Optimasi Kinerja Operasional Terminal Petikemas Berdasarkan Handling Capacity (Studi Kasus Terminal Petikemas Koja Tanjung Priok)
Abstract
Pelabuhan merupakan simpul penting dalam sistem logistik nasional. Namun, kinerja operasional pelabuhan di Indonesia masih belum optimal, yang berdampak pada tingginya biaya logistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja operasional Terminal Petikemas Koja di Pelabuhan Tanjung Priok dengan pendekatan handling capacity. Fokus utama penelitian adalah pelayanan kapal, khususnya kecepatan bongkar muat yang dipengaruhi oleh penggunaan alat bongkar muat seperti Quay Container Crane (QCC), Rubber Tyred Gantry Crane (RTG), dan Head Truck(HT). Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data operasional dari Terminal Operation System selama periode 2020–2024, dan dilakukan simulasi regresi linear berganda serta optimasi menggunakan metode linear programming untuk menentukan komposisi alat yang paling efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi optimal untuk mencapai Vessel Operating Rate (VOR) tertinggi adalah 5 QCC, 17 RTG, dan 42 HT. Model regresi yang dihasilkan menunjukkan bahwa peningkatan VOR berkontribusi signifikan dalam menurunkan waktu kerja dermaga (Berth Working Time/BWT), yang berdampak langsung pada pengurangan biaya tambat kapal. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengelolaan fasilitas terminal secara optimal demi mendukung efisiensi logistik nasional.
References
Cahyono, R. T., Kenaka, S. P., & Jayawardhana, B. (2022). Simultaneous Allocation and Scheduling of Quay Cranes, Yard Cranes, and Trucks in Dynamical Integrated Container Terminal Operations. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 23(7), 8564–8578. https://doi.org/10.1109/TITS.2021.3083598
Gurning, R. O. S., Hutapea, G., Marpaung, E., Malisan, J., Arianto, D., Siahaan, W. J., Bimantoro, B., Sujarwanto, Suastika, I. K., Santoso, A., Utama, D., Kurniawan, A., Hardianto, S., Aryawan, W. D., Nanda, M. I., Simatupang, E. J., Suhartana, I. K., & Putra, T. P. (2022). Conceptualizing Floating Logistics Supporting Facility as Innovative and Sustainable Transport in Remote Areas: Case of Small Islands in Indonesia. Sustainability, 14(14), 8904. https://doi.org/10.3390/su14148904
Jomthanachai, S., Wong, W. P., & Khaw, K. W. (2022). An application of machine learning regression to feature selection: a study of logistics performance and economic attribute. Neural Computing and Applications, 34(18), 15781–15805. https://doi.org/10.1007/s00521-022-07266-6
Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan pada Pelabuhan Tanjung Priok, (2022).
https://oppriok.dephub.go.id/storage/produk_kepala_kantor/2023/07/11/vynVv0cF6MHBguAOdwZ3VqV672liAGpYAMQ8Nf5P.pdf
Priya, A. (2021). Case Study Methodology of Qualitative Research: Key Attributes and Navigating the Conundrums in Its Application. Sociological Bulletin, 70(1), 94–110. https://doi.org/10.1177/0038022920970318
Qazi, A., Al-Mhdawi, M. K. S., & Simsekler, M. C. E. (2025). Exploring temporal dependencies among country-level logistics performance indicators. Benchmarking: An International Journal, 32(5), 1825–1856. https://doi.org/10.1108/BIJ-10-2023-0764
Safuan, Ismartaya, Soediyoto, D., Budiana, M. A., & Noveria., L. (2022). Upaya Perusahaan Bongkar Muat Bertahan di Masa Pandemi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(2), 1294–1302. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.732
Safuan, S. (2023). Kontribusi Pelabuhan Indonesia Dalam Upaya Menurunkan Biaya Logistik Nasional. Warta Penelitian Perhubungan, 35(1), 115–124. https://doi.org/10.25104/warlit.v35i1.2070
Safuan, S. (2023). Penerapan Teknologi Digital di Pelabuhan Indonesia untuk Menurunkan Biaya Logistik Nasional. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 9(3), 211. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v9i3.738
Sahoo, A., Nechifor, V., Ferrari, E., Ferreira, V., & Amany, D. S. D. (2024). On the positive economic impacts of port infrastructure development and seaborne trade efficiencies in Sub-Saharan Africa: the case of Senegal. Maritime Economics & Logistics. https://doi.org/10.1057/s41278-024-00293-1
Song, D.-W., & Parola, F. (2015). Strategising port logistics management and operations for value creation in global supply chains. International Journal of Logistics Research and Applications, 18(3), 189–192. https://doi.org/10.1080/13675567.2015.1031094
United Nations. (2019). Review of Maritime Transport 2019 (UNCTAD/RMT/2019).
Wang, X.-T., Liu, H., Lv, Z.-F., Deng, F.-Y., Xu, H.-L., Qi, L.-J., Shi, M.-S., Zhao, J.-C., Zheng, S.-X., Man, H.-Y., & He, K.-B. (2021). Trade-linked shipping CO2 emissions. Nature Climate Change, 11(11), 945–951. https://doi.org/10.1038/s41558-021-01176-6

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.