Pengaruh Sosial Ekonomi Nelayan terhadap Minat Belajar Anak di Masyarakat Bandar Kalifah

  • Rakhmawati Purba Stie Bina Karya Tebing Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosial ekonomi petani terhadap minat belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel independen penelitian adalah sosial ekonomi petani yang terdiri dari latar belakang pendidikan orang tua, pendapatan dan pengeluaran keluarga dan kepemilikan kekayaan. Sedangkan variabel dependen penelitian adalah minat belajar anak. Penelitian dilakukan di masyarakat Bandar kalifah. Data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan pengeluaran keluarga dan kepemilikan kekayaan berpengaruh signifikan terhadap minat belajar anak. Selanjutnya, penelitian ini tidak menemukan bukti bahwa latar belakang pendidikan orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar anak.

Keywords: Latar Belakang Pendidikan, Pendapatan dan Pengeluaran, Minat Belajar

References

Fitriani. 2010. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Pustaka Setia.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Santrock. 2008. Kondisi Sosial Ekonomi, Jakarta: Graha Pustaka.

Siswoyo, Dwi. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Soekanto, Soerjono. 2008. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Syah, Muhibin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-12-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.