Peran Keputusan Pembelian Dalam Memediasi Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Online Shop SHOPEE

  • Dheasey Amboningtyas Universitas Pandanaran

Abstract

Di era ini, transaksi online dianggap menjadi lebih praktis dan dapat mengefisienkan waktu namun, bertransaksi online tidak terlepas dari ketidakpastian keputusan pembeliaan yang dirasakan konsumen dan dianggap sebagai persepsi risiko yang akan dapat mempengaruhi kepercayaan serta niat beli konsumen untuk bertransaksi online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keputusan pembeliaan dalam memediasi persepsi risiko terhadap niat beli online

pada online shop Shopee untuk konsumen di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang warga Kota Semarang yang sudah ditentukan kriterianya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling dan Sample Fraction. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembeliaan. Persepsi risiko juga mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap niat beli online pada online shop Shopee. Keputusan pembeliaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli online pada online shop Shopee dan keputusan pembeliaan secara signifikan mampu memediasi hubungan antara persepsi risiko terhadap niat beli online pada online shop Shopee. Saran untuk online shop Shopee perlu untuk meminimalisir risiko yang terjadi saat berbelanja online serta diharapkan Shopee harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayan konsumen dalam bertransaksi online

Keywords: Keputusan pembeliian, Persepsi risiko, dan Niat beli online

References

Suresh, A. M., & Shashikala, R. (2011). Identifying factors of consumer perceived risk towards online shopping in India. In 3rd International Conference on Information and Financial Engineering IPEDR (Vol. 12, No. 336-341).

Baskara, I. P., & Hariyadi, G. T. (2014). Analisis pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial. Studi pada Mahasiswa di Kota Semarang, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 1-15. Arikunto, Suharsimi. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran..

Casaló, L. V., Flavián, C., & Guinalíu, M. (2010). Generating trust and satisfaction in e-services: the impact of usability on consumer behavior. Journal of Relationship Marketing, 9(4), 247-263.

Cetak Penjualan Rp 54 T, Shopee E-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara (https://katadata.co.id/berita/2019/08/23/cetak-penjualan-rp-54-t-shopee-e-commerce-terpopuler-di-asia-tenggara)

Delgado-Ballester, E., Munuera-Aleman, J.L. (2001). Brand trust in the context of consumer loyalty. European Journal of Marketing, 35 (11/12), 1238-1258. pp.

Suryaningrum, F. P., Haryono, A. T., & Amboningtyas, D. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK, KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA, TERHADAP KINERJA KAYAWAN, DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus di PT. Bagus Conveksi Branch Paragon Mall Semarang). JURNAL EKBIS: ANALISIS, PREDIKSI DAN INFORMASI, 20(2), 1320-1331.

Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, cetakan kelima. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Park, C.H., & Kim,Y.G. (2003). Identify key factors affecting consumer purchase behaviour in an online shopping context. International Journal of Retail & Distribution Management.

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1994. “Reassessment of Expectations as a Comparison Standar in Measurung Service Quality: Implications for Future Research,. Journal of Marketing, Vol;. 58 (January), pp. 111-124.

Raman, Arasu., & Viswanathan, A. (2011). “Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer”. IJCA Special Issue on:Wireless Information Networks & Business Information System, hal.54-60.

Syairozi, M. I., & Fattah, A. (2018). “Youth Creative Enterpreneur Empowerment (YOUTIVEE)”: Solusi Bagi Kaum Muda untuk Berkonstribusi pada Perekonomian dan Mengurangi Pengangguran. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2), 43-55.

Syairozi, M. (2015). Pengaruh Faktor Eksternal (Inflasi, Bunga) Dan Faktor Internal (Bagi Hasil, Jumlah Bank) Terhadap Deposito Mudharabah Pada Perbankan Syariah Di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sangadji, E. M., & Sopiah, 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta : PT Bumi Aksara

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan. 1996. Metode Penelitian Survey, Edisi Revisi, Cetakan Pertama. Jakarta: LP3ES

Sugiyono,2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sukawati .2018. Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui internet di kota Makasar. Jurnal Universitas Negeri Makasar.

S. Sinambela.2010.Pengaruh Merk dan Dimensi Kualitas Pada produk sepatu olahragaNike terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Mpu Tantular Jakart.

Shalhoub Karake, 2006, Trust, Privacy, and Security in Electronic Business: the case of GCC countries, Emerald: International Management & Computer Security Journal, no. 0968- 5227. US

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Swastha, B. dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta.

Tjiptono, F., dan Chandra,G.2009.Pemasaran Strategik.ANDI offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Penerbit Banyumedia Publishing. Malang

Widiyanto, Joko. 2010. SPSS For Windows Analisis Data Statistik Dan Penelitian. Surakarta

Zulfikar, 2016. Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika, Yogyakarta : Depublish
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-06-14
How to Cite
Amboningtyas, D. (2020). Peran Keputusan Pembelian Dalam Memediasi Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Online Shop SHOPEE. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 395-404. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.222

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.