Penerapan Point Of Sales dalam Peningkatan Customer Satisfaction Pada Bisnis Ritel Modern

  • Budi Prasetiyo Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Pasim

Abstract

Saat ini sistem informasi manajemen berkembang pesat, hal ini masuk juga pada bidang bisnis ritel khususnya minimarket modern.  POS (Point Of Sales) merupakan salah satu bagian dari sistem informasi manajemen yang sangat lazim digunakan dalam minimarket modernpada operasional sehari-hari khususnya pada saat proses transaksi penjualan.  Namun, pada saat pengoperasiannya ada kalanya terjadi hal yang tidak diharapkan seperti error.  Pada laporan ini dibahas mengenai pelaksanaan, kendala, serta solusi atas POS yang digunakan di minimarket modern.

Keywords: Minimarket modern, Point Of Sales, Sistem Informasi Manajemen

References

Chandra, P. (2013, June). http://blog-putracandra.blogspot.com/2013/06/studi-kasus-sistem-informasi-manajemen.html.

Hidayati, C., & Selmury, N. (2020). Analisis Rasio Keuangan dan Analisis Eva Sebagai Alat untuk Menilai Kinerja Keuangan PT CHAROENPOKPHAND INDONESIA TBK yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia . JURNAL EKBIS: ANALISIS, PREDIKSI DAN INFORMASI, 21(1), 16-23.

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Brand Characterristic, Company Characterristic And Consumer Brand Characterristic Terhadap Trust In a Brand Aqua di Kecamatan Lamongan . JURNAL EKBIS: ANALISIS, PREDIKSI DAN INFORMASI, 21(1), 24-37.

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran (Terjemahan ). Jakarta: LPFE-UI.

McLeod, R. (1997). Sistem Informasi Manajemen (Terjemahan). Jakarta: Prenhallindo.

McLeod, R., & Schell, J. G. (2007). Management Information Syatem. New Jersey: Prentice Hall.

O'Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010). Management Information Syatem. New York: McGraw Hill.

Swastha, B. (2003). Azas – Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Syairozi, M. I. (2017, September). Analisis Pajak dan Variabel Makro Ekonomi Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, No. 1, pp. 338-350).

Syairozi, M. I. (2019). Keterkaitan Variasi Produk dan Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan Laba Bengkel Ahas Pandaan.

Syairozi, M. I., & Fattah, A. (2018). “YOUTH CREATIVE ENTERPRENEUR EMPOWERMENT (YOUTIVEE)”: SOLUSI BAGI KAUM MUDA UNTUK BERKONSTRIBUSI PADA PEREKONOMIAN DAN MENGURANGI PENGANGGURAN. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-06-14
How to Cite
Prasetiyo, B. (2020). Penerapan Point Of Sales dalam Peningkatan Customer Satisfaction Pada Bisnis Ritel Modern. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 389-395. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.219

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.