Strategi Usaha Rumah Makan Cahaya Minang Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Di Kabupaten Wakatobi

  • Nur Mala S Sekolah Tinggi Agama (STAI) Wakatobi
  • La Ode Aslan Sekolah Tinggi Agama (STAI) Wakatobi
  • Mansur Tanjung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah
  • Mhd Shafwan Koto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah

Abstract

Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Strategi rumah makan cahaya minang dalam menarik minat konsumen di Kabupaten Wakatobi (2) Untuk mengetahui persaingan usaha rumah makan Cahaya Minang di kabupaten Wakatobi (3) Untuk mengetahui strategi usaha rumah makan cahaya minang dalam menghadapi persaingan usaha di kabupaten Wakatobi Menurut Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode (field research) yaitu penelitian yang berlangsung berhubungan dengan obyek yang diteliti. Dalam hal ini analisa data yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kulitatif, yaitu analisa yang menggambarkan keadaan amu status fenomena dengan kata-kata atau kalimat, kemudian dipssahkan menurut kategorinya untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Rumah Makan Cahaya Minang meliputi strategi (marketing mix) pelayanan, produk, harga, dan promosi. Strategi pelayanan dilakukan dengan mengutamakan keramahan, ketepatan penyajian makanan, dan kenyamanan tempat. Strategi produk difokuskan pada keaslian cita rasa Minang dan konsistensi kualitas makanan. Strategi harga disesuaikan dengan daya beli masyarakat lokal dan wisatawan tanpa mengurangi kualitas. Strategi promosi dilakukan secara sederhana, seperti promosi dari mulut ke mulut dan penggunaan media sosial. Rumah Makan Cahaya Minang menerapkan strategi pelayanan yang baik, menjaga kualitas rasa makanan, harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis untuk menarik konsumen. Dalam menghadapi persaingan, rumah makan ini tetap menjaga etika bisnis sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah, seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab dalam menjalankan usahanya.

Keywords: Strategi Usaha, Persaingan Usaha, Ekonomi Syariah, Rumah Makan Cahaya Minang

