Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia
Abstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang ini, banyak masyarakat di Indonesia yang sudah memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dinamika perekonomian tidak terlepas dari perkembangan serta kemajuan teknologi, infrastruktur, produktifitas dan inovasi. Kemajuan ilmu pengetahuan memberikan dampak dalam kemajuan teknologi. Disruptive innovation menciptakan pasar sendiri yang berlanjut pada sektor bisnis digital (E-commerce). Perkembangan teknologi juga diiringi dengan perkembangan cara menyampaikan informasi dalam berkomunikasi sehingga aktivitas menjadi lebih cepat dengan menggunakan internet dengan aplikasi sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk analisis deskriptif perkembangan E-Commerce melalui dan mengestimasi pengaruh bisnis sektor E-Commerce terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia periode 2007-2016. Data yang digunakan dalam variabel ini adalah data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistik, APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia). Hasil penelitian dengan menggunakan model time serries dengan tehnik OLS (Ordinary Least Square) menunjukkan perkembangan peningkatan bisnis E-commerce cukup besar dalam mendukung pertumbuhan sektor telekomunikasi dan informasi yang memberikan kontribusi sebesar 8% dari total GDP Indonesia ditahun 2016. UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia juga menunjukkan potensinya untuk berperan dalam menggerakkan ekonomi digital nasional. Variabel GDP, Jumlah Pengguna internet (JPI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, begitu juga dengan Jumlah Nilai Transaksi e-Commerce (JNTE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada era digital
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. 2016. Hasil Survey 2016. www.apjii.or.id (diakses pada tanggal 5 januari 2018).
Bank Indonesia. 2016. Laporan Perekonomian 2016. www.bi.go.id (diakses pada tanggal 12 januari 2018)
Blanchard Olivier dan David R. Johnson. 2014. Makroekonomi. Edisi Keenam. Jakarta:Erlangga.
Case, E.Karl dan Ray C.Fair. 1996. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro. Edisi Kelima. Jakarta:Index.
Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-dasar Ekonometrika. Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
IPrice. 2017. E-commerce Rewind Indonesia 2017. https://iprice.co.id (diakses pada tanggal 5 januari 2018).
Jhingan M.L. 2008. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Edisi Keenam Belas. Jakarta:Rajagrafindo Persada.
Kasali Rhenald. 2017. Disruption. Tak Ada Yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Kominfo. 2016. Presentasi Pengguna Internet Untuk E-commerce Berdasarkan Umur Pada Tahun 2016. https://statistik.kominfo.go.id/ (diakses pada tanggal 5 januari 2018).
Mankiw, N.Gregory. 2006. Makroekonomi. Edisi Keenam. Jakarta:Erlangga.
Manurung Mandala Dan Prathama Rahardja. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi ke 3
Jakarta:Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Nachrowi, Nachrowi Djalal dan Hardius Usman. 2002. Penggunaan Teknik Ekonometri. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Phindyck, Robert S. dan Daniel L. Rubinfiels. 2012. Mikroekonomi. Edisi Kesembilan. Jakarta:Erlangga.
Singapore post. 2014. Indonesia’s E-commerce Landscape 2014. Insight Into One Of Asia Pacific’s Fastest Growing Markets. www.singpost.com (diakses pada tanggal 5 januari 2018).
Stillman David dan Jonah Stillman. 2018. Generasi Z. Memahami Karakter Generasi Baru Yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Todaro, Michael P. 1999. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Edisi Keenam. Jakarta:Erlangga.
Varmaat, Shelly Cashman. 2007. Menjelajah Dunia Komputer Fundamental. Edisi Ketiga. Jakarta:Salemba.
Wong Jony. 2010. Internet Marketing For Beginners. Jakarta:Elex Media Komputindo.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
							

