Analisis Akuntabilitas Kerja Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Perizinan (Studi Kasus di Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah)

  • Zafril Abdi Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Washliyah Sibolga
Keywords: Akuntatabilitas, Pelayanan KTP, KK, dan Perizinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui akuntabilitas kerja berpengaruh terhadap pelayanan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan perizinan pada Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Adapun hipotesis penelitian ini adalah :Akuntabilitas kerja berpengaruh terhadap pelayanan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan perizinan pada Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah.

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Badiri dan sampel dalam penelitian berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden, menunjukkan hubungan antara akuntabilitas kerja terhadap pelayanan adalah kuat, dimana koefisien korelasi diperoleh 0,63Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh 39,69%. Berdasarkan model regresi linear sederhana yang diperoleh persamaan regresi adalah Y = 2,50 + 0,67x menunjukkan hubungan antaraakuntabilitas kerja terhadap pelayanan kearah yang positif.Berdasarkan uji t diperoleh sebesar 8,09 dan ttabel =1,980, maka dapat dikatakan thitung > dari ttabel dapat ditarik kesimpulan bahwa Hdapat diterima. Disarankan dari segi pelayanan publik, hal yang perlu ditingkatkan adalah kualitas yang sudah dibangun untuk menciptakan kepuasan masyarakat dipertahankan dengan sikap ramah pegawai, berpenampilan baik serta mengerti kebutuhan dan menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Selain itu pelayanan hendaknya dilakukan secara lebih mudah cepat dan sesuai dengan prosedur dan perundang-undangan yang berlaku.

Published
2018-01-28
How to Cite
Nasution, Z. (2018). Analisis Akuntabilitas Kerja Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Perizinan (Studi Kasus di Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.2