Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Lazada

  • Latifah Amanda Fibrian Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang
  • Alimuddin Rizal Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang

Abstract

Meskipun Lazada saat ini berada di peringkat kedua Top Brand Award, situs e-commerce tersebut telah mengalami penurunan setiap tahunnya. Beberapa aspek yang diperhatikan pelanggan saat menggunakan dan melakukan pembelian menjadi penyebab penurunan ini. Penelitian ini meneliti pengaruh antara kemudahan penggunaan, kepercayaan dan promosi penjualan dalam menentukan minat pembelian ulang.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang konsumen lazada. Populasi penelitian ini semua pengguna Lazada. Sampel yang digunakan berjumlah 95. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Kuesioner yang disebarkan di media sosial digunakan untuk mengumpulkan data. Metode yang digunakan kuantitatif dan analisis data menggunakan SPSS versi 25, dengan analisis regresi linier berganda. Menurut temuan peneliti, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang, dan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli ulang.

Keywords: Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan , Promosi Penjualan, Minat Beli Ulang

References

Andjarwati, A. L., & Rohmatin, I. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kemudahan PenggunaanTerhadap Niat Beli Ulang Dengankepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 1– Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 7, 104–112.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54–70. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer repurchase intention: A general structural equation model. In European Journal of Marketing (Vol. 37, Issues 11–12). https://doi.org/10.1108/03090560310495456

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. In British Library Cataloguing-in-Publication Data.

Mahendra Innukertarajasa, I., Hayuningtias, K. A., & Semarang, U. S. (2023). The Effect Of Trust, Consumer Attitude, And Online Consumer Review On Purchase Decisions In E-Commerce Shopee (Case Study On College Students In Semarang) Pengaruh Kepercayaan, Sikap Konsumen Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7881–7889. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 334–359. https://doi.org/10.1287/isre.13.3.334.81

Mu’arotun, R. E., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Kredit Pt Pegadaian (Persero) Cabang Demak. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 311. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4134

Prathama, F., & Sahetapy, W. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan. Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management, 7(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8142/7326

Puspita, D. A., & Astuti, S. R. T. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan, dan Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Tokopedia di Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 12(3), 1–12.

Rani, R. P., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Marketplace Tokopedia Di Rembang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 141–151. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/2149

Samuel, S., Widjaja, D., & Raynaldo, M. (2022). Pengaruh iklan, promosi penjualan, dan gaya hidup terhadap minat pembelian kembali mahasiswa dalam berbelanja online di shopee pada masa pandemi. NCBMA (Universitas Pelita Harapan, Indonesia), 627–636.
     Plum Analytic Metrics

Published
2025-07-07
How to Cite
Fibrian, L., & Rizal, A. (2025). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Lazada. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 8(2), 1495-1504. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v8i2.2150

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.