Analisis Fasilitas, Harga Tiket, Daya Tarik dan Souvenir Shopping Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Obyek Wisata Telaga Sarangan Magetan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fasilitas, Harga Tiket, Daya Tarik, Souvenir Shopping terhadap Minat Berkunjung Kembali pada obyek wisata Telaga Sarangan Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan assosiatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung obyek wisata telaga Sarangan. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 385 responden berdasarkan rumus Lemeshow dikarenakan populasinya tidak diketahui pasti jumlahnya. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pendekatan kuantitatif Regresi Linier Beranda dengan alat analisis statistic SPSS-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh fasilitas terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 2) Terdapat pengaruh harga tiket terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 3) Terdapat pengaruh daya tarik terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata pada pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 4) Terdapat pengaruh Souvenir Shopping terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata telaga Sarangan Magetan. 5) Secara simultan terdapat pengaruh fasilitas, harga tiket, daya tarik dan Souvenir Shopping terhadap minat berkunjung kembali pada pada objek wisata telaga Sarangan Magetan.
References
Bellboy, M. (2025a). 10 Oleh-Oleh Khas Magetan Jawa Timur, Makanan sampai Batik.
Bellboy, M. (2025b). Mengenal Telaga Sarangan: Inilah Legenda dan Daya Tarik Wisatanya. TRAVELOKA.
Choi, M. (2017). Shopping Tourist Satisfaction: An Application of Hedonic and Utilitarian Values. Journal of Tourism & Hospitality, 06(05). https://doi.org/10.4172/2167-0269.1000308
Elake, A. A., Ronald, S., Saleky, J., & Ufie, A. J. R. (2024). VOL 3 , NO . 1 , MARET 2024 Fasilitas Wisata Dan Pengharuhnya Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Pantai Hunimua , Kabupaten Maluku Tengah. 3(1), 264–272.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Ketiga). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hari, et al. (n.d.). THE INFLUENCE OF SOUVENIR SHOPPING AND DESTINATION IMAGE ON DIGITAL ADVOCACY BEHAVIOR THROUGH TOURIST SATISFACTION IN MAGETAN DISTRICT, INDONESIA.
Indriastuty, N., Eko Saputro, W., & Sukimin, S. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56–73. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.108
Irine Eka Buana Dewi, H. P. (2022). tourism facility revisit intention IDN. 2(4), 391–400.
Ishomuddin. (2025). Wisata Telaga Sarangan, Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiketnya. TEMPO.
Kim, S. H., & Yoo, B. K. (2017). The effects of korean wave and heuristic on shopping behavioral intention of Chinese consumers. Journal of Distribution Science, 15(9), 53–62. https://doi.org/10.15722/jds.15.9.201709.53
Kong, W. H., & Chang, T. Z. (Donald). (2012). The Role of Souvenir Shopping in a Diversified Macau Destination Portfolio. Journal of Hospitality Marketing and Management, 21(4), 357–373. https://doi.org/10.1080/19368623.2011.615022
Kotler Philip & Keller Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran (13 jilid 2). Erlangga.
Li, M., & Cai, L. A. (2008). Souvenir shopping attitudes and behavior among chinese domestic tourists: An exploratory study. Journal of China Tourism Research, 4(2), 189–204. https://doi.org/10.1080/19388160802313787
Lin, C. H. (2014). Effects of Cuisine Experience, Psychological Well-Being, and Self-Health Perception on the Revisit Intention of Hot Springs Tourists. Journal of Hospitality and Tourism Research, 38(2), 243–265. https://doi.org/10.1177/1096348012451460
Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 191–200. https://doi.org/10.30871/jaemb.v6i2.1014
Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. Jambura, 6(1), 225–241. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Ningsih, D. A. A. (2020). Dia+Ayu+Anggraeni+Ningseh.
Pendit, N. S. (2014). Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Pradnya Paramita.
Philip kotler, G. A. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.
Ria Murdani, & Lidya Martha. (2023). Fasilitas, Lokasi Dan Daya Tarik Wisata Pada Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Pantai Carocok Painan. NAWASENA : Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 64–81. https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i1.616
Sadiyah, H. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 1(2), 115–125. https://doi.org/10.38156/imka.v1i2.77
Sthapit, E., & Björk, P. (2019). Relative contributions of souvenirs on memorability of a trip experience and revisit intention: a study of visitors to Rovaniemi, Finland. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 19(1), 1–26. https://doi.org/10.1080/15022250.2017.1354717
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Suhartanto, D. (2018). Tourist satisfaction with souvenir shopping: evidence from Indonesian domestic tourists. Current Issues in Tourism, 21(6), 663–679. https://doi.org/10.1080/13683500.2016.1265487
Sulistyono, D., Sanaji, S., & Artanti, Y. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Pariwisata, Aksesbilitas, Pengalaman Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Kawasan Wisata Telaga Sarangan Magetan). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 2717–2736. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11462
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (1st ed.). Andi.
Victor T.C. Middleton, J. R. C. (2012). Marketing in Travel and Tourism (3rd Editio). Butterworth- . Heinemann. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780080511108
Winanto, E. F., & Djunaid, I. S. (2024). Pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Kebun Raya Bogor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4042
Wong, I. K. A., & Wan, Y. K. P. (2013). A Systematic Approach to Scale Development in Tourist Shopping Satisfaction: Linking Destination Attributes and Shopping Experience. Journal of Travel Research, 52(1), 29–41. https://doi.org/10.1177/0047287512457263
Yoeti, O. A. (2016). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa.
Yusuf, I. S. H., Demayanti, R., & Pratama, R. (2022). The Effect of Accessibility and Facilities on Return Interest with Tourist Satisfaction as Intervening Variable (Tourism of Boki Maruru Cave, Central Halmahera Regency). Budapest Internasional Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 11799–11809.
Zhang, J., Wu, Y., Gu, S., Yang, F., Zhu, Y., & Weijer, J. van de. (2017). 1 Introduction. The Phonology of Shanghai Sign Language, July, 1–34. https://doi.org/10.1515/9783111045559-001

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.