References

Ahmad. 2020. Manajemen Strategis (Makassar: Nas Media Pustaka)
Alma, Buchari. 2019. Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, (Bandung : Alfabeta)
Anggrosino, M. 2020. Doing Enthonogi And Observational Risearcah (long angles)
Antonio,Muhammad S. 2019. Bank Islam: Teori Dan Praktik, (Jakarta, Gema Insani)
Aprizal. 2018. Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Penjualan Computer) (Makassar:Celebes Media Perkasa)
Ashsofa,Burhanudin. 2004. Metodologi Penelitian Hukum (Jakarta:Pt Rineka Cipta)
Assauri, Sofjan. 2019. Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Badan, Statistik Pusat Kabupaten Wakatobi. 2023. Statistik Pariwisata Wakatobi, (Wakatobi : Bps)
Barney,J.B.,Dkk. 2020. Manajemen Strategis Dan Keunggulan Bersaing: Konsep Dan Kasus, (Pearson Education)
Creswell,J.L. 2021. Desain Penelitian Kualitatif,Kuantitaf, Dan Metode Campuran (Long Angeles: Sage Publicatios)
Emiriyani Wa Ode, 2021. Skripsi“Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis As-Qur’an Siswa Kelas V Di SDN 2 Pongo Kabupaten Wakatobi”, (Wakatobi: Program Studi PAI)
Febria Rahayu I. 2023. Strategi Persaingan Usaha Rumah Makan Di Kawasan Tejo Agung Metro Timur Dalam Perspektif Marketing Syariah, (Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institute Agama Islam Negri (IAIN) Metro)
Fitriyani, Aprilia. 2022. Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha ( Fakultas Ekonomi Universitas Semarang)
Gitosudarmo, Indriyo. 2020. Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: BPFE )
Gunawan, A. 2021. Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Persaingan. (Jakarta)
Hamid Yusuf. 2021. Kejujuran Dalam Bisnis Menurut Al-Qur'an Dan Hadis. (Yogyakarta: UII Press)
Harahap, Syahrin. 2009. Membentuk Entrepreneur Muslim, (Solo: Baryatussalah Art)
Harahap,S.S. 2021. Manajemen Rantai Pasok Halal, (Yokyakarta: Gadjah Mada Universitas Press)
Hendra,I. 2024. Tantangan Dan Strategi Persainga Di Industri Restoran, (Jurnal Manajemen Bisnis)
Ismail, M. 2024. Prinsip Ekonomi Islam dalam Praktik Bisnis, (Al-Iqtisad: Jurnal Ekonomi Islam)
Johan, Suwito. 2011. Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis, (Yokyakarta:Graha Ilmu)
Kasmir. 2006. Kewirausahaan (Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada)
Kementrian Agama RI 2019. Al-Quran Dan Terjemahan, ( Jakarta: PT Pantja Cemerlang)
Kemetrian Agama RI Al-Qur’an Dan Terjemahan Surah Al-Baqarah (2:188) Amirullah Dkk. 2019. Pengantar Bisnis. (Yokyakarta : Graha Ilmu)
Kotler, P, Dkk. 2021. Principles of Marketing. (Jakata:Pearson Education)
Kotler, Philip Dkk, 2016. Marketing Management, (New Jersey: Pearson Education)
Leonardur, Saiman. 2012. Kewirausahaan Teori ,Praktik Dan Kasus-Kasus (Jakarta: Salemba Empat)
Lexy J. 2007. Moleong,Metode Penelitian Kualitatif (Bandung:Pt Remaja Rosdakarya)
Lkp2m. 2005. Research Book For Lkp2m (Malang:Uin,)
Manan, Abdul. 2018. Teori Dan Praktek Ekonomi Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Marbun B.N. 2003. Kamus manajemen, ( Jakarta: pustaka sinar harapan)
Mintezberg, Hendry. 2021. The Strategis:Jadilah Pimpinan Yang Di Butuhkan Bisnis Anda (Boston: Harvard Business Review Pres)
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Pt Remaja Rosdakarya)
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Mubarok, A. 2022. Inovasi Dalam Bisnis Syariah, ( Surabaya: Universitas Airlangga Press)
Muhammad,M. 2020. Prinsip Halal Dan Thayyib Dalam Bisnis Syariah, (Jakarta: Pustaka Al-Hidayah)
Nisak, Zuhrotun. 2013. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif (Jurnal Universitas Islam Lamongan, Jurnal Ekbis)
Nova, Rahayu S. 2020. Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan Studi Di Desa Qurnia Mataram Seputih Mataram Lampung Tengah (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (IAIN) Metro)
Philip, Kotler. 2020. Marketing Manajement, (Jakarta : Prenhallindo)
Porter,M.E. 2020. Strategi Bersaing : Teknik Untuk Menganalisis Industry Dan Pesaing,(Free Press)
Quraish, Shibab M. 2022. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan, (Jakarta:Mizan)
Rahim, Ed.N. 2020. Manajemen Dan Etika Bisnis, (Jakarta: Penerbit ABC)
Rangkuti, Fredd. 2019. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasusbisnis,Kompas (Jakarta : Gramedia)
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Tekhnik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)
Ritonga, Zuriani. 2020. Buku Ajar Manajemen Strategi: Teori Dan Aplikasi (Sleman:Deepublish)
Saifudin, Azwar. 2019. Metode Penelitian (Yokyakarta: Pustaka Belajar)
Sedarmayanti. 2020. Manajemen Strategi,( Bandung: Refikaaditama)
Singaribun, Masri Dkk. 2021. Metode Penelitian Survey( Jakarta: Lp3es)
Solihin, Ismail. 2019. Manajemen Strategik, (Bandung: Erlangga)
Sudjana, Nana Dkk. 2002. Proposal Penelitian Di Pergurun Tinggi( Bandung: Sinar Baru Argasindo)
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D( Bandung: Alfabeta)
Suryabrata, Sumadi . 2020. Metodologi Penelitian, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)
Sutrisno, Hadi. 2001. Metodelogi Research (Yokyakarta:Andi Offset)
Swasta, Basu Dkk. 2021. Pengantar Bisnis Modern,( Yogyakarta : Liberty)
Swasta,Basu. 2020. Manajemen Strategis:Konsep, Proses, Dan Implementasi (Yokyakarta :Liberty)
Tanjung,H. Dkk. 2023. Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Ekonomi Islam, (Bandung: Alfabeta)
Yuliana, L.,Dkk. 2022. Strategi Pemasaran Restoran: Studi Kasus Pada Restoran Syariah, (Malang: Bina Ilmu,)
Yusuf, Hamid. 2021. Kejujuran Dalam Bisnis Menurut Al-Qur'an Dan Hadis. (Yogyakarta: UII Press)
Zeithaml,V.A Dkk. 2022. Menyediakan Layanan Berkualitas: Menyeimbangkan Persepsi dan Ekspektasi Konsumen (Penerbit: Free Press)
     Plum Analytic Metrics

Published
2025-07-14
How to Cite
S, N., Aslan, L., Tanjung, M., & Koto, M. (2025). Strategi Usaha Rumah Makan Cahaya Minang Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Di Kabupaten Wakatobi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 8(2), 1609-1619. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v8i2.2185

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.