH KEMUDAHAN INFORMASI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN BERSEDEKAH DI MASJID – MASJID KOTA BATAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kenyamanan informasi dan kualitas informasi berpengaruh pada keputusan untuk memberikan amal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Sebelumnya dilakukan uji validitas, uji reliabilitas menggunakan nilai koefisien Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara parsial (uji-t) variabel Kemudahan Informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemberian dan kemudahan informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemberian di Batam. masjid. Hasil pengujian simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kemudahan informasi dan kualitas informasi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemberian. Koefisien R2 yang disesuaikan sebesar 0,401, yang berarti bahwa variabel tersebut dapat dijelaskan oleh kemudahan informasi dan variabel kualitas informasi sebesar 40,1%, sedangkan sisanya 59,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model.
References
Aisyah, S. (2013). Membangun Kekuatan Ekonomi Masjid. Jurnal Syari’ah, 2(2), 51–62.
Amalina, D. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Religi Masjid Agung Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. Progress in Physical Geography, 4(2), 1–19. https://doi.org/10.1177/0309133309346882
Amijaya, G. R. (2000). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Interfaces, 30, 117–118.
Andarsari, P. R. (2017). Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Lembaga Masjid). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 143–152. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.12
Aulia, F. R., Zulkifli, D., & Sanep, Ahmad. (2012). Model Perilaku Kepatuhan Zakat: Suatu Pendekatan Teori. Iqtishoduna, Mueller 1986. https://doi.org/10.18860/iq.v0i0.1744
Basit, A. (2009). Strategi Pengembangan Masjid Bagi Generasi Muda. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 270–286. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i2.130
Becker, D. V., Kenrick, D. T., Neuberg, S. L., Blackwell, K. C., & Smith, D. M. (2007). The confounded nature of angry men and happy women. Journal of Personality and Social Psychology, 92(2), 179–190. https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.2.179
Fitriani, F. (2017). Peranan Dan Fungsi Perpustakaan Masjid Dalam Mencerdaskan Umat Islam. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(10), 52. https://doi.org/10.18592/pk.v5i10.1619
Hartanto, S. (2019). The Prosperity Of The Mosque Concepts. Journal Ecoplan, 2(2), 90–98. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hentika, N. (2014). Meningkatkan Fungsi Masjid Melalui Reformasi Administrasi (Studi Pada Masjid Al Falah Surabaya). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 305–311.
Huda, M., & Fauzi, A. (2019). Sistem Pengelolaan Wakaf Masjid Produktif Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Masjid Ismailiyyah Nalumsari Jepara). Jurnal At-Tamwil, 1(2), 27–46.
Jumhan, A. (2019). Menghidupkan Shalat Berjamaah Di Masjid Nurul Jannah Serikembang Iii Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (2019), 1(2), 98–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Juran, J., & Godfrey, A. (1998). Juran’s Quality Handbook, 5th Edition. In Juran’s Quality Handbook, 5th Edition.
Katili, A. Y., & Kamaru, I. (2018). Transparansi Pemanfaatan Dana Bantuan Oleh Badan Ta’mirul Masjid Asshabirin Di Desa Ilohuuwa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 5(1), 35–43.
Mahardika, B. T. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Managemen Masjid Berbasis Web ( Studi Kasus : Yayasan Masjid Darul Maarif Daaima Jakarta ). Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 1–12.
Marteau, T. M. (1989). Framing of information: Its influence upon decisions of doctors and patients. British Journal of Social Psychology, 28(1), 89–94. https://doi.org/10.1111/j.2044-8309.1989.tb00849.x
Monisa, M. (2013). Persepsi Kemudahan Dan Kegunaan Opac Perpustakaan Unair. Juirnal Unair, 2(1), 1–6. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-Jurnal Martina.pdf
Muh Said, N. (2016). Manajemen Masjid ( Studi Pengelolaan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta ). Jurnal Tabligh, 84–96.
Muliana, H. (2017). Hubungan Antara Kualitas Layanan Perpustakaan Masjid Dengan Tingkat Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung. Edulibinfo, 3(1), 21–29.
Nurhidayati, W., Mufidah, E., Addaai, N., Ishom, A., & Choirul, M. (2019). Sejarah Sosial Pendidikan Islam Pada Era Kenabian. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–12.
Parasuraman, Zeithaml, V., & Berry, L. (1994). Alternative Scales for Measuring Service Quality: A Comparative Assessment Based on Psychometric and Diagnostiv Criteria. Journal of Retailing, 70(3), 201–230.
Putra, A., & Rumondor, P. (2019). Eksistensi Masjid Di Era Rasulullah. Tasamuh, 17(1), 245–264. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v17i1.1218
Rahayu, R. A. (2017). Tranparansi dan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 631–638. https://doi.org/10.22219/jrak.v4i2.4948
Ramadhan, A., Hasanah, I., & Hakim, R. (2019). Potret Masjid Sebagai Basis Pemberdayaan Ekonomi Umat. Iqitishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 31–49.
Robiatul Auliyah. (2009). Studi Fenomenologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan Robiatul Auliyah. Jurnal Studi Manajemen, 2005.
Satria, P. N., & Ridlwan, A. N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Donatur Membayar Zis Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 64–71.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (1997). Comportamento Do Consumirdor (Issue 7).
Sofwan, R. (2013). Penguatan Manajemen Pemberdayaan Fungsi Masjid Al-Fattah di Kelurahan Krapyak Semarang. DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 315–334.
Susantok, M., Darwis, R. S., & Akbar, M. (2019). Implementasi teknologi papan informasi digital pada Masjid Al Bayan Kelurahan Limbungan Baru Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 511–517. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.511-517
Taylor, S., & Todd, P. (1995). Assessing IT usage: The role of prior experience. MIS Quarterly: Management Information Systems, 19(4), 561–568. https://doi.org/10.2307/249633
Tho’in, M. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 73.
https://doi.org/10.18326/muqtasid.v2i1.73-89
Zikmund, W. G. (2013). Business Research Methods. In Cengage Learning. https://doi.org/10.1063/1.3033960

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
							

